--> Skip to main content

Ingin Sukses Shopee Affiliates Program? Bangun Kolam Sekarang Juga!

Shopee Affiliates program


MEDIAKOMPILASI.COM
- Shopee Affiliates program semakin diminati pebisnis online terbukti di grup-grup affiliates shopee semakin lama semakin banyak membernya. Kemudahan persyaratan serta cara pendaftarannya membuat masyarakat berbondong-bondong untuk mendaftar.

Namun banyak yang kecewa karena setelah bergabung tak kunjung mendapatkan komisi. Ini tentu menjadi sebuah pertanyaan besar, kenapa bisa demikian?

Menurut saya, banyak affiliate yang beranggapan cukup share sebanyak-banyaknya nanti akan mendapatkan komisi. Padahal tidak demikian. Affiliate ini sama saja seperti Anda menawarkan barang ke konsumen. Bayangkan, Anda menawarkan obat jerawat kepada remaja yang mukanya sehat, tentunya remaja tersebut tidak akan tertarik.

Artinya, Anda harus menawarkan obat jerawat ke remaja yang memiliki jerawat atau Anda harus menawarkan produk ke konsumen yang memang membutuhkan.

Meskipun Anda sudah menawarkan produk ketarget konsumen yang tepat namun ada faktor lain yang ikut berperan yaitu branding. Konsumen tentu akan percaya kepada Anda jika Anda sudah mencobanya sendiri atau mereview produknya. Konsumen akan lebih percaya jika sudah mengenal Anda.

Nah agar target konsumen bisa mengenal Anda, perlu sebuah media untuk berinteraksi. Inilah yang disebut kolam. Fungsi kolam ini mengumpulkan target konsumen yang sudah terfokus minatnya. Misalkan tempat berkumpulnya pecinta otomotif, hobi memasak, elektronika dan lain-lain.

Jenis Kolam Affiliates yang bisa Anda bangun

Bangun kolam mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya nanti setelah kolam itu menjadi besar. Berikut jenis-jenis kolam yang bisa Anda bangun:

1. Halaman Facebook/Fanspage

Buat halaman sesuai dengan produk yang akan dishare misalkan halaman resep masakan targetnya share peralatan memasak. Setelah membuat fanspage usahkan rajin posting minimal gambar dulu yang penting aktif.

Perbanyak konten yang bermanfaat sehingga pengguna facebook dengan suka rela like halaman. Jangan buru-buru share link sebelum interaksinya bagus. Interaksi bisa berupa like, komentar atau share. Perhatikan juga jangkaunnya, semakin banyak semakin bagus.

Kelebihan dari fanspage ini salah satunya hanya Admin yang bisa posting sehingga affliates lain tidak bisa ikut posting. Kelemahannya Anda harus membuat konten sendiri.

Baca juga: Arti penting Media Sosial untuk Bisnis

2. Grup Facebook

Hampir sama dengan fanspage hanya saja grup ini semua anggota bisa posting sehingga interaksinya lebih hidup. Buatlah grup yang setopik atau 1 niche misalkan grup seputar usaha minuman, usaha batagor, dekorasi rumah, otomotif.

Disarankan membuat grup yang sesuai dengan minat karena nantinya anda harus berusaha agar anggota mengenal anda dan mengakui kalau anda ahli dibidang tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya jika memang topik grup tersebut banyak peminatnya akan cepat mendapatkan anggota. Untuk itu pastikan Anda rajin posting yang bermanfaat agar bisa memancing pengguna facebook untuk bergabung.

Aktiflah digrup tersebut dengan cara like atau komentar di postingan anggota lain sehingga anggota akan mengenal Anda. Jika Ada yang inbox segera follow up.

Karena ini grup maka terbuka lebar peluang affiliate lain ikut gabung digrup tersebut oleh karennya buat aturan dilarang share link affiliasi.

Jangan terpaku dengan jumlah anggota tapi utamakan mencari anggota yang benar-benar minat dengan topik grup. Jangan segan untuk memblokir anggota yang gemar spam atau out of the topic karena tidak ada gunanya.

3. Youtube

 Kolam ini cukup potensial walaupun sekarang ini youtube mulai tersaingi Tiktok. Sama seperti kolam lainnya, Anda perlu menyajikan konten yang bermanfaat agar memancing pengunjung untuk menonton video Anda.

Karena tujuannya membagikan link produk, usahakan untuk memperbanyak video review atau unboxing. Memang butuh modal tapi bisa diakali dengan memilih produk yang harganya murah sebagai contoh saya membeli payung tenda dengan harga 160 ribu tapi dari video tersebut bisa menghasilkan konversi (Cek out) berkali-kali dengan komis 3 ribuan per transaksi.

Ada cara yang sering digunakan oleh youtuber review yaitu setelah mereview, produk tersebut dijual kembali dengan harga yang lebih murah.

Link affiliates bisa Anda sematkan dideskripsi maupun komentar yang di Pin. Jangan lupa saat review sisipkan kalimat, "Kalau mau membeli bisa lihat link pembelian dideskrpsi"

Sebenarnya masih ada kolam lain seperti Telegram, Twitter, Tiktok, Blog, atau landing page namun jika Anda memiliki 3 kolam diatas atau salah satunya yang sudah berkembang dan banyak interaksinya akan lebih mudah meraih kesusksesan.

Demikianlah informasi seputar Kolam shopee affiliates program semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar