--> Skip to main content

Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh selama Pandemi

Daya tahan tubuh

MEDIAKOMPILASI.COM - 2 tahun sudah rakyat Indonesia harus berjuang menghadapi pandemi dan itu bukan waktu yang sebentar. Banyak kenangan yang masih membekas dalam pikiran terutama kenangan ditinggalkan oleh orang-orang tercinta yang harus menghadap sang pencipta karena terpapar corona.

Saya termasuk orang yang beruntung karena bisa terhindar dari wabah ini walaupun sebenarnya saya rentan karena saya sendiri punya komorbid. Saya tak henti-hentinya memanjatkan puja dan syukur kehadirat Allah SWT. Tanpa karunia Nya mustahil saya bisa bertahan hingga detik ini.

Kini memang masyarakat bisa bernafas lega walaupun belum sepenuhnya terbebas dari pandemi. Sekolah sudah tatap muka seperti biasanya, pasar-pasar sudah ramai lagi dan aktifitas masyarakat sudah kembali seperti sedia kala.

Namun begitu masyarakat tetap harus waspada jangan sampai lengah menjaga protokol kesehatan atau selalu menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh selalu prima.

Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan murah namun tidak sedikit yang mengabaikannya. Parahnya lagi ada yang berpandangan mau sehat itu mahal, harus makan yang mahal, pergi ke gym atau beli alat kesehatan yang mahal. Padahal bisa kok memanfaatkan lingkungan sekitar

Berikut ini adalah pengalaman saya dalam menjaga stamina selama pandemi tanpa harus keluar biaya yang mahal.

1. Asupan makanan bergizi

Bagaimanapun juga asupan sangat mempengaruhi kondisi tubuh, itulah mengapa saya selalu berusaha manjaga asupan makanan yang bergizi. Saat pandemi memang kondisi ekonomi sedang terpuruk namun bukan berarti berhenti menjaga asupan makanan yang bergizi.

Begizi tidak selalu identik dengan mahal. Saya bisa makan sayur yang harganya murah seperti bayam, kangkung atau kacang-kacangan. Begitu pula dengan sumber protein, sesekali makan daging selebihnya bisa makan protein nabati seperti tahu atau tempe. Tak lupa makan buah yang harganya terjangkau seperti pisang atau pepaya.

Tak lupa saya menjaga kondisi tubuh saya dengan mengkonsumsi vitamin seperti Redoxon yang sudah teruji khasiatnya. Kandungan utama vitamin C nya sangat bagus untuk mendukung kerja sistem imunitas. Selama pandemi suplemen semacam redoxon menjadi sumber asupan multivitamin yang sering diburu konsumen.

2. Hindari Merokok

Saya punya kisah sedih dimana saya punya teman perokok yang harus rela meninggalkan dunia karena terpapar corona. Alhamdulillah saya sejak dulu memang bukan perokok. Jangankan mau merokok, mencium bau asapanya saja saya sudah pusing.

Jika Anda ingin sehat tak ada kata lain, Jauhi rokok! Jika sudah terlanjur harus puya komitmen yang kuat untuk berhenti merokok. Secara medis rokok terbukti sebagai sumber penyakit berbahaya seperti jantung, kanker atau paru-paru.

3. Olah raga rutin

Sebisa mungkin luangkan waktu untuk olah raga, semakin sering tentu semakin bagus. Untungnya diperumahan saya banyak tempat terbuka hijau yang bisa saya gunakan untuk berolah raga mulai dari jogging hingga bersepeda yang bisa saya lakukan baik pagi maupun sore.

Olah raga rutin dipagi atau sore hari akan membuat tubuh menjadi bugar sehingga daya tahan tubuhpun meningkat.

4. Cek kesehatan secara berkala

Hal yang terkadang sering luput perhatian adalah merasa tubuh sudah sehat sehingga sering luput untuk mengecek kesehatan secara berkala. Padahal ini penting, karena dengan rutin minimal setahun sekali  maka jika ada masalah kesehatan segera terdeteksi dan mendapat penanganan lebih lanjut.

Sekarang ini apa-apa serba online termasuk dalam mengecek kesehatan. Salah satunya Anda bisa mencoba cek imunitas melalui webiste resmi redoxon. Anda tinggal mengunjungi situsnya lalu jawab 7 pertanyaan yang terrsedia untuk hasil yang akurat. Gampang bukan?

Menariknya lagi jika Anda ikutan cek imunitas disana nanti akan akan mendapatkan hadiah langsung berupa kode voucher setelah submit jawaban, Menarik bukan?

5. Selalu berpikir positif

Badan sehat tak bisa lepas dari pikiran positif, keduanya selalu berkaitan erat. Selama masa pandemi ini bisa jadi Anda menemui hal-hal yang tidak nada sukai seperti kepahitan hiudp atau maasalah ekenomi. Hadapilah semua itu dengan lapang dada tidak perlu dipikirkan berlebihan.

Segala masalah memang harus dicari jalan keluarnya namun bukan berarti akan hilang dalam waktu sekejap. Semua butuh proses dan butuh lapang dada untuk menerima semuanya itu.

Jika sudah terbiasa berikir positif maka hidup akan menjadi lebih mudah walaupun mungkin ada masalah. Orang hidup tak jauh dari masalah, tinggal bagaimana menyikapi masalah tersebut.

Daya tahan tubuh kuat Andapun sehat! Yuk selalu jaga kondisi tubuh Anda agar selalu sehat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar