--> Skip to main content

10 Pantangan Warung Sembako Tak Boleh Terabaikan

Pantangan Warung Sembako

Pantangan Warung Sembako Tak Boleh Terabaikan - Segala sesuatu yang terlarang itu namanya pantangan. Tak hanya dikehidupan sehari-hari, dalam bisnis sembako pun ada istilah pantangan warung sembako. Istilah ini bisa diartikan segala sesuatu yang tidak boleh ada di warung sembako.

Dengan menghindari pantangan warung sembako ini akan berperan dalam kesuksesan bisnis, sebaiknya hindari walaupun tidak ada aturan tertulisnya. 

Pantangan warung sembako

Artikel ini hanyalah berdasarkan pengalaman saya selama menekuni usaha warung sembako atau kelontong. Jika memang bermanfaat silahkan ikuti. Simak ulasan lengkapnya berikut ini. Hindari hal-hal dibawah ini:

1. Beli di warung sembako saingan
Sebenarnya membeli apapun dimanapun sah-sah saja tapi karena ini menyangkut nama baik warung sembako Anda, jangan beli apa pun di warung saingan Anda meskipun Anda butuh apalagi jaraknya berdekatan.
Kenapa demikian? ini menyangkut image pembeli. Jika Anda ketahuan pelanggan warung ketika membeli diwarung saingan, maka pelanggan akan berpikir," Wah berarti warung itu lebih murah, buktinya belinya kesana!"
Jika dibiarkan maka peluang langganan warung anda pindah cukup besar.

2. Mengatakan Warung Saingan Lebih Murah
Percayalah setiap warung sembako itu, harganya aa yang murah ada yang mahal. Tidak semuanya murah. Ini prinsip yang harus Anda pegang teguh. Misalkan Ada pembeli yang membandingkan harga warung Anda dengan warung saingan dan katanya lebih murah, Anda jangan mengatakan terus terang kalau harga warung Anda lebih mahal? 
Berikan argumen yang logis, misalnya mungkin harganya sudah turun.

3. Menunjukkan grosir yang murah kepesaing
Kalau anda menemukan grosir sembako tempat kulakan yang harganya lebih murah dibandingkan dengan grosir lainnya anda harus merahasiakannya dari pesaing karena itulah senjata anda dalam menghadapi pesaing. Termasuk informasi barang yang susah didapat.
Cukup Anda saja yang tahu tidak perlu diberitahukan kepada siapa pun termasuk ke pembeli karena bsia saja pembeli tersebut beli juga ke warung saingan.

4. Menunjukkan warung saingan
Warung saingan tetaplah saingan dan Anda harus berkompetisi secara sehat untuk menarik minat pembeli apa pun caranya. Ibarat main sepakbola setiap tim berusaha menjadi pemenang.
Layani setiap pembeli yang datang kewarung sembako Anda dengan baik anda tidak perlu memikirkan warung pesaing.

Contoh kasus misalkan ada pembeli mencari beras yang murah kebetulan orang tersebut  tidak cocok dengan harga yang ada di warung Anda kemudian pembeli tersebut bertanya dimana lagi toko yang menjual beras?Anda jangan terang-terangan menunjukkan warung pesaing anda. Anda bisa menjawab,” Coba saja cari warung lain”.

5. Kulakan ke grosir sembako yang dekat dengan warung Anda
Bila didekat  toko anda ad grosir sembako sebaiknya jangan kulakan barang disitu kecuali kalau grosir tersebut 100% tidak menjual barang secara eceran.
Silahkan cari grosir yang lokasinya agak jauh dari warung sembako anda.

6. Berspekulasi harga
Ada kalanya sebuah barang langka dipasaran karena permintaan banyak tapi prosukis terbatas sehingga terkadang  barangnya susah didapat. Biasanya harga jadi naik. Sebaiknya kalau harga dari grosirnya belum naik, anda jangan menaikkan harga.
Begitu pula kalau memberi harga barang yang langka, jangan menaikkan harga yang tinggi.

7. Harga tidak konsisten
Apabila anda sudah menentukan harga barang Rp sekian sebaiknya anda konsisiten dengan harga tersebut kecuali kalau memang harga modalnya naik dari grosirnya. Jangan sampai  hari ini anda memberi harga sekian namun esok harinya atau beberapa hari kemudian ketika pembeli membeli barang  yang sama harganya sudah berubah.

8. Menyindir pembeli
Pembeli tetaplah pembeli yang harus Anda perlakukan dengan baik walaupun Anda tahu pembeli tersebut langganan ke warung lain. Hindari ucapan yang ketus misalnya, Tumben Beli Kesini". Justru kalau ada pembeli baru, kesempatan bsgi anda untuk menawarkan barang yang murah di warung anda. Atau menunjukkan kalau warung anda juga lengkap.

9. Menanyakan harga warung pesaing
Anda harus percaya diri dengan harga barang yang sudah anda tetapkan. Anda tidak perlu repot-repot menanyakan berapa harga barang dipesaing. Yakinkan pada pelanggan Anda kalau harga yang Anda tetapkan tak kalah murah dengan warung lain.

10. Melupakan pesanan pembeli
Jika warung sembako Anda menyediakan layanan antar untuk barang tertentu misalnya beras, gas LPG atau air galon, Jangan sampai anda melupakan pesanan dari pembeli. Jika memang bisa mengantar segere diatar jangan ditunda-tunda apalagi sudah bayar dan urgent.

Penutup:
Meski tidak ada aturan tertulis namun 10 Pantangan warung sembako diatas tidak ada salahnya untuk dihindari demi pelanggan warung sembako Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar