--> Skip to main content

7 Cara Menentukan Harga Jual Sembako Bikin Ramai Pembeli

Menentukan harga jual sembako


7 Cara Menentukan Harga Jual Sembako Bikin Ramai Pembeli - Jika ada 2 toko sembako menjual sebuah barang yang sama tapi salah satunya lebih murah, kira-kira pembeli akan memilih mana? Sudah jelas akan memilih yang harganya lebih murah apalagi selisihnya banyak.

Ini menunjukkan harga sangat berpengaruh terhadap ramai atau tidaknya sebuah toko sembako. Bukankah menentukan harga itu suka-suka penjualnya? memang sih tapi toko Anda tidak sendirian apalagi sekarang minimarket menjamur dipemukiman, jadi pembeli pun bebas dong memilih toko mana yang harganya paling murah!

Toko sembako atau toko kelontong, ada juga yang menyebut warung kelontong menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sembako. Meski kerap disebut toko sembako namun faktanya sembako tidak hanya menjual sembako namun barang non sembako pun ikut dijual disana seperti sabun, kopi, teh, alat tulis, sandal jepit, kecap, gula merah dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Usaha Pendamping Toko kelontong Menjanjikan

Mengingat pentingnya menentukan harga jual sembako yang bisa bersaing dengan toko lain, Anda perlu melakukan trik khusus yang tidak dilakukan toko lain. Meskipun tidak menutup kemungkinan harganya bisa sama tapi tidak semua barang.

Cara Menentukan Harga jual sembako

Trik ini wajib Anda coba karena cukup mudah namun ada cara tertentu yang butuh kejelian sehingga harga jual yang anda patok bisa diterima pembeli. Oke... ulasan lengkapnya bisa cek info dibawah ini.

#cara 1: Terapkan harga yang disarankan produsen

Anda tentu sering melihat iklan produk di TV yang menyebutkan harganya, ini yang disebut harga yang disarankan produsen.  Harga produsen ini biasanya juga dicantumkan dikemasan. Tidak ada pilihan lain kecuali mengikuti harga yang telah disarankan produsen. Berdasarkan pengalaman saya, biasanya keuntungannya sudah minim jadi kalau dijual lebih murah lagi rasanya kurang tepat.

Contoh produk yang sudah ada harga yang disarankan: Kopi Creamylate Rp.1500, kopi botol wing Rp.3000

#cara 2: Harga mengikuti pecahan rupiah

Seperti Anda ketahui uang rupiah mempunyai beberapa pecahan mulai dari 500, 1000, 2000, 5000. 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000. Manfaat dari cara ini akan mempermudah dalam menghitung dan kembalian. Manfaat lain pembeli akan tertarik membeli yang lebih banyak.

Contoh kasusnya seperti ini, harga Rinso bubuk Rp.1000/ pcs. Pembeli bawa uang 5000. Pembeli bisa saja berpikiran sekalian saja beli 5 biar pas dan tidak bolak balik.

Dengan cara ini anda akan lebih mudah dalam menentukan harga jual, misalnya harga modal barangnya Rp.1250 maka Anda jual Rp.1500. contoh lain harga modalnya Rp.1800, Anda jual 2000.

#cara 3: Ambil keuntungan 10% dari modal

Cara ini sangat berpotensi membuat toko sembako Anda ramai pembeli karena keuntungannya tipis. Hanya 10% dari modal. Saya ambil contoh modal sabun mandi Rp.3000 maka anda jual 3300.

Cara ini lebih cocok diterapkan untuk barang-barang yang lakunya cepat atau hampir dibutuhkan tiap hari. Bisa jadi cara ini menjadi trik utama agar ramai pembeli karena otomatis harganya murah.

#cara 4: Harga untuk sembako

Khusus untuk sembako yang ditimbang atau diliter ambil keuntungan Per liter, kg, berlaku juga untuk sembako per biji contohnya gas LPG 3KG, Aqua galon, minuman mineral dus. Keuntungannya ditentukan dulu baru ditambahkan harga modal hasilnya merupakan harga jual. 

contoh 1:

Beras 1 karung isi 63 liter harganya Rp.630.000

Harga modal per liter= Rp.630.000 : 63

= Rp.10.000

Ambil keuntungan per liter Rp.500

Harga jual= Rp.10.000+ Rp.500

= Rp.10.500

Contoh 2: 

Harga Gas LPG 3 KG dari pangkalan Rp.20.000

Ambil untung per biji Rp.1000

Harga jual= Rp.20.000 + Rp.1000

= Rp. 21.000

#Cara 5: Ambil keuntungan  20-25 %

Anda bisa menentukan harga jual sembako dengan margin keuntungan 20-25 % per unit/pcs. Cara ini cocok untuk barang-barang yang lakunya lambat contoh obat-obatan, sandal jepit, handbody, ATK

#cara 6: Harga untuk minuman dingin

Ambil keuntungan minimal 25%. Berlaku untuk semua minuman yang dimasukan ke pendingin showcase atau kulkas.

Contoh produknya: Teh botol, Stee botol, Coca cola, Aqua, Le minerale, Granita, Ale-ale, Susu Ultra, Sariasem, Sari kacang hijau, Pocarisweat

#cara 7: Harga jual khusus Mainan

 Ambil keutungan 50-100%. cara ini untuk mengantisipasi rusaknya mainan sebelum terjual karena kadangkala rusak dan itu tidak bisa diretur.

7 cara menentukan harga jual sembako diatas hanyalah formula dari saya jadi Anda bebas mau mengikuti cara ini atau dimodifikasi lagi. Tujuan utamanya membuat toko sembako ramai pembeli. Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar