Tutorial, Review, Tips&Trik

Membidik Kata Kunci Tinggi Vs Penguasaan Topik,Pilih yang mana?

Membidik Kata Kunci Tinggi Vs Penguasaan Topik,Pilih yang mana?-Apa yang paling anda harapkan ketika membuat sebuah blog?Saya yakin anda akan menjawab saya ingin memiliki sebuah blog yang banyak pengunjungnya.Sebuah blog yang sepi pengunjung ibarat sebuah rumah tanpa penghuni.Salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung yang paling efektif yaitu dengan menerapkan tehnik SEO tujuannya jelas agar bisa tampil di halaman awal google atau nomor satu.Jika anda seorang blogger pasti sudah mengetahui apa itu tehnik SEO baik yang on page atau yang off page.Baca juga : 10 Cara Mendatangkan Traffik Non Organik

Bicara tentang tehnik SEO on page tak bisa lepas dari kata kunci(KW).Pemilihan kata kunci yang tepat akan mempengaruhi posisi artikel di mesin pencari google.Dan hal ini bukanlah hal baru sudah banyak tutorial-tutorial diinternet dan intinya sama yaitu membidik kata kunci yang pencariannya tinggi ada yang bilang minimal 1000/bulan.Pertanyaan yang sering muncul dibenak saya mungkin juga dibenak anda jika ada 100 blogger yang membidik kata kunci yang sama misalnya Paket Internet kemudian sama-sama menerapkan tehnik SEO on page apakah semuanya akan bisa tampil dihalaman awal tentu tidak bukan?


Salah satu cara untuk memenangkan persaingan tersebut adalah dengan membuat artikel yang berkualitas dan seoriginal mungkin karena akan menjadi nilai lebih dimata google.Untuk bisa menulis artikel yang berkualitas sangat memerlukan penguasaan topik yang akan ditulis.Disinilah permasalahan itu muncul dan terkadang dilematis bagi seorang blogger mau pilih mana menulis artikel dengan KW tinggi namun anda sama sekali tidak menguasai topik tersebut atau memilih KW yang anda kuasai namun pencariannya rendah?

Apalagi jika anda seorang publisher adsense akan semakin dipusingkan dengan nilai BPK yang rendah sehingga akan berusaha memilih niche yang memiliki BPK tinggi seperti asuransi,forex atau otomotif.Jika anda lebih memilih KW tinggi atau BPK tinggi tanpa penguasaan topik yang baik hasilnya akan kurang maksimal,asal jadi,tidak memberikan nilai lebih pada pengunjung bahkan bisa membuat anda tidak produktif menulis tangan anda menjadi kaku bingung apa yang mau ditulis.Baca Juga : Memilih Niche Adsense Terbaik untuk Pemula

Lalu jalan tengahnya bagaimana agar anda tetap produktif menulis namun tidak meninggalkan kata kunci?menurut saya cara yang terbaik adalah mencari KW tinggi yang topiknya anda kuasai kembangkan KW tersebut menjadi long tail keyword atau anda mencari topik yang anda kuasai walaupun KWnya tidak tinggi.Jika anda memilih cara yang kedua karena pencariannya tidak tinggi maka untuk mendapatkan traffik yang maksimal memerlukan banyak posting.Usahakan membuat blog otoritas karena menurut kang herman yudiono (Blogodolar.com) blog otoritas tidak terlalu memperhatikan kata kunci karena topiknya sudah fokus misalnya tentang fotografi,photoshop,wordpress dan lain-lain.Baca juga : Satu Ide melahirkan banyak artikel Why Not?

Untuk cara yang kedua ini saya sudah mencobanya dan terbukti memang bisa konsisten mendatangkan traffik walaupun KW nya rendah namun PV-nya bisa mencapai 2000/hari bahkan meskipun tidak diupdate.Justru cara yang pertama meskipun KW nya tinggi dan saya menguasai topik tersebut namun sampai sekarang hasilnya belum maksimal.Kesimpulannya jika ditanyakan mana yang terbaik antara membidik kata kunci yang tinggi dengan kata kunci rendah namun topiknya lebih menguasai jawabannya tergantung keadaan jika memang anda menguasai topik dari kata kunci yang tinggi kenapa tidak dicoba namun jika tidak,kata kunci yang rendahpun tidak mengapa untuk dicoba hitung hitung untuk berlatih sambil terus belajar untuk menguasai KW yang tinggi.

15 comments:

  1. saya setuju dengan jalan tengah yang disampaikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau jalan tengah nanti kejepit den. kalau kejepit enak gak masalah den, tapi kalau kejepit sakit kan repot juga nge-blognya. heeee

      Delete
    2. kalau yang ini saya rasa kejepit enak hha

      Delete
  2. saya rasa untuk menulis artikel yang bagus itu akan selalu diusahakan oleh semua blogger. tapi konten yang unik dan menarik mungkin jarang terpikirkan, walau hanya dalam ide, tapi kadang juga susah diwujudkan dalam tulisan. makanya saya hanya melihat dari sisi yang berbeda dari umumnya. masalah menarik, tinggal kita yang mengolahnya dengan gaya dan karakter yang mungkin akan menyimpang dari kebiasaan. akhrinya dianggap unik juga ya gan?.

    selanjutnya mengenai kata kunci, mungkin itu adalah suatu kewajiban yang harus ada untuk mempermudah indeksi mesin pencari. nah di sinilah kita akan menemui kebimbangan, karena terlalu banyak kesamaan dengan tulisan lainnya. tapi jangan khawatir, karena kita juga harus bijak untuk mewujudkan penguasaan topi yang bagus. artinya harus mengupas dengan cara yang berbeda, itu yang membedakan tulisan anda dengan lainnya.

    ReplyDelete
  3. Saya asal psoting terkadang kagak mikir berkualitas atau keywordnya apa, jadi ya susah optimasinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Its oke! Dari pada kebanyakan mikir malah nggak kunjung posting

      Delete
  4. saya mah pengen dua-duanya sih mas.hehehe
    tapi yah saya juga pengen kata kunci mas, gmna dong?ambil jalan tengah aja deh.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bisa dua duanya dahsyat banget tuh mas

      Delete
    2. sulitnya minta ampun deh mas kalo 22nya

      Delete
  5. Saya condong ke penguasaan topik mas. Tidak terlalu fokus sama keyword, yang penting yang saya tulis adalah materi yang saya kuasai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi bisa ngebut ya mas nulisnya tanpa banyak referensi

      Delete
  6. kalau saya sih penguasaan topik aja mas, sebab itu lebih baik dari pada pusing-pusing mikirin keyword :D

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB