Monday, July 6, 2015

Keutamaan Menjamu Makan Orang yang Berpuasa

author photo
Keutamaan Menjamu Makan Orang yang Berpuasa-Puasa Ramadhan sudah memasuki hari ke-19 tinggal beberapa hari lagi Insya Allah kita semua akan menyelesaiakan kewajiban sebagai muslim menuju hari yang fitri.Setiap memasuki bulan Ramadhan kaum muslimin senantiasa berlomba-lomba beramal kebajikan mulai dari memperbanyak sedekah,membaca Alquran,sholat tarawih dan lain lain tak heran jika kemudian suasana masjid-masjid menjadi lebih hidup tak pernah sepi dari jamaah.

Berbuka puasa

Salah satu amalan dibulan ramadhan yang memiliki keutamaan yang besar adalah memberi makan orang yang berpuasa.Amalan ini jangan sampai terlewatkan begitu saja saat bulan Ramadhan karena barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala berlipat hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan Tirmidzi dari Zaid Ibn Khalid Al-juhani RA dari Nabi SAW beliau bersabda,”Barangsiapa memberi buka orang puasa maka baginya adalah pahala semisal pahalanya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikitpun”.

Pertanyaannya bagaimana sebenarnya tata cara memberi makan orang yang berpuasa? Apa dengan membagi-bagikan nasi bungkus kepada mereka yang berpuasa atau mengadakan acara buka bersama seperti yang sudah umum dilakukan dimasjid-masjid.Untuk menjawabnya silahkan simak hadist yang diriwayatkan Abu daud dari Anas ra bahwa Nabi SAW datang kepada Saad Ibn Ubadah RA maka dia segera datang dengan membawa roti dan minyak beliau lalu makan kemudian Nabi SAW mengucapkan(doa): “Telah berbuka orang-orang yang berpuasa dirumahmu dan telah memakan makananmu orang orang yang bertaqwa dan malaikat telah memohonkan ampunan untukmu”

Dari hadist diatas bisa disimpulkan bahwa sahabat Saad Ibn Ubadah RA menjamu makan Rasulullah SAW.Inilah yang seharusnya kita contoh walaupun cara-cara yang lainnya tidak dilarang namun lebih afdol lagi kalau mengikuti sunnahnya.Dizaman sekarang ini dimana kehidupan masyarakatnya sudah disibukkan dengan urusan masing-masing sudah jarang ditemukan sorang tetangga menjamu makan tetangganya yang lain saat bulan ramadhan bahkan meskipun masih dalam ikatan keluarga misalnya kakak menjamu makan adiknya.

Akhir kata mudah-mudahan dengan informasi yang singkat ini bisa menghidupkan kembali sunnah-sunnah rasul yang mungkin luput dari perhatian kaum muslimin,yang benar semata-mata dari Allah SWT dan yang salah dari pribadi saya yang dhoif.Terima kasih sudah berkunjung.

This post have 13 komentar

avatar
Desa Seibaru delete July 6, 2015 at 9:29 AM

brarti kang biar makin banyak pahalanya. ngasih makan buat yang buka aja ya kang.

Reply
avatar
suta igede delete July 6, 2015 at 10:03 AM

Saya kemarin bertamu kerumah sahabat karib, sampai disana dijamu dan dihidangkan jamuan berbuka stelah buka. Senang dan kenyang rasanya, walaupun saya g puasa:D)

Reply
avatar
Defi Purnama delete July 6, 2015 at 10:41 AM

Menjamu orang yang berpuasa memang banyak keutamaannya ya mas, sangat sayang sekali jika diabaikan :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 6, 2015 at 10:41 AM

Harusnya memang begitu jadi tepat sasaran dengan mengundang makan orang yang puasa mudah mudahan malaikat memohonkan ampunan bagi tuan rumah

Reply
avatar
Alya Dewina Maryam delete July 6, 2015 at 11:27 AM

wah ternyata banyak manfaatnya yaa :)

Reply
avatar
Aditya Nugroho delete July 6, 2015 at 11:47 AM

Memang seperti layaknya berbuka puasa disegerakan, menjamu atau memberikan hidangan untuk orang atau tamu memang bagi saya diharuskan walau kadang tamu tersebut sering menolak secara halus. :)

Reply
avatar
dennyaditia delete July 6, 2015 at 2:48 PM

selain mempererat tali silaturahmi dapat pahala juga ya mas

Reply
avatar
Ratna Sari delete July 6, 2015 at 3:10 PM

melakukan kebaikan di bulan ramadahan dapat balesannya yang berlipat-lipat ya

Reply
avatar
Mangs Aduls delete July 6, 2015 at 3:13 PM

yang ada kang orang malah takut habis makanannya kalo di bagi. ini yang bikin ngeri.

Reply
avatar
Mangs Aduls delete July 6, 2015 at 3:14 PM

Mudah - mudahan saya bisa beramal memberi makan untuk berbuka biar pahalanya makin banyak. amin

Reply
avatar
Eka Cahya Gumilar delete July 6, 2015 at 5:37 PM

saya pernah baca keutamaannya memberi makan kepada org yg sedang berpuasa.

sungguh besar keutamaannya, apalagi memberi makan ketika ada seorang yg tengah melakukan perjalanan.

Reply
avatar
Hendra Alfarisi delete July 7, 2015 at 5:10 PM

Terimakasih udah diingatkan. Mungkin yang didahulukan adalah keluarga terdekat dulu ya Mas Dwi, seperti orang tua, kakak atau adik, baru deh kerabat maupun teman kita. CMIIW

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 7, 2015 at 8:13 PM

Sesama muslim memang harus saling mengingatkan mas apalagi tuntunan ini sudah jarang kita temukan dinegeri kita padahal ada sunnahnya

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement