Selasa, 01 Desember 2015

Pilihan Sulit Jika Motherboard Komputer Rusak

author photo
Pilihan Sulit Jika Motherboard Komputer Rusak-Jika Anda disuruh memilih antara mengeluarkan uang 200 ribu atau 3 juta mana yang anda pilih?Saya yakin anda akan lebih memilih pilihan yang pertama.Begitu pula dengan saya ketika tukang service komputer mengatakan bahwa motherboard komputer saya rusak dan harus diganti saya tak punya pilihan lain karena ongkosnya murah cuma 200 ribu akhirnya saya mengiyakan dari pada saya harus beli lap top baru seharga 3 juta?

Seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Akibatnya Ngeblog Memakai Komputer Tua yang intinya komputer saya satu-satunya untuk ngeblog mengalami kerusakan gejalanya yaitu komputer setelah dihidupkan bisa tampil tapi kurang dari semenit mati lagi.Hari itu juga langsung saya bawa ketukang service langganan dan waktu mengecek saya ikut memperhatikan.Awalnya teknisi mengecek RAM komputer yaitu dengan cara mengganti dengan RAM lain hasilnya komputer bisa menyala namun beberapa saat kemudian mati menurut teknisi RAM masih bagus.
Motherboard Rusak
Motherboard yang rusak
Kemudian teknisi menghidupkan komputer lagi lalu mengecek suhu prosesor ternyata suhunya cukup tinggi mencapai 50 derajat Celcius akhirnya teknisi mencopot prosesor dan kipas dari motherboard untuk dibersihkan dari debu kemudian diberi pasta pendingin setelah dipasang kembali dan dihidupkan ternyata suhunya menurun namun ketika masuk kewindows bisa tampil sebentar beberapa saat kemudian mati artinya masih belum ada perubahan. 

Setelah itu teknisi memperhatikan kondisi motherboard dan ternyata ada 3 buah komponen elco yang sudah menggelembung yang menandakan elco tersebut rusak.Menurut teknisi sebenarnya dengan mengganti elco tersebut masalah akan selesai namun untuk menemukan nilai komponen yang spesifik cukup sulit karena elco untuk komputer berbeda dengan yang digunakan untuk televisi atau amplifier biasanya komponen tersebut didapatkan dari "mengkanibal" motherboard lain dan tentunya membutuhkan waktu.Jalan tengahnya tentu saja ganti motherboardnya ketika saya menanyakan berapa biayanya lumayan juga 200 ribu apa boleh buat karena nggak ada pilihan lain saya mengiyakan dan karena butuh waktu teknisi menyuruh untuk ditinggal saja.
Motherboard Rusak
Elco yang jadi biang kerok
Sore harinya saya datang lagi ketempat service komputer dan perbaikan sudah selesai tak lupa saya mencoba dulu untuk meyakinkan masalahnya benar benar sudah teratasi atau belum.Saya sendiri cukup puas dengan hasilnya karena motherboard penggantinya masih kinclong dan ternyata saya dikasih bonus yaitu prosesornya juga ikut di upgrade tadinya Pentium 4 2.7 Ghz diganti dengan Pentium 4 3.2 Ghz.Dengan biaya 200 ribu masih termasuk murah dibandingkan jika saya membeli lap top baru walaupun ada yang murah yaitu sekitar 3 jutaan namun jika mendadak seperti ini tentu merepotkan.

Demikianlah pengalaman saya mengatasi komputer rusak karena motherboardnya dan memang pilihan yang sulit karena kalau nggak diganti saya nggak bisa ngeblog kalau diganti ongkosnya juga lumayan menguras kantong tapi itu jauh lebih baik dari pada saya harus membeli Lap top baru.Mudah-mudahan pengalaman ini bermanfaat terima kasih sudah berkunjung.

This post have 22 komentar

avatar
Chiisana Sekai delete 1 Desember 2015 11.23

Murah mas 200rbu bisa ganti motherboard sama prosesor
Dulu aja saya nanyain harga prosesor smpe 800rbu tapi yang core i3 :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 1 Desember 2015 11.51

Menurut saya juga begitu...kalau sekedar untuk ngeblog P4 masih memadai kalau rusak lagi tinggal ganti harga spart partnya juga murah dibandingkan lap top karena kebanyakan orang nyari yang specnya tinggi padahal mah yang penting ngenet lancar

Reply
avatar
Indra DP delete 1 Desember 2015 12.18

dengan biaya 200 ribu itu sudah termasuk murah sekali mas, kalo di daerah ku ganti motherboard aja masih 600 ribu - 1 juta.

Reply
avatar
Mas Poniran delete 1 Desember 2015 12.52

menurut saya termasuk murah mas, kalo ditempat saya mungkin bisa lebih biayanya untuk ganti motherboard

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 1 Desember 2015 14.39

Mungkin karena Prosesornya terbaru kali mas kalau saya sih P4 jadi bisa murah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 1 Desember 2015 14.40

Mungkin karena sudah langganan mas jadi dikasih murah

Reply
avatar
Isrofi Achmad delete 1 Desember 2015 15.35

Masih termasuk murah mas motherboard nya, dan juga lebih efisien daripada beli yang baru yg sampai 3 jutaan.

Reply
avatar
Mat Dedod delete 1 Desember 2015 17.51

sekarang sudah banyak komputer buildup bekas dengan spesifikasi prosesor dualcore, ram ddr2, hardisk 80giga, dengan budget 600rb malah sudah dapet kang,, beberapa bulan lalu saya beli 30 unit untuk kebutuhan lab komputer :)

Reply
avatar
Mysweet Ladyluck delete 1 Desember 2015 21.07

Rasanya tuh galaaau abiiis klo komputer gak bekerja.
Perlunya menjalin hub baik dg ahli servis, gak pakai nginap lama, sore diambil, cepet mas :)

Itu yg ngadat motherboard ... lah kalo fatherboard gimana coba ?

Reply
avatar
Mangadul Ganteng delete 1 Desember 2015 23.23

kalo kalo saya rusak wah ga ada cadangan. warnet mahal. libur aja kayanya kalo saya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 2 Desember 2015 06.28

Iya Mas memanfaatkan yang sudah ada saja...ongkosnya juga nggak terlalu mahal

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 2 Desember 2015 06.31

Wah murah banget tuh mas dual core cuma 600 ribu mungkin karena belinya banyak kali mas.Harga segitu komplit mas atau CPU nya saja?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 2 Desember 2015 06.32

Memang mba Bete Banget...untungnya punya service langganan dan sudah kenal baik jadi bisa cepat diatasi

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 2 Desember 2015 06.34

Berarti jangan sampai rusak dong mas...kalau kompinya umurnya belum tua sih aman mas asal dirawat dengan baik tidak seperti saya yang pakai komputer tua

Reply
avatar
oh andrian delete 2 Desember 2015 07.29

waw murah banget yaaa, di daerah saya gak ada yg 200ribuan -_- di atas 700 rebu semua kang,sedih pdhal ada laptop yg motherboardnya rusak,mau gnti tpi males.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 2 Desember 2015 09.00

Enaknya PC desktop gitu mas spart partnya terjangkau apalagi yang specnya lama beda jika pakai laptop apalagi ganti motherboard

Reply
avatar
Defa Ramadhani delete 2 Desember 2015 09.44

murah mas kalo 200, saya pernah ganti mobo sampe habis lebih dari 500, kata nya sih salah satu penyebabnya tegangan listrik yang tidak stabil, tapi kurang tau juga sih mas, saya juga udah bosen servis2 mulu komputer dari mulai rusak HDD, mobo yang paling sering instal ulang hehe

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 2 Desember 2015 11.32

Ya begitulah kalau punya komputer sering dipakai apalagi umurnya sudah lama.emang sih nggak jauh jauh kalau nggak HD,monitor,power paling parah kalau ganti motherboard

Reply
avatar
NurulFuadi Pratiwi delete 24 Januari 2017 14.07

Mas, servis laptopnya dimana? Masalah laptop saya sama dgn masalah komputernya Mas. Terimakasih

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 24 Januari 2017 14.29

Di Perumahan Griya Asri 2 Tambun Bekasi mAS trikom kOMPUTER

Reply
avatar
Unknown delete 17 Januari 2018 12.24

Mas klo kita mau ganti spec computer yang dari pentium ke core i3 harus ganti motherboard juga gak yah?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 18 Januari 2018 08.33

Sepertinya Harus Ganti Mas..SLOT nya beda

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement