Tutorial, Review, Tips&Trik

Kopi Menyebabkan Maag? Mitos atau Fakta

Halo pengunjung setia mediakompilasi.com…beberapa hari ini saya merasakan perut mual dan kepala pusing.saya langsung bisa menebak pasti penyakit maag saya kambuh karena saya memang punya riwayat sakit maag jadi begitu ada gejala saya bisa langsung tahu sampai akhirnya saya terpikir untuk membuat artikel : Kopi menyebabkan maag?mitos atau fakta.Maag(radang lambung) atau tukak lambung merupakan penyakit atau gangguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari infeksi kuman,stres,telat makan atau akibat mengkonsumsi makanan/minuman tertentu.

Kopi hitam

Saya jadi ingat beberapa hari ini saya rajin minum kopi hitam maksudnya sih biar nggak ngantuk maklum kalau siang hari pas menunggu warung sembako bawaannya ngantuk padahal biasanya sih nggak minum kopi hitam tapi namanya juga pas ingin minum kopi akhirnya dibuat juga kopinya.Sehari merasakan enaknya kopi hitam besoknya ketagihan.Barulah setelah beberapa hari minum kopi hitam mulai terasa ada yang aneh diperut dan kepala terasa berat.Hari senin kemarin saya periksa kedokter dan dokter juga menyarankan untuk tidak minum kopi dulu.Baca juga : Cara Berobat ke Rumah Sakit Kota Bekasi dengan Kartu BPJS

Penasaran saya mencari informasi seputar minum kopi benarkah kopi menyebabkan Maag? Mitos atau fakta?Sudah menjadi kebiasaan saya kalau mencari informasi kesehatan saya mendahulukan situs yang artikelnya ditulis oleh tenaga medis seperti dokter sehingga informasinya akurat dan akhirnya saya menemukan informasi yang saya butuhkan.Seperti dikutip dari situs klikdokter.com dr.Mega Putri menjelaskan bahwa memang kopi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan sakit maag.Dari penjelasan tersebut saya bisa mengambil kesimpulan bahwa kopi dapat menyebabkan penyakit maag karena:

  • Kopi mengandung zat asam yang cukup tinggi sehingga memicu produksi asam lambung yang melebihi ambang normal.
  • Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan hormon stress yakni kortisol,epinefrin(adrenalin) dan norepinefrin.Denyut jantung dan tekanan darah terjadi peningkatan akibat pengaruh dari hormon tersebut sehingga aliran darah kesistem penceraan menjadi berkurang serta memperlambat proses penghancuran makanan akibatnya mukosa lambung akan terpapar asam lambung lebih lama
  • Kafein dapat menyebabkan peningkatan hormon stress dan apabila terjadi secara berkesinambungan dapat menekan imunitas tubuh sehingga akan menyebabkan ulkus/tukak lambung karena bakteri helicobacter pylori akan mudah berkembang dan menyerang mukosa lambung

Membaca penjelasan tersebut saya jadi semakin mengerti bahwa mengkonsumsi kopi bisa menyebabkan penyakit maag adalah fakta bukan sekedar mitos untuk itu sebisa mungkin saya berhenti minum kopi atau paling tidak mengurangi kopi atau memilih jenis kopi yang kandungan zat asamnya lebih sedikit.                     

18 comments:

  1. Saya suka sekali minum kopi, ternyata saya baru tau juga kalau kopi bisa menyebabkan mag, nice artikel pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang nggak bermasalah sama perutnya mungkin nggak apa apa minum kopi mas mungkin jumlahnya yang perlu dibatasi

      Delete
  2. Masa sih mas? padahal kalau buat artikel saya sering ngopi tuh. justru kalau bukan kopi item mah suka gx enak perut mas.
    Mungkin mesti di imbangi juga dengan makan dan minum agar tidak sakit maag ya mas? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktanya memang saya mengalaminya mas...Dulu saya sering ngopi nggak pernah masalah tapi sekarang perut agak "cengeng" mungkin perut saya sudah nggak mau kompromi.Sebaiknya memang sebelum ngopi perut diisi dulu jadi tidak kosong

      Delete
  3. jadi gk baiknya kalo ngopi dulu baru makan pas di pagihari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya memang diisi dulu perutnya mas

      Delete
  4. Ada tips-nya gx Mas.. Utk memilih kopi yang memiliki kadar asam lebih sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh yang pernah saya baca kopi jenis arabika kandungan kafeinnya lebih rendah cuma masalahnya kalau belinya kopi sachetan kan susah nyarinya

      Delete
  5. Kalau saya memang dari dulu Mas Dwi ga terlalu suka sama Kopi beda kalo sama Teh..hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi sama teh sama sama mengandung kafein mas jadi kalau berlebihan bisa menimbulkan asam lambung mas karena saya juga suka keduanya tapi sekarang sudah mulai dikurangi paling banter teh celup kalau dulu mah teh tubruk

      Delete
  6. bener mas fakta saya juga kebuktian ko. heheh
    jgn kebanykan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas cuma kadang kadang kangen juga nikmatnya minum kopi jadinya malah jadi maagnya

      Delete
  7. sepertinya yg kopi jenis white coffe itu kandungan asamnya lumayan sedikit mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang aman untuk lambung tapi masalahnya kadar gulanya tinggi jadi tidak baik jika berlebihan mungkin bisa memilih kopi instan yang gulanya dipisah mas

      Delete
  8. tpi kok pria ska bngt ya sm kopi,,pdhl bnyk efek nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aromanya itu loh yang bikin kecanduan kalau nggak keseringan sih nggak masalah

      Delete
  9. saya jadI penasaran, ini yg di minum kopi dari biji kopi asli, atau malah kopi sachet pabrikan ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemudian, jenis arabica atau robusta ? cause, kopi itu luas.

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB