Tutorial, Review, Tips&Trik

Ketika Statistik Histats Ada Keanehan

MEDIAKOMPILASI.com-Halo pengunjung setia blog mediakompilasi.com dan sobat blogger...beberapa hari ini atau sejak tanggal 28 September 2016 widget Histats diblog ini saya copot karena menurut saya ada keanehan dimana jika dilihat dari statistik Histats pada tanggal 24/9/2016 trafik mengalami penurunan drastis biasanya dikisaran 2000 visitor per hari turun menjadi separuhnya atau 1000++ visitor per hari.Awalnya saya berpikir trafik blog ini benar-benar turun drastis.
Statistik Histats
Statistik blog versi histats
Statistik Blogger
Statistik blog versi blogger

Namun setelah saya mengecek statistik blog melalui dashboard blogger dan Google adsense nyatanya trafiknya normal tidak ada penurunan secara drastis.Saya sebenarnya agak bingung juga  data statistik mana yang benar histats atau blogger? dari pada pusing-pusing akhirnya saya anggap statistik histats yang mungkion error dan lebih percaya kepada blogger atau adsense karena saya pikir masa iya google bisa salah? dan dari pada saya galau kalau lihat statistik histats akhirnya saya copot saja widget histats diblog ini hitung-hitung loadingnya semakin ringan tapi anehnya meskipun widgetnya sudah saya copot tapi masih ada trafiknya padahal harusnya nol

Histats menurut saya tools statistik blog yang bagus dan lengkap makanya hampir semua blog saya pasangi widget histast baik blog yang pakai blogger atau wordpress.Saya bisa mengetahui trafik harian,mingguan atau bulanan secara lengkap mulai dari jumlah pengunjung keseluruhan,pengunjung unik,page view,sumber trafik,artikel mana saja yang dikunjungi pengunjung bahkan asal negaranya juga bisa saya ketahui.Saya sering menggunakan data-data dari histats untuk referensi dalam membuat artikel.

Sebenarnya saya was-was juga kalau ternyata trafik blognya yang benar-benar turun drastis.Saya menduga mungkin penyebabnya karena loading blognya yang lambat bahkan saya ada niat untuk mengganti template blog tapi saya bingung juga karena desain blog ini sudah minimalis dan simple tentunya lebih ringan mau ganti desain yang bagaimana lagi? Untungnya saya urung melakukannya saya tidak panik menyikapinya dan saya tunggu perkembangannya yaitu dengan membandingkan statistik dari blogger dan adsense.

Logikanya kalau trafik turun drastis tampilan laman iklannya juga ikut turun dan penghasilan juga ikut turun faktanya tamapilan laman normal artinya kalau ada penurunan tidak drastis begitu juga dengan penghasilan.Saya semakin yakin tidak ada masalah dengan trafik blog media kompilasi namun demikian saya tetap rutin mengecek ke webmaster tools barangkali ada kesalahan atau cek broken link.

Hikmah dari kejadian ini adalah jika suatu saat blog mengalami penurunan trafik jangan buru-buru panik apalagi jika menggunakan data statistik dari pihak ke-3 seperti Histats bandingkan dengan statistik dari mesin blog misalnya blogger atau wordpress bandingkan juga dengan statistik adsense jika ternyata semua data menunjukkan turun trafiknya barulah anda bisa memastikan memang trafiknya turun.Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat!

14 comments:

  1. Walaupun ada penurunan di histats tetapi punya mas dwi masih di atas angka 1000.. Berbagi dong kang cara meningkatkan trafik atau visitor 1000++ perhari itu kaya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya sih nggak turun cuma eror saja histats nya.Triknya simpel kok mas buat artikel orisinil sesering mungkin

      Delete
  2. keren trafiknya oeyy dari google semua... :)

    ReplyDelete
  3. hmm,, jadi ingat traffic blogku di histats udah sampai berapa ya? gak pernah cek lagi soalnya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah dicek mas nanti bikin galau he he he wong saya aja dicopot cukup stats dari blogger saja deh dan dari GA juga ada

      Delete
    2. hehehe,, iya mas, barusan aku cek ternyata statistik traffic blogku di histats agak berbeda dengan blogger. jadi aku ikutan copot dulu script histatsnya, :D

      Delete
  4. Wajar kok punya perbedaan analisis antara histats dan bawaan karena umumnya mereka punya mesin yang menghitung pengunjung dengan teknik yang berbeda. Setuju jangan panik, malahan saya juga membandingkan dengan extremetracking hasilnya memang berbeda tapi saya jadi tau letak perbedaannya.

    Memang perlu keberanian dalam menganalisis maupun mengujicobanya.

    Sukses mas.

    ReplyDelete
  5. karena data belum tentu tepat, makanya kita perlu perbandingan ya mas, karena menganalisis belum tentu akurat dengan hanya mengolah satu jenis data.

    ReplyDelete
  6. hi statsnya yang salah tuh mas, kan udah pakai 3 indikator, statistik blogger dan GA kan sama. Aman tuh, ga ada penuruanan.
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  7. kalau menurut pengalaman saya.

    statistik blogger yg akurat pak bukan histat, alexa juga ngga akurat.

    tapi ngga tahu juga sih, tapi menurut pengalaman saya sepertinya blogger yg akurat.

    lagian kan kalau alexa dan histat di copot. kan bikin ringan.

    masalahnya informasti statistik di blogger kurang memberikan pemahaman yg detai seperti histast yg lebih lengkap ;-)

    ReplyDelete
  8. Pantesan aje data hitstas lebih kecil dari data blogger ya mas. Kalo saya sih lebih akurat blogger, lah wong yang punya layanan nya kan di blogger

    ReplyDelete
  9. mungkin saya juga akan meniru nih mas, histats saya selalu lebih kecil ketimbang google analitic

    ReplyDelete
  10. aku pasrah ae, abis bingung mas dicek sana beda dicek sini beda terus mestinya yang bener itu yang mana gitu. hehee

    salam kenal mas..

    ReplyDelete
  11. mungkin ada perbedaan tekhnik penghitungan,
    bawaan blogger saya yakin lebih akurat

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB