Skip to main content

Buang Sampah Juga Perlu Bayar

Buang Sampah Juga Perlu Bayar-Hidup dizaman sekarang semuanya serba bayar bahkan walaupun cuma sekedar buang sampah.Tidak percaya? Diperumahan saya tinggal dikelurahan Sumberjaya Bekasi sampah menjadi masalah tersendiri karena rata-rata warga perumahan membuang sampah ditempat sampah didepan rumah masing-masing dan semakin lama tentu semakin menumpuk apalagi jika pemilik rumah merupakan pebisnis makanan misalnya tukang nasi uduk,tukang gorengan,rumah makan sampahnya tambah banyak.

Mobil Sampah
Sampah sedang diangkut

Jika kemudian sampah tersebut tidak dipindahkan kepenampungan sementara tentu lama kelamaan akan menumpuk melebihi kapasitas tempat sampah yang rata-rata berukuran kecil.Dampak yang paling terasa jika sampahnya menumpuk adalah bau yang kurang sedap sehingga mengundang datangnya lalat serta terkesan kumuh.Untuk mengatasi permasalahan sampah ini pihak RT berinisiatif untuk memakai jasa pembuangan sampah yang dikelola swasta.

Armada yang digunakan biasanya mobil bak terbuka.Mobil sampah ini berkeliling keperumahan untuk mengangkut sampah dari rumah-rumah warga setiap beberapa hari sekali yang kemudian dibuang ketempat penampungan sampah.Wajar saja jika kemudian setiap RT memungut iuran bulanan yang salah satunya digunakan untuk membayar jasa pembuangan sampah.Besarnya iuran merupakan kesepakatan warga melalui rapat ditempat saya iuran bulanannya Rp.25.000 /KK.

Meskipun ada mobil pengangkut sampah namun karena datangnya tidak tiap hari terkadang ada sebagian warga yang kurang sabar dan lebih memilih untuk membakar sampah inilah yang justru menimbulkan masalah baru karena asap pembakaran sampah kurang baik bagi kesehatan.Pernah tetangga saya berantem gara-gara masalah sampah yang dibakar.Namun karena hanya itu cara cepat untuk menghilangkan sampah sampai sekarang masih banyak warga yang lebih memilih membakar sampah.

Bagi warga yang tidak mau ribut lebih memilih membiarkan tetangganya membakar sampah walaupun sebenarnya cukup mengganggu asap bisa masuk kedalam rumah ditambah lagi tidak ada larangan dari pihak RT/RW untuk membakar sampah menjadikan budaya bakar sampah masih tetap berlangsung.Padahal jika semua masyarakat menyadari bahayanya bakar sampah terutama dari sisi kesehatan saya yakin mereka tidak melakukannya apalagi sudah ada mobil pengangkut sampah dan tiap bulan sudah bayar iuran sampah kenapa harus repot-repot membakar sampah?

Bagaimana ditempat anda apakah perlu bayar untuk membuang sampah?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar