Skip to main content

Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti

Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti-Berawal dari kebiasaan anak saya kalau pagi-pagi makan camilan dulu sebelum sarapan pagi dengan kue-kue basah yang dijual ditukang sayur saya jadi punya ide untuk membuat kue sendiri karena cukup membuat repot ibunya Karena pagi-pagi harus membeli kue-kue basah.

Sedangkan kalau tidak dituruti alamat jadi ngambek.Kebetulan saya suka dunia masak memasak apalagi membuat kue.Saya berpikir keras kira-kira bikin kue apa ya? Yang bahannya muduh didapat tapi cara pembuatannya praktis dan biayanya murah meriah.

Resep Martabak mini unyil
Martabak mini
Suatu saat saya kedatangan adik saya yang memberikan kue martabak mini atau Unyil tapi sayangnya kuenya tidak sempurna bikinannya nggak mengembang layaknya martabak.Nah disitulah saya akhirnya punya ide untuk membuat martabak mini(Unyil) karena kebetulan adik saya punya cetakannya dan jarng dipakai.

Saya pinjam cetakan martabaknya untuk membuat martabak mini dan jika hasilnya bagus saya berencana membeli cetakannya.Harganya lumayan mahal sekitar Rp.250.000.Bagaiamana dengan resepnya? Tenang saja Kebetulan saya punya pengalaman jualan martabak kurang lebih setahun tapi yang ukurannya besar seperti martabak Bangka jadi saya tahu bahan-bahannya dan cara pembuatannya.

Ada sedikit perbedaan resep membuat martabak besar dengan martabak mini.Dulu sewaktu masih jualan martabak,sekali aduk adonan butuh 3-5 kg terigu jadi adonannya lumayan banyak sehingga takaran bahan-bahannya juga banyak tapi untuk martabak mini adonannya sedikit otomatis bahan-bahannya juga harus dikurangi.

Disinilah diperlukan eksperimen atau coba-coba sampai menghasilkan adoanan yang bagus sehingga martabaknya juga bagus empuk dan mengembang tidak bantat makanya jangan heran kalau ada yang menjual resep martabak mini karena bagi yang belum pernah membuat kemungkinan gagal cukup besar.

Saya sendiri beberapa kali melakukan eksperimen sampai akhirnya menghasilakn martabak manis yang cantik.Nah…saya akan membagiakannya secara gratis kepada anda jadi nggak usah beli mahal-mahal hitung-hitung saya dapat pahala he he he…Oh ya resep rahasia martabak mini unyil ini cocok bagi anda yang ingin bisnis kue basah modalnya tidak terlalu besar.
Baca juga : Resep Mie Ayam Enak Ala Media Kompilasi

Berikut Resep Rahasia Martabak Mini Unyil selengkapnya 

Bahan-bahan :
250 gram Tepung terigu Segitiga Biru
5 sendok teh Gula Pasir
½ sendok teh Ragi Instan/Gist fermifan
1/2 sendok teh soda kue(Baking powder)
260 ml air
Coklat meises
Mentega

Cara Membuat:
1.Masukkan terigu,gula pasir,ragi instan kedalam wadah

2.Tambahkan air sedikit demi sedikit kemudian diaduk menggunakan mixer dengan speed sedang(kalau saya nomor 1) sampai rata.Perlu anda ketahui banyaknya air sangat menentukan jadi atau tidaknya martabak mini ini kalau keenceran adonan tidak akan mengembang kalau kurang air matangnya tidak merata atau cepat gosong.Saya sendiri beberapa kali mencoba hasilnya kurang bagus namun setelah ukuran airnya 260 ml atau segelas plastik Tupperware kecil barulah hasilnya bagus.

3.Setelah adonan benar-benar rata diamkan sekitar ½  jam sampai 1 jam

4.Ambil 1 sendok teh baking powder (Saya menggunakan merk Hercules) masukkan kedalam gelas yang berisi air ¼ bagian lalu aduk rata.Masukkan kedalam adonan lalu diaduk sampai rata.

5.Siapkan cetakan martabak mini,Saya sendiri menggunakan cetakan martabak 7 lubang dengan diameter 8 cm berlapis Teflon.Panaskan dengan api kecil.

6.Masukkan adonan 1 sendok sayur kedalam masing-masing lubang sambil diputar untuk membentuk kuping(bagian sisi)

7.Taburi masing masing lubang dengan gula pasir 1/3 sendok teh diamkan sebentar sampai mengembang lalu tutup.

8.Setelah adonan terlihat matang cirinya adonannya berlubang ,berwarna kekuningan dan sudah tidak ada gelembung dari adonan serta kupingnya berwarna coklat Angkat menggunakan susuk khusus atau bisa juga dengan stik kayu tipis lalu letakkan kedalam wadah/piring.Jika adonan terlihat gosong tapi ada bagian yang belum matang(Putih) kemungkinan api terlalu besar

Resep Martabak mini

9.Olesi martabak Mini yang sudah matang dengan mentega menggunakan kuas kue.Taburi dengan coklat meises atau terserah keinginan anda misalnya parutan keju,kacang atau selai.Tambah nikmat lagi jika ditambahkan susu kental manis.

10.Tra la la…Martabak mini unyil siap dinikmati anggota keluarga.1 resep diatas bisa jadi 23 biji martabak unyil lumayan banyak bukan? Cukuplah untuk camilan sekeluarga.

Demikianlah informasi tentang Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti yang bisa saya bagikan untuk anda semoga bermafaat jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya melalui komentar dengan senang hati saya akan menjawabnya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar