Skip to main content

Review Karaktersitik Media Baru Di IDNtimes

Aplikasi Berita Terbaik

MEDIAKOMPILASI.COM - IDNtimes.com terlahir dan berkembang di era media baru. IDNtimes yang berbasis kepada portal berita online ini tidak luput untuk menjadikan mereka kaum millenial sebagai targetnya. Apakah IDNtimes yang terlahir di era media baru ini bisa memenuhi karakteristik media baru? Dikemukan Lister ditahun 2009 lalu jika media baru itu memiliki karakteristik seperti digital, interactive, hypertextual, networked, virtual, dan juga simulated.

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini review karaktersitik aplikasi berita terbaik di IDNtimes diantaranya yaitu :

1.Digital

Karena IDNtimes.com ini terlahir di era digital sehingga tidak heran jika memiliki karakteristik digital. Data data digital yang dimiliki IDNtimes hadir dalam berbagai bentuk seperti foto, audio, video, dan juga teks yang akan diunggah melalui internet hingga menjadi sebuah angka. Data data angka tersebut nantinya yang akan menjadi tampilan di IDNtimes.com.

2.Interactive

Telah disediakan juga media yang memikirkan audiensnya di IDNtimes. Jika untuk media yang lama, kamu hanya bisa menikmati konten yang ditampilkan sebuah media, tetapi sekarang mereka para audiens bisa memproduksi kontennya sendiri. Jika para audiens tersebut menulis artikel di IDNtimes maka tentunya mereka akan mendapatkan keuntungan. Cara mendapatkan keuntungan tersebut adalah dengan mendapatkan poin terlebih dahulu dari hasil penulisan, lalu kumpulan poin tersebut ditukar dengan uang tunai.

3.Hypertextual 

Media baru juga harus memiliki karakteristik yang bisa menghubungkan antara artikel yang satu dengan artikel lainnya. Hal ini tentunya supaya mereka para audiens bisa mendapatkan informasi yang lengkap. Karakteristik yang seperti itu telah diterapkan oleh IDNtimes.com. Dengan hanya satu klik saja, maka mereka para audiens yang membaca artikel di IDNtimes.com bisa memperoleh informasi lainnya yang berhubungan dengan artikel tersebut.

4.Networked

IDNtimes akan menyajikan konten konten yang sangat beragam mulai dari berita terkini hingga disediakannya konten yang menghibur. Karena IDNtimes menyediakan banyak konten sehingga audiensnya bisa mendapatkan banyak pilihan konten. Hal tersebut pastinya bisa membuat audiens bisa semakin selektif dengan konten konten yang tersedia. Tetapi tidak hanya itu saja karena IDNtimes.com juga masih memiliki karakteristis networked yang lainnya yaitu menghadirkan IDNtimes Community yang dapat menghubungkan mereka para penulis.

5.Virtual

Media baru yang memiliki karakteristik virtual ini akan ditandai dengan adanya penggambaran sebuah hal yang seolah olah seperti nyata. Didalam IDNtimes juga telah dihadirkannya karakteristik virtual, dimana karakteristik tersebut bisa kamu lihat didalam fitur infografik yang juga menjadi andalannya yaitu FYI atau For Your Infographics. Adanya fitur ini berfungsi untuk memberikan gambaran yang nyata tentang sebuah informasi dengan menambahkan sebuah gambar dan animasi. Sehingga membuat pembacanya bisa membaca informasi dengan memiliki gambaran yang jelas.

6.Simulated

Simulated ini adalah sebuah karakteristik media baru yang diperkenalkan oleh Lister ditahun 2009 lalu. Dimana karakteristik ini adalah rekaan atau simulasi terhadap sesuatu. Karakteristik Simulated pada IDNtimes ini bisa dilihat pada fitur quiz. Adanya fitur ini bisa mensimulasikan kehidupan manusia didalam bentuk quiz. Sebagai contohnya saja pada quiz dengan judul “Kamu Cocok Jadi Manager Group Kpop siapa ya?”, nantinya quiz ini bisa mensimulasikan para pembacanya yang seolah olah sedang menjadi manager dari sebuah idol Group.

Selain itu masih ada karakteristik media baru yang lainnya seperti Content, Functionality, Navigation, Audio atau Video Quality, dan Interactivity. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar