--> Skip to main content

Jangan Salah Ini Cara Mendaftar BRI Internet Banking

Bri Mobile

Pada Masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini layanan internet banking semakin dibutuhkan. Kenapa demikian? karena dengan internet banking, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi dari rumah, dan Fitur ini hampir semua bank memilikinya termasuk PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Adapun cara mendaftar Fitur Internet eBanking BRI cukup mudah, namun demikian nasabah harus datang kekantor cabang terdekat untuk registrasi m-token. 

Perlu diingat Sebelum mendaftar, pastikan sudah terdaftar menjadi nasabah BRI, baik BritAma, BritAmaJunio, dan Simpedes, ataupun Giro (perorangan) yang memiliki kartu debit BRI yang statusnya aktif.

Untuk registrasi awal bisa dilakukan melalui ATM BRI untuk membuat User ID dan password yang akan digunakan untuk login IB BRI. Nasabah memiliki HP dan Nomor HP dari operator yang telah kerjasama dengan BRI (Telkomsel, Indosal, XL, Flexi, Esia dan Fren).

Jangan lupa lakukan aktivasi melalui https://ib.bri.co.id dan memasukan user ID dan password serta kode captca untuk validasi, dan klik setuju di halaman syarat dan ketentuan.

Kemudian anda akan diminta mengubah password akun IB BRI dan memasukan email aktif. Agar lebih maksimal, nasabah bisa melakukan aktivasi mToken yang bisa dilakukan di di Kantor Cabang BRI/Kantor Cabang Pembantu BRI untuk mendapatkan mToken BRI dan melakukan transaksi Finansial di Internet Banking BRI.

Nasabah nantinya wajib mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking yang bisa diperoleh di Kantor Cabang BRI/Kantor Cabang Pembantu BRI dengan menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening. 

Setelah menandatangani formulir permohonan nasabah akan mendapatkan m-Token yang bisa digunakan untuk transaksi.

Perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile Secara Detail

BRI Internet Banking

Untuk fasilitas internet banking yang diberikan oleh bank selain BRI masih menggunakan sebuah alat fisik untuk memperoleh token sebagai pengirim kode keamanan berlapis.Namun untuk BRI sudah menggunakan mToken sehingga penerimaan kode akan dikirim melalui sms kenomor seluler yang telah terdaftar pada saat proses pengajuan.

Lalu apalagi fasilitas lainnya yang membedakan m-banking BRI dengan fitur IB BRI berikut adalah diantaranya:

  • Transaksi internet banking (IB) BRI harus dengan mengakses situs website https://ib.bri.co.id dengan menggunakan jaringan internet bisa melalui perangkat computer PC, laptop, maupun browser smartphone.
  • Bisa melakukan isi ulang e-Money
  • Pembayaran tagihan PLN
  • Pembayaran aneka cicilan kredit (multifinance)
  • Transfer sesama bank maupun antar bank (beda bank)

Sangat penting harus diperhatikan oleh semua nasabah pengguna internet banking bahwasannya transaksi melalui sebuah situs web sangat rawan penipuan jika anda tidak cermat.

Perhatikan dengan seksama bahwa website BRI yang anda akses adalah situs resmi asli bukan situs pishing (jebakan) yang dilakukan oleh oknum jahat untuk bisa memperoleh akses ke akun anda.

BRI Mobile-Banking

Meskipun diatas sudah dijelaskan bahwa BRI mobile banking masih bagian dari fasilitas e-bank namun tentunya memiliki banyak perbedaan dari internet banking diantaranya adalah:

  • Mobile banking diakses melalui aplikasi yang diinstal pada perangkat gadget atau smartphone dan juga SMS
  • Mobile banking terdiri atas m-banking dan juga SMS Banking
  • Mengecek mutasi saldo
  • Transfer kesesama bank dan beda bank
  • Tidak bisa melakukan pengisian e-money
  • Tidak tersedia fitur pembayaran cicilan multi finance
  • Perlu pulsa regular untuk sms banking


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar