--> Skip to main content

5 Ide Usaha Makanan Minuman Di sekolah SD SMP

Ide usaha makanan minuman


MEDIAKOMPILASI.COM - Ide usaha makanan minuman disekolah sangat menguntungkan! Tak perlu sewa tempat, cukup mangkal diarea sekitar gerbang sekolah, tunggu pas anak pulang sekolah. Namanya juga anak-anak, kalau nggak jajan belum lengkap rasanya.

Jika Anda ingin punya usaha tapi modalnya pas-pasan, bisa mencoba ide usaha ini. Anda perlu menyiapkan gerobak atau yang lebih bagus menggunakan gerobak motor. Jika Anda sudah punya motor, cukup membuat gerobak dengan biaya yang terjangkau.

Yuk! Simak Ide usaha makanan minuman berikut ini hanya di web Mediakompilasi.com.

5 Ide Usaha Makanan Minuman Di sekolah SD SMP

Silahkan pahami dengan seksama dan pilih ide usaha yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi ditempat Anda.

1. Cilor

Ide usaha yang satu ini cukup diminati anak sekolah karena rasanya yang gurih-gurih pedas. Bahan dasarnya tepung tapioka. Ada 2 jenis penyajian ada yang langsung digoreng ada pula yang pakai tusuk sate baru digoreng.

Harga jual yang paling murah 1000 rupiah jadi anak-anak bisa beli berapa saja mau seribu atau lebih. ide usaha ini memakan waktu karena harus mengolah cilornya dulu sebelum dijual. Menurut keterangan pedagang yang saya wawancarai, pengolahan cilor dilakukan pada malam hari dan dijual pagi hari atau pagi hari dijual sore hari. Cilor yang belum digoreng bisa bertahan selama 2 hari dilemari pendingin.

Meski banyak penggemarnya tapi pengolahanya menggunakan minyak goreng dan saat ini harganya belum stabil.

2. Bihun Telur

Ide usaha makanan berikutnya juga tak kalah populer dan anak-anak biasa menyebut BILOR. Cara pengolahannya sangat simpel, bihun direndam dengan air setelah itu secomot bihun digoreng lalu digulung pake tusuk sate dengan tambahan telur goreng.

Dengan kemudahan ini tak heran jika jumlah pedagang bihun telur ini cukup banyak sehingga persaingannya ketat. Mengingat bahan utamanya hanya bihun, telur dan minyak goreng, modal yang dibutuhkan untuk merintis ide usaha ini tidak banyak.

Sama seperti ide usaha yang pertama yang mengunakan minyak goreng dan telur, seringkali harganya naik sehingga berpengaruh terhadap keuntungan.

Baca Juga: 3 peluang bisnis cocok untuk hari tua

3. Martabak telur kulit lumpia

Ide usaha makanan minuman ini sama seperti yang sudah dibahas sebelumnya, digoreng-goreng. Ciri khasnya menggunakan kulit lumpia yang tipis. Kulit ini kalau digoreng jadi garing plus crispy jadi rasanya enak sehingga disukai anak-anak sekolah.

Isiannya mengunakan mie basah ditambah dengan irisan sosis dan olesan telur serta taburan bumbu bubuk. Harga mulai 2000 rupiah. Jika menggunakan isian 1 telur utuh harganya jadi lima ribu rupiah.

Ide usaha ini butuh peralatan khusus yaitu loyang datar yang lebar seperti yang dipakai penjual roti bakar. Bisa juga menggunakan wajan teflon besar tapi kurang nyaman.

Cara penyajiannya yang cukup mudah membuat siap saja bisa merintis ide usaha ini.

4. Es Jepit

Ide usaha minuman ini hanya bermodalkan es batu, sirup dan alat serut es batu. Es batu diserut dan ditampung dalam wadah kemudian tengahnya diberi stik kayu lalu dijepit setelah itu diberi sirup dan susu.

Meskipun cuma es batu yang diberi sirup tapi nyatanya anak-anak banyak yang suka. Minuman ini lebih cocok untuk anak SD kalau anaknya sudah agak gede jarang yang melirik.

Ide usaha ini cocok untuk Anda yang ingin usaha dengan modal yang kecil. Bayangkan harga es batu paling 2 ribu rupiah ditambah gula pasir yang dibuat sirup lalu susu kaleng.

Alat yang dibutuhkan juga cuma serutan es batu manual dan botol beling untuk tempat sirup.

5. Es cendol

Ide usaha minuman ini merupakan usaha yang sudah ada sejak lama. Meski sudah jadul tapi tetap banyak peminatnya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang suka.

Es cendol terbuat dari tepung sagu dicampur tepung beras sehingga mengenyangkan apalagi dengan tambahan sirup gula aren.

Hanya saja karena pembelinya anak-anak tidak cocok kalau harganya harus 5000 rupiah seperti harga jual pada umumnya. Cara mengakalinya dengan menjual dengan takaran yang lebih sedikit dengan gelas plastik ukuran 12 oz, 14 oz atau 16 oz. Dengan cara ini anak-anak bisa membeli dengan harga 2000, 3000 atau 5000.

Penutup

5 Ide usaha makanan minuman diatas layak Anda coba karena rata-rata modalnya kecil. Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar