Tutorial, Review, Tips&Trik

Hati-hati Mencari Backlink Utamakan yang Berkualitas

Bagi seorang blogger mencari backlink berkualitas merupakan keharusan terutama jika blognya masih baru dan menurut saya kegiatan mencari backlink sangat membutuhkan konsistensi tidak hanya sekali atau dua kali tapi berkesinambungan sehingga cukup menyita waktu.Ada berberapa cara untuk mendapatkan backlink diantaranya mensubmit artikel ke social bookmark,membuat link profil/Guest post,backlink dari web 2.0,backlink dari social media atau komentar di blog do follow.Cara-cara tersebut sering direkomendasikan oleh para blogger profesional.Baca juga : 10 Cara Mendatangkan Traffik Non Organik
 
Namun terkadang karena ingin serba cepat sebagian blogger lebih memilih jalan pintas misalnya membeli backlink atau menggunakan backlink generator hasilnya mungkin cepat terlihat namun pertanyaannya apakah berkualitas? Sebab berdasarkan informasi yang saya baca search engine(terutama google) kini lebih mengutamakan kualitas dibanding kuantitas oleh sebab itu backlink yang memiliki nilai lebih dimata google hanyalah backlink yang relevan,kontekstual dan berasal dari authority site.

backlink berkualitas
Pernah mencoba backlink generator? Kabarnya merupakan salah satu cara instan untuk mendapatkan ribuan backlink.Saya termasuk orang yang penasaran untuk mencoba backlink generator tersebut pertimbangannya katanya cara tersebut aman dan cukup mudah tinggal masukkan url kemudian klik generate.Akhirnya saya lakukan cara mendapatkan backlink tersebut.Bagaimana hasilnya? Beberapa hari setelah menggunakan backlink generator tersebut saya cek ke webmasters ternyata belum menampakkan hasil semenjak itu saya tidak berusaha untuk mengecek jumlah backlink lagi.

Beberapa hari yang lalu ketika saya mengecek perkembangan blog melalui dashboard blogger mulai tampak adanya keanehan yaitu ketika saya mengecek sumber lalu lintas blog ini.Hal itu ditandai dengan adanya URL perujuk yang tidak saya kenal karena biasanya URL perujuk berasal dari Google,Google plus atau blog berplatform Wordpress yang saya kunjungi(Blog walking) karena pada fitur komentarnya menggunakan name/URL.Karena penasaran saya coba cek URL tersebut dan hasilnya sungguh diluar dugaan bahkan mengerikan ternyata beberapa URL tersebut merupakan situs pornografi Astaghfirullah…Gumam saya.


Dalam pikiran saya waktu itu wah bisa gawat nih kalau dibiarkan akan mengancam kelangsungan blog  saya dan akun adsense juga bisa terancam.Dipikir-pikir kok bisa?Padahal selama ini yang saya lakukan untuk mencari backlink hanya dengan blog walking pernah melalui facebook tapi pas awal-awal saja setelah diterima adsense tidak saya lakukan lagi.Akhirnya saya teringat pernah mensubmit URL blog ke backlink generator dugaan saya langsung mengarah kesana.

Sebelum semuanya terlambat terutama untuk keamanan akun adsense saya akhirnya saya memutuskan untuk menganti domain baca selengkapnya: Domain baru semangat baru,Welcome to Mediakompilasi.com walaupun saya sebenarnya sudah lama merencanakan mengganti domain yaitu sejak  blog ini diterima google adsense namun keputusan finalnya setelah saya mengalami kejadian tersebut.

Kesimpulannya mencari backlink sebanyak banyaknya boleh-boleh saja namun dengan catatan carilah cara yang aman yang telah drekomendasikan blogger yang lebih berpengalaman salah satu caranya dengan mendaftarkan blog ke web directory (Direktori web gratis).Hindari cara-cara yang tidak lazim atau tidak banyak dilakukan oleh blogger professional terutama  jika anda publisher adsense harus teliti.Mudah kok untuk mengetahuinya anda tinggal mengunjungi blognya para master karena sudah banyak yang membahasnya atau bisa juga bertanya langsung ke forum forum perbloggingan.Lebih baik sedikit tapi berkualitas dari pada banyak tapi abal-abal,Setuju?

13 comments:

  1. great tips kang admin bisa saya coba... oya saya mau tanya, memang blog gratisan rawan adanya baclink tidak berkualitas? kok sampean membeli domain? makasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga tergantung mencarinya bagaimana misalnya dengan Blogwalking atau guest post akan aman.Domain berpengaruh pada indeks dan peringkat blog mas

      Delete
  2. setuju mas backlink dengan kualitas rendah justru merugikan blog kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas saya sudah membuktikannya sendiri mau cepat eh malah celaka

      Delete
  3. memng kita butuh backlink yang banyak tp, jg harus berhati hati- ya mas jangan asal dapat aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih aman pakai cara yang natural mas :) misalnya blogwalking biar lambat asal selamat

      Delete
  4. Ia mas setuju. Saya mau tanya mas, misalnya cari backlink dari komentar situs dofollow namun di dalam situs tersebut ada banyak juga yang pasang link namun ke website seperti di atas(po*nografi), apakah tidak berpengaruh dengan situs kita?
    Sama satulagi mas, kan tidak relevan isinya walaupun dofollow, apakah bisa dibilang berkualitas?
    Maaf mas banyak tanya, habis bahasan blog ini menarik. Makasih ya mas :)

    ReplyDelete
  5. Sebaiknya dihindari mba karena secara tidak langsung sudah mengarah ke link tersebut.Kalau blog mba jenisnya blog niche saya rasa tidak berkualitas tapi kalau blog gado-gado seperti saya asalkan ada kesamaan topik termasuk berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Dwi jawabannya, wah tercerahkan sekali.

      Delete
  6. Wah untung aq googling dlu, padahal baru 5 menit yg lalu mw pake backling generator..
    Alhamdulillah tulisannyaa sangat brmanfaat dan cukup menambah wawasan baru khususnyaa utk blogger awam kyk aq kak, Jazakumullah..
    Semoga Allah melancarkan rizkinyaa maz dwi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....Makasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini Mba Ayu

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB