Thursday, April 30, 2015

Tak Mau Komentar Balik Termasuk Blogger Sombong?

author photo
Sebagai blogger tak bisa lepas dari yang namanya blogwalking yaitu kegiatan mengunjungi blogger lain atau kalau dalam dunia nyata namanya silturahmi.Manfaatnya tentu sangat besar selain sebagai sarana mencari backlink blogwalking juga berfungsi sosial yaitu menjalin persahabatan antar sesama blogger diseluruh Indonesia bahkan diseluruh dunia.Berbeda dengan dunia nyata jika anda berkunjung kerumah teman akan langsung diketahui sipemilik rumah namun berbeda dengan blogwalking kehadiran anda diblog teman bisa diketahui dengan adanya jejak berupa komentar jadi jangan mengaku sering blogwalking kalau nyatanya anda tidak pernah berkomentar,buktinya mana?Baca juga : Ketika Blogwalking Sudah Menjadi kebutuhan

Sehingga muncul aturan tak tertulis atau etika “Anda komentar Saya komentar balik”.Faktanya banyak blogger yang masih memegang teguh etika ini jadi jangan kuatir jika anda rajin komentar diblog lain anda akan mendapatkan balasan komentar.Tak heran jika kemudian anda akan menemukan sebuah blog yang setiap menerbitkan artikel baru langsung mendapat komentar yang berlimpah bahkan bisa mencapai ratusan.Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi blog dan pemiliknya tersebut dalam artian traffiknya naik  otomatis peringkatnya ikut naik pemiliknya juga makin populer dalam dunia online.Baca juga : 10 Cara Mendatangkan traffik Non Organik


Namun  kenyataannya tidak selamanya jika anda mengunjungi blog teman kemudian berkomentar anda akan mendapatkan komentar balasan,hal ini sering saya alami sehingga saya sampai hafal nama nama blogger yang tidak mau komentar balik kalau sekali dua kali mungkin saya maklum mungkin sedang sibuk jadi tidak sempat berkomentar tapi kalau keseringan  tentu jadi malas sehingga tidak salah jika saya kemudian enggan berkunjung ke blogger tersebut.Salahkan saya jika kemudian menganggap blogger yang tidak mau komentar balik termasuk blogger sombong?

Ada pengecualian jika blogger yang saya kunjungi merupakan blogger ahli atau berpengalaman misalnya herman yudiono(blogodolar.com),Kang Jum(kangjum.com).Indri Lidiawati(juragancipir.com)Ibrahim lubis(terwujud.com),Adhy suryadi(kompiajaib,com) Mas Sugeng(mas-sugeng.com) saya tak pernah mgharapkan mereka berkomentar balik karena memang saya yang butuh mereka sudah dibagi ilmunya saja sudah merupakan keuntungan yang luar biasa,dijawab komentarnya saja itu sudah lebih dari cukup.

Blogger tidak mau komentar balik menurut saya ada beberapa kemungkinan:
1.Bingung mau berkomentar apa karena mungkin topik artikelnya tidak paham jadi sebenarnya dia sudah kunjungan balik tapi tidak berkomentar.
2.Blog yang dikunjungi tidak mengaktifkan fitur komentar.
3.Peringkat blognya sudah tinggi jadi tidak butuh backlink dari blogwalking
4.Terlalu sibuk sehingga tidak punya waktu untuk komentar balik.
5.Malas untuk berkomentar balik.

Mudah-mudahan anda tidak termasuk blogger yang tidak mau berkomentar balik sehingga dicap blogger lain sebagai blogger sombong toh tidak ada ruginya berkomentar balik meskipun hanya sekedar berkomentar pertamax,mantap,bermanfaat namun hal tersebut menunjukkan anda sudah berkunjung balik karena sudah meninggalkan jejak.”A best friend is like a rare diamond  It’s Hard to find and lucky to have”

This post have 19 komentar

avatar
Mangs Aduls delete April 30, 2015 at 11:32 AM

tambahan kang.
Bisa jadi blog yang di kunjunginya baru habis paket internetnya kang. :) hahahaha

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 30, 2015 at 12:04 PM

Bisa jadi mang tapi setidaknya kalo sudah ada kuota mbok ya kunbal

Reply
avatar
denny aditia delete April 30, 2015 at 2:25 PM

kalau sering gak di balas berarti sombong bloggernya kalau hanya sesekali tida di balas tak mengapa karena juga punya kesibukan lain :)

Reply
avatar
Wida Zee delete April 30, 2015 at 3:59 PM

Poin ke 1, 2 dan 4 kayaknya yang saya alami akhir-akhir ini mas dwi. Jadi maaf maaf nih kalau belum sempat komentar balik xixixi

Reply
avatar
hendri hendriyana delete April 30, 2015 at 7:57 PM

yups bner banget mas, soalnya mungkin saja mereka pengen enak sendiri.padahal dengan kegiatan blogwalking kita dapat ilmu baru juga bersilaturahmi..

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete May 1, 2015 at 5:15 AM

Padahal komentarnya itu biasanya suka ditunggu, sehingga silahturahmi bisa terjaga.

Ya mudah-mudahan dengan meningkatkan jumlah komentar juga meningkat juga kepercayaan pengunjung terhadap tulisan kita. Tapi perlu diingat yang lebih penting memang komentar yang relevan.

Mudah-mudahan blogwalking masih menjadi kegiatan yang asik ya mas?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 1, 2015 at 6:47 AM

Enaknya diapain ya blogger seperti itu?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 1, 2015 at 6:48 AM

Maklum deh mba moga makin sukses toko onlinennya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 1, 2015 at 6:50 AM

Banyak blogwalking banyak ilmu banyak teman banyak juga rezekinya ya mas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 1, 2015 at 6:55 AM

Banyak komentar jadi makin kenal dan makin akrab ngeblog jadi berwarna

Reply
avatar
Achmad Fazri delete May 1, 2015 at 7:11 AM

Kalau saya insyaallah akan saya balas, Walaupun terkendala masalah waktu dan terkadang suka lupa, sudah disilahturami balik atau belum :D maklum ngenetnya kadang pakai HP, setiap mengunjungi balik baterai sudah low...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 1, 2015 at 8:19 AM

Tergantung ada niat atau nggak ya mas kalau dasarnya ada niat biar bagaimanapun akan berusaha membalas

Reply
avatar
Mangs Aduls delete May 1, 2015 at 8:28 AM

bener juga kang. cuman g tau kapan ada kuotanya toh kang.

Reply
avatar
hendri hendriyana delete May 1, 2015 at 11:45 AM

mungkin bisa disebabkan artikel terlalu panjang, atau artikelnya ga paham jadi malas komen..

Reply
avatar
Gustyanita Pratiwi delete March 27, 2016 at 10:43 PM

Mas aku suka artikel ini, baru2 ini soalnya aku nulis tema serupa, jadi mau nyari perbandingan artikel lain hihi

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 28, 2016 at 6:47 AM

Terima kasih mba gembul apresiasinya...

Reply
avatar
Son Agia delete June 25, 2016 at 6:31 PM

Bener mas, saya setuju ini poin-poinnya.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement