Wednesday, July 15, 2015

5 Tujuan Mudik yang Membuat Rela Macet dijalan

author photo
5 Tujuan Mudik yang Membuat Rela Macet dijalan-Bagi yang belum pernah mudik misalnya warga Jabotabek tentu akan bertanya-tanya kenapa kok orang-orang rela berdesak-desakan atau macet dijalan demi bisa mudik lebaran bukannya mudik tidak harus lebaran?Sudah menjadi tradisi itulah jawaban yang paling kuat.Jika sudah berbicara tradisi orang akan dengan suka rela melakukannya meskipun bagi orang lain cukup merepotkan makanya tak heran setiap musim mudik lebaran tak ada sejarahnya mudik lebaran sepi bahkan tiap tahun jumlahnya semakin banyak.

Namun dibalik alasan tradasi menurut saya setidaknya ada 5 tujuan mudik yang membuat orang rela macet dijalan dan mungkin saja setiap orang berbeda-beda tujuan mudiknya.Jadi meskipun tahun yang lalu sudah mudik bahkan mungkin juga sebenaranya tiap bulan mudik kekampung halaman tetap saja ketika musim mudik lebaran ingin melakukannya lagi.Ingin tahu apa saja tujuan mudik yang membuat rela macet dijalan?Berikut analsia selengkapnya:

tradisi mudik lebaran
foto ilustrasi
1.Bertemu orang tua.
Umumnya pemudik adalah perantau dari daerah kekota-kota besar dan umumnya berprofesi sebagai karyawan perusahan swasta.Sebagian besar mereka masih memiliki orang tua yang selalu kangen kepada anaknya apalagi jika anaknya baru merantau ke Jakarta atau kota besar lainnya kedatangannya pasti sangat ditunggu-tunggu orang tua mereka.Jika anaknya tidak mudik saat lebaran orang tua akan merasa sedih karena jika sudah bekerja diperusahaan kesempatan pulang hanya saat libur lebaran saja jika hari biasa sulit sekali untuk bisa mudik kecuali mengambil cuti.

2.Menunjukkan Kesuksesan.
Jabotabek atau kota-kota besar lainnya masih menjadi tujuan pendatang untuk merubah nasib tak heran jika setiap arus balik selalu dibanjiri kaum pendatang.Jika ternyata diperantauan sukses mereka ingin menunjukkan kesuksesan kepada orang orang dikampung dan saat musim lebaran merupakan waktu yang tepat untuk menunjukkan kesuksesan mereka.

3.Mengikuti Suami/Istri.
Adakalanya diperantauan seseorang menemukan pasangan hidupnya yang berasal dari Jabotabek atau kota dimana mereka merantau sehingga jika musim mudik lebaran mau tidak mau harus ikut mudik lebaran menuju daerah pasangannya dan mungkin saja sebelumnya tidak pernah merasakan yang namanya mudik lebaran.

4.Berziarah kemakam orang tua.
Meskipun seseorang yang sudah sukses diperantauan sampai-sampai bisa memiliki rumah dikota namun karena kedua orang tuanya dimakamkan dikampung halaman mau tidak mau jika mau berziarah harus mudik kekampung dan lebaran merupakan saat yang tepat.Namun jika tujuan mudiknya berziarah saja tradisi tersebut tidak rutin dilakukan tiap tahun.

5.Menengok rumah.
Bagi sebagian perantau ibukota hanya dijadikan tempat mencari nafkah sedangkan rumah mereka masih tetap dikampung  sehingga sewaktu-waktu mereka ingin mudik untuk menengok rumah mereka dikampung karena saaat lebaran mereka umumnya tidak bekerja atau berbisnis.

Bagaimana dengan Anda apa tujuan mudik yang membuat Anda rela macet dijalan?

This post have 18 komentar

avatar
Alya Dewina Maryam delete July 15, 2015 at 11:15 AM

yang pasti ketemu teman2 di kampung sama keluarga :)

Reply
avatar
Desa Seibaru delete July 15, 2015 at 11:53 AM

yang pasti meu minta maaf sama mamah sama papah. silaturahmi sama sodara semamah sepapah.

Mohon maaf lahir batn kang. minal aidzin wal faidzin

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 15, 2015 at 11:54 AM

Apalagi sahabat karib ya mba tentu senang jika bisa bertemu meskipun setahun sekali

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 15, 2015 at 11:59 AM

Itu sih nomor satu kalau dijawa sungkeman dan selalu berkesan kadang sampai keluar air mata.Sama sama kang

Reply
avatar
ana sriwahyuni delete July 15, 2015 at 12:22 PM

kalau menurut saya sich sebenarnya bukan tradisi ya kalau mudik itu dilakukan sebelum atau mau raya raya idul fitri karena pada menjelang hari raya seluruh kantor, lahan pekerjaan, dan semuanya tutup secara hampir bersamaan.. jadi aktivitas kantor dan pekerjaan libur total dalam beberapa hari sehingga orang-orang yang bekerja diluar daerah pada pulang semua.. untuk itulah mudik atau pulang kampung pun menjadi kebiasaan dan tradisi.. :)

Reply
avatar
denny aditia delete July 15, 2015 at 1:27 PM

yang pasti utamanya untuk menemui orang tua mas :)

Reply
avatar
Ratna Sari delete July 15, 2015 at 3:22 PM

tujuan mudik karena orang tua dan sodara mas

Reply
avatar
suta igede delete July 15, 2015 at 3:58 PM

Kalau sudah yang namanya mudik pasti rame dan bisa macet di jalan kang, tapi karena keinginan silaturahmi yang ngebet banget sama orang tua dan para sahabat lainnya jadi rela walau macet. Salut!

Reply
avatar
Hajir ™ delete July 15, 2015 at 4:40 PM

wah ada juga ya mudik untuk pamer kesuksesan hihi keren, tapi jgn lupa tujuan utamanya silaturahmi ke keluarga terutama sama orang tua

Reply
avatar
Wong Crewchild delete July 15, 2015 at 9:41 PM

alasan kuat untuk tetap mudik...

gak masalah segala hambatan

Reply
avatar
Cilembu thea delete July 15, 2015 at 10:57 PM

saya mudik tebang bertujuan pengen memacet-macetkan diri doang mang...maklum di desa mah ngga ada macet..hehe.
sekalian ngucapin cinta dan :(utamanya pada pak admin)
SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM
sekaligus kepada seluruh blogger yang singgah kesinih...yah, kecup hangat dari sayah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 16, 2015 at 10:02 AM

Jadi intinya memanfatkan waktu liburan panjang ya mba

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 16, 2015 at 10:03 AM

Pastinya mas ortu nomor satu

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 16, 2015 at 10:05 AM

Kebanyakan memang begitu mba apalagi kalau masih sendiri

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 16, 2015 at 10:07 AM

Itulah kekuatan mudik mas apapun dilakukan asal bisa mudik

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 16, 2015 at 10:08 AM

Namanya juga manusia mas jika sudah sukses inginnya orang lain tahu

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 16, 2015 at 10:10 AM

Pokoknya mudik nggak puas kalau sampai nggak mudik

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 16, 2015 at 10:13 AM

Jangan lupa oleh olehnya kang apalagi sumedang terkenal tahunya.Kalau ada salah salah kate ane juga minta maaf

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement