Tutorial, Review, Tips&Trik

Pengalaman Mengatasi Mesin Pompa Air Hidup tidak Keluar Air

Mediakompilasi.com-Beberapa hari ini saya dibuat pusing tujuh keliling pasalnya mesin pompa air dirumah ngadat nggak keluar air.Bagi warga perumahan diperkotaan air dari mesin pompa merupakan kebutuhan pokok karena akan digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti mandi,cuci piring,cuci baju atau mengepel lantai sedangkan untuk memasak atau air minum mengandalkan air isi ulang atau tukang air keliling dan air minum kemasan galon.Kebetulan dirumah saya jaringan PAM belum menjangkau.Betapa repotnya ketika pagi atau sore hari saya harus numpang mandi dirumah orang kalau sendiri mungkin nggak masalah tapi kalau sekeluarga belum lagi untuk keperluan cuci baju atau piring saya harus ambil air mengunakan ember.Pokoknya repot deh sampai sampai aktifitas ngeblog saya terganggu.Baca Juga : Kemarau yang panjang Sumber Air Di Bekasi Mengering
Mesin Pompa Air
Sumur Bor
Awalnya saya menduga penyebab mesin pompa air tidak bisa keluar air karena memang sumber airnya mengering padahal beberapa hari yang lalu masih bisa keluar air meskipun sedikit hal tersebut diperkuat dengan pengakuan tetangga yang mengalami nasib yang sama.Berdasarkan pengalaman tetangga yang mengalami mesin pompa airnya tidak keluar air,tetangga tersebut menyarankan tunggu saja sampai malam hari biasanya air akan keluar.Akhirnya dua hari saya mencoba saran tetangga saya tersebut setiap dini hari sekitar jam 01.00 sampai 03.30 saya bangun untuk menghidupkan mesin pompa air namun hasilnya mengecewakan air yang keluar sedikit tidak sampai satu ember.
mesin pompa air
Sambungan yang bikin masalah
Apa boleh buat akhirnya saya memutuskan untuk membongkar sumur bor karena kebetulan lokasinya ditutup semen niatnya mau mengecek siapa tahu salurannya tersumbat atau memang airnya kering sehingga ditambah lagi pipa paralonnya.Setelah sumur bor terbuka,saya coba cek ada airnya atau tidak dengan cara mengocok pipa paralon hasilnya ternyata bisa keluar air saya menyimpulan penyebab air tidak keluar bukan karena kekeringan tapi masalahnya pada mesin pompa airnya.Saya sempat bertanya-tanya mungkinkah mesin pompanya yang rusak?padahal mesinya masih berjalan dengan baik dan mesin pompa yang saya gunakan merupakan mesin pompa jenis Semi jet Pump yang kekuatan hisapnya mencapai 11 meter,airnya ada kok airnya tidak keluar?

Saya teringat pengalaman membeli mesin pompa air baru setelah dipasang tenyata tidak keluar airnya setelah minta bantuan teman yang ahli mesin pompa air ternyata yang meneyebabkan mesin tidak mengeluarkan air karena ada kebocoran dibagian sambungan dari pipa paralon kemesin pompa air sehingga air tidak naik,setelah diperbaiki dengan cara dikasih lem pipa akhirnya bisa berfungsi dengan baik.Berdasarkan pengalaman tersebut saya berinisiatif mengecek pipa sambungan yang kemesin pompa air ternyata benar ada yang bocor karena ketika saya raba sambungan tersebut basah.Kemudian saya beri lem khusus paralon disambungan tersebut selanjutnya saya pasang kembali pipa-pipanya kesumur bor setelah saya coba hidupkan tenyata mesin pompa bisa berfungsi dengan baik plong rasanya.

Dari pengalaman saya tersebut jika mesin pompa anda mesinnya berfungsi dengan baik tapi airnya tidak keluar sebaiknya melakukan langkah-langkah sederhana sebagai berikut:
  • Hidupkan mesin pompa air.
  • Perhatikan pada sambungan mesin pompa air pada bagian input ada kebocoran atau tidak caranya bisa dengan meraba atau bisa juga diberi air sabun jika ada gelembung berarti bocor.
  • Jika memang bocor coba tutup dengan lem pipa paralon.
  • Jika ternyata tidak ada kebocoran tapi air tidak keluar coba cek debit air sumur bor caranya dengan mengocok pipa paralon disumur bor tersebut jika keluar air berarti debitnya masih cukup coba cek foot klepnya jika ternyata masih bagus juga kemungkinan mesin pompa ada kerusakan.Berdasarkan pengalaman saya jika mesin pompa masih hidup dan foot klep yang berada didasar sumur masih bagus namun air tidak keluar kerusakannya ada pada mechanical seal mesin pompa air yang sudah aus perlu diganti baru silahkan bawa ketukang service.
Demikianlah pengalaman saya mengatasi mesin pompa air hidup namun tidak keluar air semoga bermanfaat Terima kasih sudah berkunjung.

13 comments:

  1. Owh... ternyata di Bekasi udah agak kekeringan ya Mas Dwi...
    Kalau di tempat tinggal saya juga agak ngericik keluar airnya...
    Malahan rumah tetangga yang dibelakang rumah, nimbun air di malam hari...
    karena kalau siang hari keluarnya sudah kecil banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas banyak tetangga saya yang kalau pagi sampai sore tidak keluar kalau malam baru bisa keluar

      Delete
  2. betul gan bocor pada saluran air terutama bagian penyedot bisa menyebabkan air tidak mau keluar, saya juga pernah mengalami hal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang hal ini sering luput dari perhatian yang dikejar malah sumurnya padahal cuma gara gara bocor saja

      Delete
  3. selamat ya mas dwi, mesin pompanya sudah kembali normal, udah g numpang mandi lagi di tetangga :D. jadi ikutan seneng, semoga aktifitas ngeblognya tidak terganggu lagi :D

    ReplyDelete
  4. Kalau di tempat saya meski pakai pompa tetep susah ngalir airnya sudah lapor ke PDAM kata mereka mesin yang mereka miliki gak mampu menyalurkan air ke perumahan tempat saya tinggal udah gitu aja tanpa ada kasih solusi

    ReplyDelete
  5. Bisa menjadi solusi yang tepat nih mas, apalagi berdasarkan pengalaman.

    Hal ini paasti menjadi amal buat penulisnya, makasih mas.

    ReplyDelete
  6. Mas numpang tanya , kalau pertama di colokin air yg keluar besar tp setelah 10 menit keluarnya kecil itu kenapa iya ?, Pompa / pipanya bermasalah atau sumur bornya kering?

    ReplyDelete
  7. Coba cek debit air sumur bornya mas caranya pipa yang ada disumur bor ditarik ulur kalau air bisa keluar lewat pipa berarti airnya masih ada jika demikian kemungkinan mesinnya bermasalah

    ReplyDelete
  8. Klo airnya keluar bnyak tetapi tiba2 dalm waktu 15 menit airnya makin kecil kenapa ya...karena mesinnya habis terendam air hujan di lubang

    ReplyDelete
  9. Boleh nambahin ya mas Dwi, pengalaman sy jg hampir sama, debit air msh lumayan pompa juga msh nyala, tp air tdk keluar. Ternyata masalahnya ada di kipas mesin pompa tsb, kl dibawa ke tukang service pasti hrs diganti kipas atw silnya, padahal penyakitnya itu ada mampet biji2 pasir /batuan kecil di lobang kipasnya, setelah pasirnya dibersihin dgn cara di rojok pakai lidi, Alhamdulillah airnya keluar dgn deras. Ciri2 kipas yg mampet krn ada pasir yaitu suara pompanya sangat halus, tp tdk bisa mengeluarkan air, sementara pompa yg normal suaranya agak sedikit kasar krn efek semburan air pd kipasnya, pertanda kipasnya bekerja dg baik menyedot air. Mudah2an informasinya bermanfaat, silahkan dicoba.

    ReplyDelete
  10. mau tanya nih,
    kenapa air saya tetap megalir dari pompa??, padahal kondisi pompa air sedang mati..

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB