Tutorial, Review, Tips&Trik

Awas! Kerusakan Mesin Pompa Air Ini Sangat Berbahaya

Mesin pompa air akhir-akhir ini sering menjadi pusat perhatian warga terutama didaerah perkotaan pasalnya sumber air kian menipis akibat kekeringan yang berkepanjangan akibatnya air tanah tak mampu disedot oleh mesin pompa air penyebabnya bermacam-macam bisa karena sumber airnya yang benar-benar kering atau mesin pompanya yang memang rusak.Jika ternyata sumber airnya masih memadai namun ternyata airnya tidak mau keluar kebanyakan warga menduga ada kerusakan pada mesin pompanya sehingga mereka membawa mesin pompa airnya ke tukang service mesin pompa air.Tak heran jika tukang service pompa air berdasarkan pengamatan saya menjadi ramai.

Saya termasuk orang yang mengalami masalah dengan mesin pompa air yang saya miliki,beberapa waktu yang lalu air tidak bisa keluar padahal mesinnya menyala normal selidik punya selidik ternyata bukan airnya yang kering tapi karena ada kebocoran pada sambungannya terbukti setelah diperbaiki sambungannya air bisa keluar kembali namun kenyataannya masalah tidak hanya sampai disitu saja beberapa hari setelah mesin pompa air normal ada yang aneh dengan mesin pompa air saya yaitu seperti ada bau benda yang terbakar,saya tadinya berpikir mungkin karena mesinnya panas saya belum berpikir ada kerusakan pada mesin pompa air saya,tindakan yang saya lakukan pemakaiannya saya kurangi maksudnya tidak terlalu lama namun beberapa hari kemudian ada kejadian yang tak terduga ketika saya menyalakan mesin pompa air kebetulan saya tidak memakai tempat penampungan air,saat itu saya sedang mencuci piring sambil mengisi ember alangkah terkejutnya saya ketika memegang kran air yang kebetulan terbuat dari besi ternyata nyetrum wah bahaya banget nih kata saya dalam hati penasaran saya mengambil tespen untuk mengecek bodi mesin pompa air,ternyata memang menyala menunjukkan ada aliran listrik.Baca juga : Pengalaman Mengatasi Mesin Pompa Air Hidup tidak Keluar Air

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan menimpa saya dan keluarga kebetulan saya masih memiliki anak yang masih kecil akhirnya saya membawa mesin pompa air ketukang service.Setelah sampai disana saya menceritakan kerusakan mesin pompa air yang nyetrum.Setelah diperiksa ternyata elco yang untuk starter motor terbakar akhirnya tukang service tersebut menyimpulkan gulungan motornya rusak sehingga aliran listriknya bisa mengalir kebodi mesin pompa air,untuk memperbaikinya tukang serve meyarankan untuk menggulung ulang kumparan biayangya sekitar Rp.150.000.Apa boleh buat karena tidak ada pilhan lain akhirnya saya mengiyakan .Keesokan harinya mesin pompa tersebut bisa berfungsi normal lagi tanpa nyetrum.
Elco Starter
Elco starter Terbakar
Gulungan Kawat Motor
Gulungan motor yang rusak
Tak ingin kerusakan mesin pompa air ini terulang kembali karena sangat berbahaya saya menanyakan tips agar tidak terulang lagi menurut tukang service mesin pompa air,sebaiknya ketika meyalakan air diberi jarak maksudnya tidak colok cabut karena akan berakibat gulungan cepat rusak kemudian sebaiknya kran air tidak ditutup hal ini untuk menghindari mesin pompa menyala tapi kran tertutup kalau ini terjadi akan merusak gulungan motor dan hindari mesin pompa terkena air langsung biasanya hal ini bisa terjadi jika mesin pompa ditanam dibawah tanah.

Demikan pengalaman saya seputar mesin pompa air yang nyetrum dan jika anda mengalami hal yang serupa buruan bawa mesin pompa  air anda ketukang service karena sangat berbahaya.

15 comments:

  1. terimakasih telah mengingatkan tentang kerusakan pompa air yang pada kemarau ini sangat kelelahan karena air yang harus di sedotnya sangat minimal keberadaannya, sebab itu kerusakan pompa air yang tersebut diatas sangat berbahaya...pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa demikian juga mas :) hehe

      Delete
    2. Jangan sampai deh kesetrum kayak saya....pokonya jangan malas untuk mengecek kesehatan mesin pompa air

      Delete
  2. Dimusim kemarau ini memang sangat rawan dengan kerusakan pompa air ya mas. Di rumah saya kemarin juga pernah mengalami hal serupa. Karena air sudah kering namun tetap disedot hingga akhirnya pompa airnya pun terbakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mas banyak yang mengalami maslalah dengan mesin pompa airnya kalau mesinnya tidak hidup mungkin tidak berbahaya yang jadi masalah mesin bisa berfungsi normal tapi ternyata nyetrum kita tidak akan tahu kalau belum kesetrum bayangkan kalau kita sedang mandi ternyata air krannya nyetrum...sangat berbahaya

      Delete
  3. Pernah suatu ketika pompa di rumah Boku juga rusak, diutek utek sendiri meskipun perlu waktu yang lama, alhamdulillah akhirnya bisa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung banget mas kalau bisa dibenerin sendiri tapi tetap harus hati hati karena mesin pompa bertegangan tinggi

      Delete
  4. betul mas kita memang harus selalu mengontrol bagaimana kondisi pompa air yang ada dirumah kita, jangan samapai kita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan karena akibat dari pompa air yang rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup saya saja yang pernah kesetrum mas orang lain jangan deh

      Delete
  5. wah, terimakasih mas dwi, karena dengan penjelasan mas diatas bisa lebih membuat saya hati hati dan tetap terrus waspada pada mesin pompa air :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang harus waspada mas kalau bisa dicek secara berkala bodi mesin pompa nya menggunakan alat sederhana tespen lebih baik mencegah dari pada kejadian kesetrum

      Delete
  6. biayanya murah mas segitu di saya mahal sekali rasanya ending beli baru kalo di saya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nanya dulu mas takut ongkosnya mahal kalau mahal mending beli baru

      Delete
  7. Pengalaman yang berharga mas,,semoga gak terulang di kemudian hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan mas,begitu juga pengunjung yang membaca informasi ini agar selalu waspada

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB