Tutorial, Review, Tips&Trik

Perbandingan Speaker Aktif Vs Speaker Multimedia 2.1

Perbandingan Speaker Aktif Vs Speaker Multimedia 2.1-Perangkat audio rumahan (Home Audio) saat ini semakin banyak pilihan dari mulai yang harganya murah sampai yang mahal anda tinggal pilih sesuai selera,jenisnya juga bermacam-macam ada speaker aktif,speaker multimedia 2.1,home theater,kompo sampai receiver.Pilihan-pilihan tersebut menurut saya cukup menarik karena masing-masing memiliki keungulan sehingga bisa saja menimbulkan kebingungan mana yang akan anda pilih?

Saat ini fungsi perangkat audio tersebut memiliki fitur dasar yang hampir seragam misalnya mendukung port USB sehingga bisa digunakan untuk memainkan file musik dari flasdisk atau Memori card bahkan beberapa perangkat sudah dibekali dengan fitur Bluetooth sehingga menikmati musik cukup dari gadget anda.Dari sekian perangkat home audio tersebut yang paling diminati masyarakat adalah speaker aktif dan speaker multimedia terbukti jika anda berjalan-jalan ketoko elektronik hampir dipastikan menemukan 2 perangkat ini.

Menurut saya hal ini wajar saja karena harga dari kedua perangkat tersebut cukup terjangkau contohnya speaker aktif yang murah harganya cuma 150 ribuan demikian pula speaker multimedia cukup berbekal 200 ribu sudah bisa membawa pulang walaupun tentu saja spesifikasinya tidak sebaik yang harganya lebih mahal tapi masih layak kalau untuk sekedar menikmati musik.Lantas jika anda disuruh memilih apa pilihan anda speaker aktif atau speaker multimedia 2.1?

Speaker Multimedia 2.1
Speaker Multimedia (Foto @tokopedia)

Nah…pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membandingkan kedua perangkat tersebut dengan harapan bisa menjadi referensi sebelum anda membelinya.

Speaker Aktif

Perangkat ini menerapkan sistem stereo murni 2 kanal L dan R dimana masing-masing kanal didukung amplifier sendiri-sendiri makanya pada bagian input terdapat 2 terminal,Speker aktif terdiri atas 2 kabinet/kotak speaker dan setiap kabinet terpasang 2-3 driver speaker bahkan bisa lebih tergantung sistem speakernya 3 way atau 2 way.Kekuatan speaker aktif terdapat pada daya amplifiernya yang kekuatannya bisa mencapai 100 watt RMS.

Ukuran driver juga menjadi kelebihan tersendiri semakin besar diameter woofer maka gebukan bass akan lebih nendang bahkan ada yang dobel woofer tentu saja suaranya lebih mantap.Dengan komposisi speaker kiri dan kanan yang sama  hampir tidak ada perbedaan antara kanal kiri dan kanan.Dalam penggunaannya speaker aktif sangat cocok sekali untuk disandingkan dengan televisi diruang keluarga atau DVD player tentu dengan daya yang memadai apalagi beberapa speker aktif bertipe floorstanding.
Baca juga : Perbandingan Speaker Aktif 3 Way dan 2 Way

Speaker Multimedia 2.1

Perangakat ini menerapkan sistem kanal audio 2.1 maksudnya menggunakan 2 speaker satelit dan 1 subwoofer.Speaker satelit merupakan speaker kecil yang dirancang untuk menghasilkan frekuensi menengah dan tinggi sedangkan subwoofer merupakan speaker yang mampu menghasilkan frekuensi rendah.Berbeda dengan speaker aktif stereo murni dimana frekuensi rendah dicover oleh sepasang driver speaker woofer speaker multimedia lebih mengandalkan speaker subwoofer untuk menghasilkan frekuensi rendah.

Akibatnya pada rentang frekuensi tertentu yang biasanya dicover speaker woofer menjadi tugas speaker subwoofer juga hal ini tentunya menyebabkan suara frekuensi rendahnya kurang detail.Speaker multimedia 2.1 kebanyakan dimensinya mungil seperti ukuran kompo otomatis volume ruang untuk subwoofer juga terbatas sehingga nada rendah yang dihasilkan tekanan bassnya kurang besar.

Demikianlah informasi singkat seputar Perbandingan Speaker Aktif Vs Speaker Multimedia 2.1 mudah-mudahan bermanfaat Terima kasih atas kunjungannya. 

6 comments:

  1. Hmm kalau saya sih kang yang mana saja boleh yang penting warga pada happy dan suaranya keras karena buat menggelar acara dangdutan euy.
    Hebring euy.

    ReplyDelete
  2. antara Speaker Multimedia dengan home theater sama nggak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda sistemnya mas speaker aktif 2.0 Ch kalau multimedia 2.1 Ch

      Delete
  3. Akhirnya saya punya gambaran tentang kualitas speaker yang saya punya...
    Terima kasih Mas Dwi...
    Salam,

    ReplyDelete
  4. mudah ditebak...mang adminnya lagi sibuk nih...nggak biasanya dua hari ini nggak kliatan batang.......idungnya
    tuh liat ajah speaker aktifnya digondol maling tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kang ada saja halangan....Diam diam si Akang suka ngabsen juga ya jadi tengsin nih 2 hari bolos

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB