Tutorial, Review, Tips&Trik

Blog Multi Niche(Gado-Gado) Masih Dianggap Sebelah Mata

Blog Multi Niche(Gado-Gado) Masih Dianggap Sebelah Mata-Jika Anda disuruh memilih mana yang akan anda pilih blog dengan satu topik (Blog niche) atau multi niche (gado-gado)?sampai saat ini kedua jenis blog tersebut masih cukup diminati blogger karena memang masing-masing memiliki kelebihan contohnya blog niche karena satu topik tingkat relevansinya cukup tinggi sedangkan blog mulit niche(Gado-gado) topiknya luas sehingga mudah untuk menulisnya.

Dimasa awal saya belajar ngeblog saya justru memilih blog niche seputar elektronika dan sampai saat ini masih tetap eksis walaupun jarang saya update begitu pula degngan blog ke-2 saya blog niche juga topiknya bisnis baru di blog yang ke-3 saya membuat blog gado-gado.Dalam perjalanannya justru blog niche yang mendapatkan trafik yang bagus dibandingkan blog gado-gado akhirnya saya melanjutkan ke 2 blog niche tersebut.

Keadaan berubah ketika saya akan mendaftar ke Google adsense berdasarkan saran blogger yang sudah berpengalamn didunia adsense agar cepat diterima sebaiknya membuat artikel seunik mungkin minimal 30 artikel yang diposting tiap hari.Pada waktu itu saya berfikir kalau saya membuat blog niche saya akan kesulitan untuk menulis artikelnya karena topiknya sudah fokus.

Blog Gado gado

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog gado-gado dengan topik andalah seputar bisnis,elektronika dan audio yaitu blog yang sedang anda baca ini dan karena saya menguasai topik tersebut saya bisa membuat artikel yang unik bahkan gambarnya juga unik karena hasil jepretan kamera.Setelah blog tersebut saya daftarkan ternyata tak disangka-sangka langsung diterima padahal blog gado-gado( Multi niche).

Sempat bingung mau melanjutkan blog ini atau tidak karena waktu itu masih memakai domain gratisan dot ga namun saya memutuskan untuk tetap meneruskan blog ini walaupun nichenya gado-gado pertimbangannya jika saya menggunakan blog niche saya kesulitan untuk membuat banyak artikel sedangkan jika ingin gajian tiap bulan dari adsense trafik harus tinggi.
Baca juga : Kegalauan Seorang Publisher Adsense Pemula dalam Menentukan Langkah

Terbukti setelah saya rajin posting trafik blog ini bisa tembus 2K per hari padahal sewaktu mengelola blog niche saya belum pernah mencapai trafik sebesar itu namun untuk meraihnya saya harus rajin posting tiap hari setahun penuh.Trafik sebesar itu belum mampu menghasilkan penghasilan yang memadai perkiraan saya butuh trafik 4 -5 kali lipat lagi supaya bisa gajian tiap bulan dari adsense dan itu bukan pekerjaan yang mudah.
Baca juga : Ketika Konsistensi Ngeblog Berbuah Manis

Menyadari butuh kerja keras untuk membangun blog gado-gado yang berpenghasilan tinggi saya mencoba mencari cara untuk memaksimalkan blog gado-gado saya ini yaitu dengan bertanya kesebuah grup facebook GAI(Google adsene Indonesia) yang dipelopori Dian Umbara seorang master adsense dari Tegal.Saya bertanya bagaimana caranya meningkatkan penghasilan adsense dari sebuah blog bertrafik 2000++ per hari.

Salah satu anggota grup yang dipanggil suhu bertanya jenis blognya apa? Saya jawab saja blog gado-gado coba tebak apa jawabannya,” Pantes Gado-gado!”.Dari jawaban ini saya merasa blog gado-gado masih dianggap sebelah mata khususnya oleh para pemain adsesne sukses dan berdasarkan penelusuran saya memang kebanyakan blogger sukses menggunakan blog niche untuk optimasi adsensennya sebut saja Kang Herman Yudiono.

Lantas apakah kemudian saya patah semangat untuk mengelola blog ini? Tentu saja tidak karena blog ini memiliki nilai sejarah yang berkesan bagi saya dan lewat blog ini saya bisa lebih produktif menulis sehigga kemampuan menulis saya juga semakin bertambah.Itulah mengapa belakangan ini timbul niat untuk menghidupkan lagi beberapa niche blog saya harapannya tentu saja agar penghasilan adsense saya semakin meningkat.Semoga rencana ini berjalan dengan semestinya.

25 comments:

  1. ahihihi...mastur yang nanya dan bilang pantes blog gado gado itu siapa mang? cing tak liat blognya...banyakkan siapa duitnya sama saya, coba?
    blagu banget tuh si mastur (adenya mandra)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sayangnya kemarin saya nggak ngajak kang hadi...coba kalau ikut saya bisa dibelain biar mereka pada tahu blog gado gado juga bisa dapat duit jutaan

      Delete
    2. tabok ajah atuh mang, nanti kalau mamang kalah biar saya yang kabur...okeh

      Delete
  2. Rezeki mah masing-masing ya kang, mau blog gado-gado atau niche kalo emang rezekinya di blog gado-gado ya nggak akan kemana tuh rezekinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu mas buktinya dari blog ini saya banyak dapat rezeki

      Delete
  3. Tapi mas kemarin saya lihat malah pada laku loh mas blog yang menyediakan topik gado gado, hmm jadi bingung saya yang mana yang benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya bukan mana yang lebih laku tapi mana yang lebih efesien dan blog niche dipercaya lebih efesien salah satunya dalam pembuatan artikel

      Delete
  4. Ahaa, blog saya yang tuk daftar adsense malahan blog superdede eh super godagado banget mas. Yah mirip blognya mang lembuah,,waahhh,,,cak adul alias amburadul asal klik keluar huruf,,wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah makanya saya tak bisa melupakannya terlanjur suka sama blog multi topik

      Delete
  5. iya memang sih katanya blog niche bagus.
    tapi menurut saya gado gado tu enak banget ya pak. he he ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha makanya saya punya dua duanya Mas Afrid

      Delete
  6. Masing-masing sudah ada rezekinya ya mas Dwi, mau blog apa juga kalo emang udah rezekinya ya gitu deh... Kita buktiin mas Dwi, hehehe...

    BTW, hasil foto sendiri juga termasuk hal yang dianggap unik ya mas??!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas kita buktikan sama sama.Foto jepretan kamera termasuk unik mas dan berpeluang tampil dipencarian

      Delete
  7. Blog multi-niche tak kalah gesitnya dalam mendatangkan penghasilan, mas Dwi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal konsisten saya yakin bisa jadi blog yang besar

      Delete
  8. Benar sih, mas antara blog gado-gado dan niche hasilnya memang tipis perbedaaanya, namun dari segi kenyamanan target pembaca biasanya mereka sudah ketahuan yang membaca blog tersebut untuk mencari informasinya.

    Namun, untu membangun sebuah blog niche itu sendiiri bila tidak menyatu dengan jiwa si adminnya juga malah jadi hambar dan tidak bernyawa.

    kalau gado-gadokan rasanya lebih enak, bisa banyak ragam dan rasanya. he,, he, he,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog niche memang pengunjungnya lebih tertarget hingga iklannya juga maskimal

      Delete
  9. ya kang, memang blog gado-gado dan se nice memiliki lekuranhan dan kelebihan. saya sendiri agak menyesal membuat blog yang awalnya fokus menjadi ndak fokus, tapi kalau fokus bingung mau ngapain lagi. ilmu ndak memadai, akhirnya jarang update

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurangan blog niche memang dari sisi artikel kurang bebas namun bisa diakali dengan topik yang bersifat luas(broad niche)

      Delete
    2. nah mas, saya malah baru tahu isilah itu. saat ini blog masih saja gado-gado

      Delete
  10. blog gado-gado sebenarnya cukup bagus lho, aku aja sampai tertarik bikin 1 blog baru khusus untuk gado-gado. biar lebih bebas saja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bagus sih tentu cuma kalau masalah penghasilan masih dianggap kurang gede

      Delete
    2. kayaknya sih dari sisi penghasilan yang kurang gede

      Delete
  11. sepertinya blog saya masuk kategori blog gado-gado ya kang, 'ngacapruk' kemana ajah, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya ngeblog saja dulu mas urusan niche belakangan

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB