Wednesday, June 8, 2016

Mengenalkan Puasa Pada Anak Sedini Mungkin

author photo
Mengenalkan Puasa Pada Anak Sedini Mungkin-Sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan sisulung Husain selalu bertanya kepada saya,"Abi bulan puasa kapan sih?" dan itu selalu ditanyakan tiap hari sampai saya bosan menjawabnya.Setelah datang bulan ramadhan pertanyaan itu sudah tidak diajukan lagi namun meskipun sudah tidak bertanya lagi,sekarang malahan meminta saya untuk membangunkannya kalau pas waktu makan sahur.

Puasa pada anak
Sisulung Husain 
Meskipun saya tahu anak seumur 5 tahun seperti anak saya belum mengerti betul makna puasa namun saya tetap mengiyakan.Meskipun anak saya belum wajib berpuasa karena masih anak-anak namun karena telah mengenal kebiasaan orang tuanya saat memasuki bulan ramadhan seperti bangun dinihari untuk makan atau berbuka puasa ketika terdengar azan maghrib,anak saya jadi hafal kalau bulan ini bulan puasa.

Ada kisah lucu ketika saya mengenalkan puasa pada anak untuk pertama kalinya kalau tidak salah waktu anak saya umur 3 tahun.Karena anak saya sudah terbiasa kalau makan bersama orang tuanya dan masih disuapin pas bulan puasa otomatis saya tidak sarapan dan makan siang.Waktu itu anak saya ngambek nggak mau makan kalau saya tidak makan tapi karena terus diberi pengertian bahwa orang yang sedang berpuasa tidak boleh makan sampai waktu Maghrib akhirnya lama-lama mengerti.

Uniknya lagi ketika saya dan istri saya sedang makan sahur anak saya ikut bangun dan ikut makan juga dan itu berlangsung  hingga puasa ditahun berikutnya.Wajar saja jika kemudian sekarang anak saya minta dibangunkan untuk makan sahur padahal seringnya malahan bangun sendiri meskipun sebenarnya tidak berpuasa.

Sebagai orang tua saya tentu merasa senang karena secara tidak langsung saya sudah mengenalkan puasa pada anak sedini mungkin.Dan sekarang anak saya sudah tahu kalau bulan puasa orang tuanya tidak boleh makan sebelum waktu maghrib tiba,sudah tahu kalau orang tuanya bangun dini hari untuk makan sahur bahkan sudah hafal kalau buka puasa didahului dengan makan kurma.

Harapannya tentu saja jika nanti anak saya sudah besar dan sudah wajib untuk berpuasa anak saya sudah tidak kaget lagi sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

This post have 13 komentar

avatar
Effendi Nurdiaman delete June 8, 2016 at 2:37 PM

Kalau begitu bagus dong mas masih kecil udah bisa berpuasa :0 kebanyakan orang terutama anak di bawah lima tahun belum pada belajar puasa. Haha unik tuh mas ceritannya yang ngambek gak mau makan karena orang tua nya gak makan :D untung mas dan istri selalu sabar memberi pengertian :)

Reply
avatar
Rosi Nurasiah delete June 8, 2016 at 5:37 PM

aamiin..
semoga anak mas menjadi anak yang sholeh,. :)

Reply
avatar
Syamsu delete June 9, 2016 at 1:25 AM

Sip mas, anak saya yang sulung juga Alahmadulillah sejak umur 5 tahun dah bisa puasa Ramadhan 1 bulan penuh

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 9, 2016 at 4:08 AM

Alhamdulillah mas kalau sudah mau puasa

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete June 9, 2016 at 11:08 AM

Mudah-mudahan dengan terbiasanya anak puasa jadi ga mudah menyerah untuk menyelesaikan puasanya sampai tuntas.

Saya sendiri pas masih tk selalu ngambek kalau ga dibangunin sahur. Ampe-ampe makan sahur juga sambil merem. Tapi alhamdulillah karena udah terbiasa kalau puasanya penuh tantangan dan bahkan ga makan sahur sekalipun karena kesiangan masih kuat.

Semoga jadi anak yang sholeh mas, anaknya.

Reply
avatar
Mas Poniran delete June 9, 2016 at 12:59 PM

Betul sekali mas kalo sudah dikenalkan sejak sedari kecil maka anak-anak kita nantinya akan menjadi terbiasa untuk menjalankan ibada puasa pada bulan ramadhan

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete June 9, 2016 at 2:01 PM

Bener mas, anak harus mulai dilatih sejak usia dini. Kayak anak sulung saya, puasa tahun ini baru ngikut puasa meskipun cuma setengah hari aja, hahaha. Yang penting nggak banyak lari deh,

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 9, 2016 at 4:27 PM

Aamiin mudah mudahan dengan dikenalkan nilai nilai agama sedini mungkin anak jadi terbiasa degna ibadah khususnya puasa ini

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 9, 2016 at 4:29 PM

Iya mas nggak ada salahnya mengenalkan puasa sejak dini justru anak jadi terbiasa

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 9, 2016 at 4:31 PM

Meskipun belum bisa full tapi sudah bagus mas dikenalkan secara bertahap

Reply
avatar
Mysweet Ladyluck delete June 9, 2016 at 6:31 PM

Masya Allah ... 'dek Husein hebaaatt atuh lah !

Abinya 'dek Husein dong tak kalah hebaat.
Pendidikan agama harus sejak dini ditanamkan... sah !
Kelak 'dek Husein jadi anak saleh yg sll mendoakan kedua orang tuanya, kakek nenek, ... insya Allah.

*** RAMADAN MUBARAK ***

Reply
avatar
Maman Achman delete June 10, 2016 at 9:56 AM

Menanamkan kebiasaan berpuasa sejak dini pada anak-anak memang sangat baik ya mas, untuk melatih diri mereka agar terbiasa menjalankan ibadah puasa ketika dewasa nanti.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement