Tutorial, Review, Tips&Trik

Susah Cari Kerja Didesa Silahkan Datang ke Jakarta

Saat mudik lebaran beberapa minggu yang lalu saya sempatkan untuk mengamati perkembangan desa dan tidak ada yang berubah terutama dari sektor lapangan kerja,masih susah cari kerja didesa karena didesa perusahaan atau pabrik bisa dihitung dengan jari tentunya tidak bisa menampung semua tenaga kerja didesa.Meskipun ada ternyata sistem kerjanya juga menerapkan sistem kontrak jadi bukan sebagai karyawan tetap.Hal ini saya ketahui dari keponakan saya yang kerja disebuah perusahan alat rumah tangga  plastik meskipun gajinya UMR.

CARI KERJA
Peluang usaha didesa

Perubahan justru terjadi pada sektor UKM jumlahnya makin banyak terutama yang berada dipinggir-pinggir jalan mulai dari tambal ban,tukang becak,ojek,penjual baso,nasi goreng,sate madura,martabak pokonya semaua jenis makanan kalau mau beli ada bahkan ada yang datang dari luar desa.Hal ini bisa membuktikan kalau mau usaha didesa pilihannya hanya wira usaha atau buat lapangan kerja sendiri kalau mengharapkan lapangan kerja yang ada bisa-bisa jadi pengangguran karena susah carai kerja didesa.

Bagi lulusan sekolah yang masih fresh jika disuruh berwira usaha rasanya cukup berat satu-satunya jalan agar bisa mendapatkan pekerjaan yaitu datang ke Jakarata dan sekitarnya,lapangan kerja yang tersedia lebih banyak terutama sektor swasta dari pada didesa walaupun tidak menjamin akan mendapatkan pekerjaan setidaknya lowongan yang tersedia lebih banyak sehingga kemungkinan mendapatkan pekerjaan lebih besar.
Baca juga : Lulus SMA Kerja PHK Sekarang Dagang Sebuah Kisah Nyata

Merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib merupakan hal yang wajar namanya juga ingin merubah nasib dari pada usia produktif hanya dihabiskan didesa tanpa melakukan sesuatau dan nyatanya banyak yang berhasil diperantauan.Namun demikian alangkah baiknya sebelum datang ke Jakarta persiapkan segala sesuatunya dengan baik diantaranya:


  • Pendidikan yang memadai minimal SMU atau sederajat.
  • Modal yang cukup selama tinggal di Jakarta
  • Rencanakan Tempat tiinggal sementara yang memadai
  • Mencari informasi sebanyak-banyaknya lokasi kawasan industri
  • Persiapkan persyaratan selengkap mungkin untuk melamar kerja seperti ijazah,KTP,Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK),sertifikat pelatihan bila perlu.


Satu hal yang perlu anda catat bahwa mencari pekerjaan di Jakarta dan sekitarnya tidaklah mudah karena banyak pesaingnya untuk itu sebaiknya anda jangan pilah-pilih dalam mencari pekerjaan,terima saja dulu apapaun pekerjaannya sebagai batu loncatan untuk mencari pekerjaan yang sesuai minat.  

12 comments:

  1. ditempat saya juga udah penuh di jalanan banyak banget ukm. khususnya bengkel, warung, tukang sate, potong rambut, tempat makan, dll. saking penuhnya, bengkel sama bengkel bisa saling berhadapan, penjual pulsa kanan kiri cuma 5 langkah aja penuh dengan penjual pulsa.

    hem.., kayaknya tempat saya udah penuh nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu masalahnya mau usaha didesa tapi sudah terlalu banyak sedangkan konsumennya itu itu saja

      Delete
  2. Ini kayaknya cocok banget buat saya yh kang, saya baru lulusan SMK nih.. namun belum keluar ijazah nya mungkin nanti jika sudah ada ijazah saya akan merantai ke jkarta ataupun cikarang yang banyak PT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran nih mas mau ke cikarang? Bisa ketemu saya dong

      Delete
  3. Memang benar mas di Jakarta lapangan pekerjaan tersedia lebih banyak dari pada di desa atau didaerah-daerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang keadaannya masih seperti itu mas

      Delete
  4. Tapi akibat banyaknya anak muda yabg bekerja ke kota, otomatis semakin sedikit yabg perduli dengan profesi bertani. Artinya bisa dibayangkan 20 tahun yang akan datang indonesia bakal darurat pak tani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya ini menjadi perhatian pemerintah kalau dibiarkan lama lama gak ada yg mau jadi petani bisa bisa impor beras

      Delete
  5. Sebenarnya menurut pendapat pribadi saya sih, seharusnya semua perekonomian jangan berpusat di DKI mas, nantinya malah pertumbuhan penduduknya meledak, dan sudah pasti makin sumpek. Pembangunan itu harusnya merata di seluruh wilayah Indonesia, nah itu baru mantap!! Lah ini semuanya terfokus di Jakarta, bagaimana menurut Mas Dwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sependapat mas harusnya pemerintah daerah menyediakan lapangan kerja dengan mengundang investor jadi warga daerah tak perlu ke Jakarta

      Delete
  6. Kerja dalam berwirausaha memang harus keluar dari kota sendiri kalau terlihat penuh atau ruang peluang sedikit. Apalagi ada persaingan. Kalau kerja ke orang di jakarta memang cukup diperhitungkan dari gaji umr aja udah naik beda dengan tahun yang lalu.

    Yang terpenting kita bisa memanfaatkan keahlian menjadi peluang penghasilan. Saya selain mengajar PKn juga, meruqyah, dan lainnya. Yang jangan satu kerjaan biar kita bisa menutupi segala kekurangannya.


    Kalau di Jakarta itu harus mampu bersaing, dan juga besar kebutuhan lebih tinggi. Betul itu ga mas?

    ReplyDelete
  7. Betul mas kalau sudah niat mau ke jakarta harus mau melakukan apa saja yang penting halal

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB