Tuesday, March 28, 2017

Koneksi Internet Hotspot WiFi Smartphone Lebih Cepat,Benarkah?

author photo
Koneksi Internet Hotspot WiFi Smartphone Lebih Cepat,Benarkah?-Gara-gara modem GSM 3G rusak munculah ide menggunakan koneksi internet Hotspt WiFi Smartphone. Awalnya sempat ragu bagaimana kecepatannya? Pakai modem USB saja lelet bagaimana kalau pakai smartphone melalui fitur tethering dan hotspot wifi digunakan untuk browsing menggunakan komputer? Namun apa boleh buat karena saya butuh koneksi internet secepatnya akhirnya saya coba menggunakan koneksi internet Hotspot Wifi Smartphone.

Koneksi Internet Hotspot WiFi
Hotspot Wifi Samsung
Sebelumnya saya belum pernah menggunakan smartphone sebagai modem tapi kalau menggunakan smartphone sebagai hotspot pernah tapi sebatas koneksi antara smartphone ke smartphone lainnya.Saya berpikir kenapa tidak mencoba mengkoneksikan smartphone dan komputer? Adanya fitur tethering pada smartphone memungkinkan mengkoneksikan smartphone dan komputer dengan media USB,Bluetooth atau Hotspot Wi-Fi.

Awalnya saya kesulitan mengkoneksikan jaringan internet dari smartphone kekomputer karena kebetulan komputer saya tidak ada bluetoothnya dan WiFinya praktis satu-satunya jalan adalah mengunakan tetehering USB namun setelah saya coba tidak bisa terkoneksi alias tidak terbaca oleh komputer.Timbulah ide untuk membeli perangkat Wifi portable USB karena saya akan lebih mudah mengkoneksikannya.

Baca juga :
Batal berlangganan Koneksi Internet WiFi Bertahan Pakai XL
Cara Mengaktifkan Koneksi Wifi Dikomputer Windows XP

Ternyata benar setelah saya membeli Wifi USB portable TP Link TL-WN725N seharga Rp.125.000 kemudian menginstal drivernya saya dengan mudah mengkoneksikan jaringan WIFI smartphone ke Komputer,Caranya sebagai berikut:

1.Aktifkan koneksi internet di smartphone sebagai contoh saya menggunakan Samsung Galaxy S3
 2.Buka pengaturan/Setting pada menu utama
3.Buka pengaturan lainnya-Tethering dan Portabel Hotspot
4.Aktifkan Hotspot Wifi.
5.Klik iKON apliaksi TP link TL WN725 N PADA taskbar.
6.Otomatis Sinyal Wifi /SSID jaringan Smartphone akan terdeksi dan berapa kekuatan sinyalnya.
7.Klik SSID jaringan kemudian connect.
8.Siap berinternet menggunakan hotspot smartphone.

Kembali ketopik bagaimana kecepatan akses internetnya dengan menggunakan hotspot smartphone? Berdasarkan pengalaman saya selama 10 hari menggunakan hotspot WIFI Samsung Galaxy terutama kecepatannya meningkat dibandingkan dengan jika saya menggunakan modem USB padahal sama-sama bekerja dijaringan 3G.

Menurut pendapat saya dari segi teknis ada perbedaan antara modem USB dengan smartphone yang ikut mempengaruhi kecepatan internet diantaranya:

1.Modem USB mengandalkan power/tegangan dari Komputer sedangkan smartphone menggunakan baterai internal sehingga penguatannya lebih baik.
2.Spesifikasi smartphone lebih lengkap misalnya menggunakan prosesor,RAM sehingga memiliki kinerja lebih baik dibandingkan dengnan modem USB yang chipnya terbatas.
3.Koneksi Wifi lebih cepat sebagai contoh Perangkat WIFI Portabel Tp Link TL-WN725N kecepatannya bsia mencapai 150 Mpbs dan cakupan frekuensinya  2.4 Ghz.
4.Daya tangkap sinyal lebih bagus karena smartphone memang dikhususkanuntuk berkomunikasi/telepon sehingga koneksi internetpun lebih baik berbeda dengan modem USB yang khusus menangkap sinyal internet.

Bukti kecepatan internet meningkat jika menggunakan koneksi hotspot WIfi adalah ketika saya mengupload video ke youtube jika menggunakan modem USB saya sering gagal upload karena memang sinyal internet ditempat saya kurang bagus Cuma 2 Bar namun ternyata ketika saya menggunakan koneksi internet Wifi dari hotspot Samsung Galaxy saya bisa sukses upload video.Berikut screen shot kecepatan ketika menggunakan modem USB dan ketika upload video dengan hotspot Samsung Galaxy S3.

Kesimpulannya berdasarkan percobaan yang saya lakukan akses intetnet Hotspot WiFi Smartphone lebih cepat dibandingkan dengan Modem USB namun perangkat yang digunakan dan kondisi sinyalnya ikut mempengaruhi kecepatan koneksi intetnet jika sumbernya sudah lemah pakai perangkat apapun akan tetap lambat koneksi internetnya.Semoga Bermanfaat!

This post have 11 komentar

avatar
Trik Pos delete March 28, 2017 at 9:11 PM

dulu saya punya USB khusus modem , tapi setelah tahu perbandingan kecepatan akses internet jika pake hotspot smartphone lebih cepat USB nya jadi nganggur mas....di kagak ada yang mau,,,,

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 28, 2017 at 9:41 PM

Berarti terbukti lebih cepat ya mas koneksi hotspot wifi

Reply
avatar
Trik Pos delete March 28, 2017 at 9:54 PM

ya betul saya rasa agak cepetan dikit hotspot pake smartphone , apa lagi smartphone yg sudah mendukung 4g, saya sengaja beli hp yg sudah support 4G yg murah murah mas khusus internetan di rumah, hotspot pake hp bagus khawatir kalau terlalu lama jadi panas trus rusak,,,,

Reply
avatar
Ahmad Zaelani delete March 29, 2017 at 2:34 PM

Saya jadi penasaran untuk mencobanya,,, Kalau share dari mode ke smartphone pernah,, hanya kalau sebaliknya Saya belum pernah mencobanya..

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete March 30, 2017 at 1:04 AM

Nice sharing mas. Dulu waktu di Cirendeu, saya selalu pakai modem hape kartu XL.. Tapi sekarang pakai modem Andromax M3Y. Semua tergantung sinyal sih. BTW, itu abis nomor 3, masa nomor 3 lagi mas...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 30, 2017 at 6:46 AM

Saya juga lagi naksir modem andromax mas kebetulan ditempat saya sinyalnya lumayan dan ada gerai smartfren jadi gampang registrasinya.Thanks koreksinya sudah diedit

Reply
avatar
Mang Lembu delete March 30, 2017 at 12:35 PM

sejak awal ngblog sampe sekarang pake Andromax yang didukung 4G makin makjleb ngblognya nih sayah mah

Reply
avatar
Indra Kusuma Sejati delete March 31, 2017 at 11:43 PM

Paling enak sih kalau menggunakan akses internet melalui koneksi hotspot wifi kang, jadi tidak kontal alngsung dan panas yang ditimbulkan dari model USB.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 2, 2017 at 8:10 AM

Nah itu kelebihan kalau pakai koneksi Wifi cepat dan tidak panas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 2, 2017 at 8:13 AM

Rencana saya juga mau pakai andromax mang...

Reply
avatar
Defi Purnama delete April 9, 2017 at 10:41 PM

Saya dari pertama ngeblog pakai smartphone mas soalnya kebetulan nggak punya yang namanya modem. Memang benar, pakai hotspot smartphone kecepatan lebih mantap, apalagi kalau smartphone kita sudah didukung jaringan 4G, tambah maknyos deh

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement