Friday, April 14, 2017

5 Kelebihan Yang Membuat Wifi Semakin Populer

author photo
5 Kelebihan Yang Membuat Wifi Semakin Populer-Hari Gini siapa yang nggak butuh Akses Intermet? Yups…Gaya hidup sekarang menuntut seseorang harus memiliki akses internet sebagai contoh ibu-ibu rumah tangga sekarang mainannya whatsApp sebagai alat untuk berkomunkiasi dengan ibu-ibu satu RT dengan cara mendirikan grup whatsApp.

5 Kelebihan Yang Wifi

Belum lagi yang suka mengunakan aplikasi yang harus terhubung dengan internet jadi intinya sekarang ini kalau nggak punya akses internet akan mati gaya.Itu baru untuk kegiatan yang tidak penting sedangkan untuk mereka yang memang pekerjaannya selalu berhunan dengan internet seperti pebisnis online atau internet marketing ketersediaan akses internet sudah tidak bisa ditawar lagi.

Baca juga :
Wi-Fi Singkatan dari Wireless Fidelity,Benarkah?
Cara Kerja Koneksi Internet Wifi
Koneksi Internet Hotspot  WiFi Smartphone Lebih Cepat,Benarkah?

Kebutuhan masyarakat yang besar akan akses internet tenyata tidak didukung fasilitas yang harganya terjangkau atau gratis.Paket-paket internet yang ditawarkan oleh ISP belum bisa dikatakan murah sebagai contoh paket bulanan dari salah satu operator untuk berlangganan paket bulanan dengan kuota 2 GB saja harus merogoh kocek Rp.60.000.

Tak heran jika kemudian sebagian masyarakat memilih akses internet alternatif yang kuotanya lebih besar bahkan unlimited dengan harga terjangkau jadi tidak hanya mengandalkan akses internet dari operator seluler besar.Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan koneksi intertet Wifi.Jika anda tinggal di Jakarta mungkin sudah tidak asing dengan Wifi.id atau jika didaerah anda ada Jasa Hotspot RT RW net anda bisa berlangganan kesana.

Akhir-akhir ini nama Wifi semakin berkibar seiring dengan kemajuan teknologi informasi dimana perangkat yang berhubungan dengan internet(jaringan) seperti smartphone,tablet,komputer atau laptop sudah ditanamkan fitur Wifi didalamnya.Dengan adanya Wifi memungkinkan perangkat tersebut terhubung dengan internet melalui tiik akses(Acces Point)/Hotspot.Munculnya generasi internet super cepat 4G LTE membuat akses internet tidak didominasi Modem USB namun sudah mulai beralih ke Mifi atau Router Portable.

Dengan adanya Mifi fungsi sebuah perangkat bisa berfungsi sebagai modem dan router sekaligus yang mampu memancarkan/membagi  koneksi data yang selanjutnay akan diterima client(ponsel/komputer) sehingga memungkinkan 1 akses internet digunakan bersama-sama layaknaya sebuah warnet.

Timbul pertanyaan kenapa pengguna internet lebih diarahkan memakai Mifi yang menggunakan wifi ketimbang Modem USB terbukti 2 operataor besar XL dan Smartfren sedang mempromosikan jaringan 4G melalui bundling Mifi? Faktanya ketika saya mencari modem USB 4G ditoko online variannya cukup tebatas dan harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan Mifi misalnya saja Mifi Smartfren M3Y dibanderol cuma 300 ribuan dengan bonus akses internet selama setahun penuh.

Menurut Analisa saya Koneksi internet WiFi memiliki 5 kelebihan yang membuat masyarakat lebih memilih menggunakannya sehingga membuat wifi semakin populer.Berikut ulasan selengkapnya:

1.Satu Akses untuk Semua.
Jika anda memiliki perangkat yang medukung wifi dan memiliki fitur hotspot portabel  anda bisa berbagai koneksi internet dengan perangkat lainnya yang sudah ada fitur wifinya meski daya pancarnya terbatas namun cukup untuk kebutuhan internet satu rumah.Bahkan jika anda membeli perangkat yang memang khusus untuk modem seperti mifi dari Smartfren Andromax M3Y mendukung sampai 32 koneksi pengguna secara bersamaan.Jadi anda tidak perlu berlanganan paket internet lagi untuk setiap perangkat tapi cukup satu untuk semua perangkat.Hal ini tidak akan anda dapatkan jika menggunakan modem yang tidak mendukung WiFi.

2.Instalasinya lebih simpel
Meskipoun titik akses/hotspot mampu menyambungkan akses intente beberapa perangakat sekaligus namun instalasinya sangat simple tanpa kabel karena sinyal/jaringan data dikirimkan melalui gelombang radio dengan frekusensi 2,4 Ghz.Jadi jangan samakan dengan jaringan internet yang ada diwarnet.

3.Pengguna tidak harus disatu tempat
Jika anda menggunakan koneksi internet wifi anda tidak harus berdiam disatu tempat tapi anda bisa berpindah-pindah misalnya dari ruang tamu ke teras,asalkan masih dalam radius yang bisa menjangkau sinyal wifi.Bahkan jika anda mau anda bisa menggunakan hotspot gratis ditempat-tempat tertentu yang memang menyediakannya.

Bahkan jika ada suatu daerah belum terjangkau jaringan internet sinyal internet dapat dikirimkan kedaerah tersebut menggunakan wireless router outdoor kemudian sinyal tersebut dapat ditangkap menggunakan wireless router outdoor dengan antena lalu sinyal tersebut diteruskan kepunguna internet.

4.Hemat Biaya
Bayangkan jika dalam satu kantor setiap komputer menggunakan modem sendiri-sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli modem dan langganan internet.Dengan Koneksi internet wifi cukup membuat 1 titik akses bisa digunakan untuk semua komputer.Begitu pula dalam sebuah rumah cukup menggunakan hotspot portable atau mifi bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga.

5.Banyak perangkat yang mendukung Wifi
Hampir sebagian besar komputer,laptop atau ponsel sudah memiliki fitur Wifi sehingga semakin banyak yang memanfaatkan koneksi internet wifi.Bahkan jika komputer anda belum mendukung wifi anda bisa membeli Wifi adapter Portabel yang harganya cukup murah.Oleh Karena itu jika anda memiliki akses internet anda bisa dengan mudah berbagi koneksi internet dengan perangkat lain.

Demikianlah analisa saya seputar 5 kelebihan yang membuat WiFi semakin populer di Negeri tercinta ini.Anda memilik analisa lain silahkan bagikan disini!

This post have 6 komentar

avatar
Maman Achman delete April 14, 2017 at 12:44 PM

Dengan 5 kelebihan yang di miliki Wifi, semakin banyak orang yang menggunakannya.. ini sebagai solusi untuk mengatasi koneksi internet yang lelet yang sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari.

Reply
avatar
Penghuni Enam Puluh delete April 14, 2017 at 3:06 PM

asik bgt ya kalo nongkrong di tempat yg ada wifinya, trs sambil ngopi...skrg jamannya internet

Reply
avatar
Defi Purnama delete April 14, 2017 at 6:32 PM

Wifi sekarang ini memang makin populer mas, bahkan warung kopi sekarang dapat dikatakan ketinggalan zaman kalau nggak menyediakan fasilitas wifi

Reply
avatar
Djangkaru Bumi delete April 14, 2017 at 6:38 PM

Perangkat komputer saya belum mendukung WIFI, dan memang harus membeli perangkat tambahan. Tapi enteh kenapa saya masih suka pakai yang model lama, karena pertimbangan saya adalah lebih aman kuota internetnya. Takut dihack orang, nanti jadi boros deh.

Reply
avatar
Maya delete April 15, 2017 at 6:38 AM

ini aku banget, pernah kejadian kesulitan mengakses net serasa berada di dunia terasing
sekarang Wifi memang sudah menjamur, di bis, warung kopi, masjid, sekolah, pokoknya sudah menjadi sesuatu deh

Reply
avatar
Mang Lembu delete April 15, 2017 at 6:56 AM

maka jika blogger belum pake WIFI pribadi seperti yang udah saya pake ini, ngblognya jadi susah dan akhirnya nggak populer deh

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement