Skip to main content

Anak Sekarang Lebih Suka Ke Warnet Daripada Bermain Bersama Teman

Anak Sekarang Lebih Suka Ke Warnet Daripada Bermain Bersama Teman-Pernahakah anda mengunjungi warnet? Coba anda tebak kebanyakan pengunjungnya dari kalangan mana? Anak-anak usia sekolah bukan? Tak bisa dipungkiri perilaku anak-anak sekarang sudah mulai berubah jika zaman kecil saya dulu lebih banyak menghabiskan waktu bermain bersama teman sebaya misalnya main sepak bola,cari ikan disungai atau main layang-layang.Baca juga : Permainan Burung Merpati Masih Jadi Favorit Anak-Anak

Warnet Game Online

Tapi sekarang jarang saya temukan anak-anak bermain bersama lagi kebanyakan lebih memilih bermain ke warnet untuk main game online.Kebetulan didekat rumah saya banyak sekali warnet dan rata-rata pengunjungnya dari kalangan anak-anak sekolah.Saya tahu karena sesekali juga saya pergi kewarnet walaupun nggak ngenet cuma mau nge-print doang.Harus saya akui anak zaman sekarang melek teknologi nggak seperti zaman saya kecil dulu paling banter main ding dong(Game yang pakai koin).

Bahkan warnet sekarang ini sudah menjadi tempat tongkrongan anak sekolah apalagi kalau malam minggu bisa bergadang.Kebetulan saya memiliki tetangga usia anak SMK yang tiap hari setelah pulang sekolah menghabiskan waktunya diwarnet.Namun teknologi juga berefek negatif terhadap pergaulan anak-anak mereka jarang berinteraksi dengan teman sebayanya sehingga jiwa sosialnya kurang peka dan jika terlalu sering tidak baik juga untuk kesehatan.

Bandingkan zaman dulu setiap sore anak-anak sering bermain bola bersama bahkan kadang bertanding dengan kelompok anak-anak lainnya makanya dulu ada turnamen sepak bola ayam cup yang hadiahnya ayam meskipun hadiahnya cuma ayam tapi jadi tontonan yang menarik dimasa itu.Selain itu setiap malam minggu anak-anak sering berkumpul entah untuk minum bajigur bareng-bareng atau main gitar bareng pokoknya banyak teman.Zaman itu kalau ada anak yang jarang main bareng disebut kuper.

Untuk menghindari efek negatif dari seringnya bermain warnet dibutuhkan peran orang tua untuk selalu mengawasi dan membatasi apalagi anak bisa mengakses apa saja dari internet.Dorong mereka untuk lebih banyak berinteraksi dengan teman sebayanya misalnya bermain sepak bola atau futsal bisa juga dengan belajar bersama.Jangan biarkan anak-anak kita terlalu bebas mengakses internet diwarnet karena namanya juga anak-anak selalu penasaran dengan sesuatu yang baru.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar