Skip to main content

Moci Budaya Unik Minum Teh Wong Tegal

Moci Budaya Unik Minum Teh Wong Tegal-Minum teh tubruk atau teh celup mungkin sudah biasa bagi anda tapi pernahkah anda minum teh dengan menggunakan poci dan cangkir (gelas kecil) yang terbuat dari tanah liat? Bagi wong tegal minum teh menggunakan poci tanah liat sudah menjadi budaya kalau tidak percaya datang saja ke Tegal hampir sebagian besar rumah makan disana menyediakan menu minuman teh dengan poci tanah liat atau istilahnya moci.

Poci khas tegal
Poci tanah liat khas Tegal ( Source )

Kebetulan saya asli Tegal jadi tahu persis budaya moci ini.Bagi wong Tegal minum teh manis sudah menjadi budaya hampir sebagian besar wong Tegal gemar minum teh manis temasuk saya bahkan sudah turun temurun dari kakek dan orang tua.Minum teh biasanya dilakukan pada pagi hari atau sore hari walaupun tidak selalu menggunakan poci yang terbuat dari tanah terkadang memakai poci keramik atau alumunium.

Budaya moci ini sangat unik karena tidak akan dijumpai didaerah lain.Selain menggunakan poci yang unik cara menyajikan tehnya juga berbeda jika umumnya mengunakan gula pasir tapi untuk moci umumnya menggunakan gula batu yaitu gula yang berbentuk kristal dan tidak perlu diaduk selain itu karena menggunakan cangkir isinya tentu sedikit sehingga perlu dituang air tehnya lagi itulah mengapa cocoknya menggunakan gula batu karena tidak perlu bolak balik memasukan gula karena gula batu tidak cepat larut.
Baca juga : Loket Unik Indonesia Banget

Acara moci ini paling enak kalau dilakukan ramai-ramai bersama teman atau kerabat sambil ngemil tahu aci khas Tegal atau kacang asin.Keunikan lainnya dari moci ini adalah poci tanah liat tersebut dipercaya semakin sering digunakan maka rasa tehnya akan semakin nikmat karena biasanya lama kelamaan akan menimbulkan kerak yang berwarna hitam dan ini tidak dibesihkan hanya di”kocakin” (dibilas) air bersih sehingga menimbulkan aroma tersendiri.

Teh yang digunakan juga umunmya menggunakan teh asli dari Tegal misalnya Teh Poci,Gopek,2 Tang atau Tong Tji yang rata-rata beraroma melati karena memang Tegal terkenal dengan produksi tehnya.Bagaimana anda tertarik untuk moci ? Datang saja ke Tegal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar