Skip to main content

Yuk! Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

MEDIAKOMPILASI.COM,Bekasi-Sensus ekonomi 2016 mulai dilakukan diperumahan Griya Asri 2 Sumberjaya Tambun Bekasi.Hal tersebut ditandai dengan datangnya petugas sensus ekonomi kerumah warga termasuk kerumah saya kemarin 5 mei 2016.Sambil memperkenalkan diri petugas sensus menjelaskan kedatangannya yaitu dalam rangka sensus ekonomi 2016.

Sensus Ekonomi 2016
Petugas sensus menginput data

Bagi saya ini merupakan pengalaman pertama kali berpartisipasi dalam sensus ekonomi.Menurut keterangan petugas yang bernama Samino sensus ekonomi ini dilakukan setiap 10 tahun sekali.Setiap petugas sensus ditunjuk langsung oleh BPS daerah melalui seleksi dan tranning terlebih dahulu.Dalam menjalankan tugasnya petugas sensus ekonomi ini dibekali surat tugas,seragam kerja yang berupa rompi,topi dan tas jadi tidak sembarangan orang.

Setelah mempersilahkan masuk petugas sensus ekonomi yang kebetulan masih warga perumahan saya ditanya nama,nama usaha,pengeluaran usaha per bulan dan pendapatan usaha per bulan jadi pertanyaannya tidak banyak,sensus kemudian diakhiri dengan tanda tangan.

Menurut BPS (Badan Pusat Statsitk) melalui laman bps.go.id menjelaskan sensus ekonomi ini berlangsung dari tanggal1 hingga 31 Mei 2016.Tujuan diadakannya sensus ekonomi ini adalah untuk memperoleh informasi yang sebenarnya perekonomian bangsa sebagai dasar untuk penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Cakupan dari sensus ekonomi ini adalah seluruh usaha/perusahaan non pertanian yang mencakup beberapa sektor.Hal ini juga dijelaskan oleh petugas sensus yang mendatangi rumah saya bahwa tidak semua rumah disensus hanya bagi mereka yang  memiliki usaha sedangkan karyawan atau pegawai tidak ikut disensus.Kebetulan saya memiliki usaha toko sembako jadi ikut disensus ekonomi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar