Skip to main content

Content Writer vs Webmaster Mana Lebih Untung?

Content writer vs webmaster 2 profesi ini jika ditekuni serius akan mendatangkan penghasilan yang menjanjikan namun Masing-masing profesi memiliki kelebihan dan kekurangan.Content writer kerjanya relatif mudah hanya menulis artikel sedangkan webmaster  kerja nya mengelola  blog(website).

Jika anda hobi menulis atau ingin berbisnis internet dengan modal tulisan, pekerjaan sebagai Content writer vs webmaster merupakan pilihan tepat karena banyak peluang bagus yang akan anda dapatkan baik secara fulltime atau part time.
Baca juga : Tawaran Job Review Akhirnya Datang Juga Surprise !

Content Writer

Ada hal yang menarik jika membahas profesi Content writer vs webmaster ini yaitu Content writer bisa merangkap menjadi webmaster begitu juga sebaliknya. Jika anda mampu menekuni keduanya secara bersamaan saya yakin peluang kesuksesan dibisnis internet semakin terbuka lebar.

Namun apapun profesinya menekuni satu pekerjaan tentu akan lebih baik daripada menekuni beberapa profesi sekaligus karena bisa lebih fokus.Lalu jika anda disuruh memilih mana profesi yang paling menguntungkan Content writer atau webmaster? Yuk diskusikan disini!

Content writer vs webmaster

Content writer (penulis artikel)
Kelebihan
-Kerjanya relatif sederhana yaiti hanya membuat artikel selanjutnya tinggal tunggu bayar an.
-Tidak memerlukan keahlian dibidang website seperti teknis blog, promosi ataupun seo.
-Resiko kecil
-1 kata kunci bisa untuk banyak artikel

Kekurangan
-Kualitas artikel harus baik dari segi ke orisinil nya, tata bahasa maupun gaya bahasa jika jelek tentu akan ditolak.
-Personal branding harus kuat
-Tidak bisa dijadikan passive income karena harus terus menulis kalau mau dapat penghasilan
-Harus aktif mencari  klien
-Wawasan harus luas tidak cukup menguasai satu bidang saja.
-Harus siap dikejar deadline.

Webmaster
Kelebihan
-Pennghasilan bisa dari berbagai sumber seperti adsense, iklan mandiri, job review atau jual produk bahkan blog laku untuk dijual.
-Bisa dijadikan passive income jika blog sudah mapan traffiknya artikel frekuensi update artikel tidak harus sesering seperti pada awal membangun blog.
-Dalam mengelola blog/website tidak harus ditangani sendiri bisa membayar orang sebagai penulis tetap , admin atau desainer blog sehingga tidak harus menulis artikel sendiri. -bisa mengelola lebih dari satu blog sehingga penghasilannya semakin banyak.

Kekurangan
-Butuh proses hingga blog bisa menghasilkan.
-Harus mengerti teknis blog/website seperti database, back up data, setting domain hosting, css, html,desain blog
-Butuh biaya untuk beli domain,hosting,promosi ,beli artikel
-Persaingan ketat
-Rawan serangan hac ker/sabotase
-Artikel rawan diplagiat blog lain

Kesimpulannya menjadi seorang webmaster lebih menguntungkan dari pada content  writer jika dilihat dari potensi penghasilannya namun sayangnya besarnya penghasilannya sangat tergantung pada tingginya trafik atau peringkat blog tanpa trafik yang memadai rasanya sulit ntuk mendapatkan penghasilan yg memadai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar