--> Skip to main content

Cara Kerja Koneksi Internet WiFi

Cara Kerja Koneksi Internet WiFi-Saat ini berselancar diinternet memanfaatkan Jaringan Wifi bukanlah hal baru terbukti diinstansi pemerintah seperti rumah sakit,puskesmas,rumah makan bahkan praktek bidan menggunakan hotspot Wifi bahkan sebagiannya ada yang menggratiskan.Ditambah lagi teknologi perangkat komunikasi seperti ponsel android hampir rata-rata menanamkan fitur WiFi didalamnya.
Cara Kerja Koneksi Internet WiFi
Router Outdoor
Hal ini tidak terjadi ketika teknologi ponsel belum memiliki OS seperti Andorid transfer data masih mengandalkan Infra red dan Bluetooth.Namun sekarang semuanya menjadi lebih mudah tanpa berlanganan paket internet anda bisa tetap bisa menikmati internet gratis dengan cara mendatangi titik-titik hotspot gratis atau bisa juga berbagi koneksi dengan teman anda yang berlangganan paket internet yang memiliki fitur WiFi didalamnya.

Baca juga :
Koneksi Internet Hotspot  WiFi Smartphone Lebih Cepat,Benarkah?
Keuntungan Berlangganan paket Internet Jam  00.00-12.00
Cara Mengaktifkan Koneksi WIFI Dikomputer Windows XP

Tak pelak Teknologi Wifi semakin banyak dimanfaatkan mengakses internet baik untuk konsumsi pribadi,Instansi pemerintah ataupun bisnis seperti jasa koneksi hotspot berlangganan.Apalagi sekarang ini pelayanan publik seperti kependudukan atau kesehatan menggunakan sistem online yang tentunya butuh akses internet secara massal.Jadi jangan heran jika Gedung instansi pemerintah dilengkapi dengan Tower Jaringan WiFi.

Tak hanya itu operartor selulerpun tak mau kalah terbukti beberapa operator melakukan paket bundling untuk modem Mifi 4G seperti XL atau Smartfren dan tentu saja hal ini menjadi trend positif karena pengguna internet akan bertambah banyak dan semakin terbiasa menggunakan koneksi internet Wifi.

Timbul pertanyaan Bagaimana cara kerja koneksi Internet Wifi sehingga banyak pihak yang lebih memilih memanfaatkan Koneksi Internet WIfi? Padahal ada alternatif lainnya misalnya modem USB atau internet kabel semacam Indihome atau Firstmedia.Berikut ini informasinya:

Cara Kerja Koneksi Internet WiFi

Pasa dasarnya ada 2 komponen penting dalam sebuah jaringan internet Wifi,yaitu:

1.Access Point(Hot Spot)
Sebuah jaringan intent Wifi memerlukan Access point atau titik akses dimana dari titik ases inilah berbagi koneksi internet bisa dilakukan.Titik akses mendapatkan sumber internet dengan cara berlangganan ke ISP seperti Indihome atau operator seluler.Titik akses/hotspot dalam skala kecil cukup mengunakan smartphone yang ada fitur hotspotnya sehingga bisa berbagi koleksi internet ke smartphone atau ke komputer namun jumlah perangkat yang bisa terhubung terbatas pada 10 perangkat atau mungkin lebih sedikit tergantung tipe smartphonenya dan daya jangkaunya juga terbatas pada radius 20 meter.

Dalam skala yang lebih besar misalnya untuk 1 RT tidak cukup hanya menggunakan smartphone sebagai akses point(AP) namun harus menggunakan pemancar radio(Wifi Router Outdoor) dan menggunakan antena serta tower/tiangnya.Cara kerjanya hampir mirip dengan pemancar radio Fm bedanya akses point menyebarkan/mentransmisikan jaringan data bukan siaran radio.Jadi sumber internet yang sudah diterina titik akses akan disebar luskan atau dipancarkan melalui Wifi Router Outdoor.Contoh perangkat Wifi Router Outdoor :TP Link WA 5210 Atau TP Link WA 7210.Jika modem yang digunakan menerima sumber internet sudah mendukung konektor Rj45  sinyal internet bisa langsung diteruskan kepemancar yang kemudaian ditangkap oleh client(Penerima).

2.Client
Seuah titik akses/hostspot yang sudah aktif yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz (Bandingkan dengan radio FM frekuensinya 88 MHZ-108Mhz) sinyal jaringan datanya bisa ditangkgap oleh perangkat yang memiliki adaptor(driver) Wifi atau Wifi Portabel seperti Smartphone,komputer atau Laptop tanpa alat tambahan(Antena) atau penguat.Namun untuk menerima jaringan data dengan baik jarak antara perangkat penerima/client harus dekat dan tidak terhalang apapun (Loss).

Jika jarak Hotspotnya jauh sinyal yang diterima akan semakin lemah sehingga memerlukan peralatan penerima tambahan(Wifi router Outdoor) dan dipasang diketinggian yang memungkinkan akses point dan client dalam posisi sejajar/lurus dan loss.Dari Wifi router barulah bisa diteruskan ke Komputer/Laptop melalui konektor RJ45 dengan menggunakan kabel UTP tapi jika menggunakan ponsel,output dari Rj45 diumpankan dulu ke wifi router Indoor yang kemudian akan memancarkan jaringan data.

Demikianlah informasi seputar Cara kerja Koneksi Internet WiFI mudah-mudahan menambah wawasan anda seputar konsep dasar teknologi Wifi.Terima kasih sudah berkunjung. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar