5 Cara Mendatangkan Pengunjung ketoko online tanpa Ribet

5 Cara Mendatangkan Pengunjung ketoko online tanpa Ribet

MEDIAKOMPILASI.COM,5 Cara Mendatangkan Pengunjung ketoko online tanpa Ribet-Tantangan Terberat bagi pebisnis toko online (E commerce) adalah mendatangkan pengunjung ke website.Tidak seperti toko fisik yang bisa kelihatan, toko online adalah toko maya yang kehadiarannya hanya bisa dilihat jika pengunjung mengklik URL (Alamat Website) dan repotnya lagi harus bersaing dengan toko-toko online lainnya yang jumlahnya tentu tidak sedikit.

seo toko online

Mau tidak mau pemilik toko online harus melakukan segala cara agar bisa mendatangkan pengunjung dan cara yang termudah adalah mempromosikan keakun media sosial.Sayangnya cara ini harus dilakukan secara terus menerus dan konversinya kurang maksimal karena menawarkan ke pengunjung yang tidak tertarget contoh saya minatnya pada audio tapi saya sering ditawari produk herbal tentu saya tidak tertarik selain itu menawarkan produk melalui akun mesia sosial pribadi tidak selamanya disukai teman ada juga yang alergi jika ada status jualan apalagi terus menerus bisa-bisa justru di blokir teman anda sendiri.

Baca juga :


Lalu bagaimana cara mendatangkan pengunjung ketoko online tanpa ribet? Nah…pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman seputar permasalahan tersebut kebetulan saya sedang merintis toko online cetakan martabak mini.Usianya masih muda baru sebulan jadi masih jauh dari kata sukses namun begitu saya sudah berhasil mendatangkan pengunjung ke website toko online saya tanpa saya harus promosi keakun pribadi media sosial atau membayar iklan.Berikut informasi selengkapnya :

Cara Mendatangkan Pengunjung ketoko online tanpa ribet



1.Terapkan Tehnik SEO untuk web toko online Anda
Merupakan sebuah keuntungan yang besar jika web toko online anda bisa tampil dihalaman pertama Google oleh karena itu anda perlu menerapkan tehnik SEO sehingga apabila ada pengunjung internet yang mengetikkan kata kunci tertentu web toko online anda bisa tampil dihalaman pertama Google.

Sayangnya penerapan SEO pada toko online cukup rumit karena biasanya web toko online berisikan halaman statis tanpa artikel sehinga diperlukan tehnik SEO yang mumpuni namun anda tetap bisa menerapkan tehnik SEO minimal pada domain,judul website serta deskripsi.

Pilihlah domain yang mengandung kata kunci begitu pula pada judul web maupun deskripsinya.

2.Buatlah Blog gratisan
Untuk mendukung SEO toko online, Anda butuh satu atau beberapa blog dimana nantinya blog tersebut akan memberikan backlink ketoko online atau mengarahkan (Boost traffic) pengunjung ketoko online anda.Cara yang paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan blog gratisan seperti di blogger.com atau wordpress.com

Buatlah blog dengan nama domain,judul serta deskripsi yang mengandung kata kunci kemudian isilah blog tersebut dengan beberapa artikel yang mengadung kata kunci.Anda bisa membuat review produk atau artikel yang berhubungan dengan produk.

Selain itu anda juga bisa membuat blog berisikan tips atau artikel yang bermanfaat yang berkaitan dengan produk misalnya anda menjual produk kecantikan maka buatlah blog dengan tema kecantikan. Semakin banyak artikel yang  dibuat maka pengunungnya juga akan semakin banyak. Keuntungan jika membuat blog semacam ini adalah pengunjungnya tertarget  barulah setelah itu anda mempromsikan produk anda bisa melalui artikel atau banner.

3.Buatlah Halaman Facebook
Halaman facebook (Fanspage) ternyata cukup ampuh mendatangkan pengunjung ke toko online hal ini saya ketahui berdasarkan data dari Google analytics untuk itu buatlah halaman facebook segera setelah toko online Anda tayang diinternet.Buatlah nama fanspage sesuai dengan kata kunci produk toko online anda kemudian carilah follower sebanyak-banyaknya.

Hubungkan juga halaman facebook tadi dengan blog anda sehinga kemungkinan follower bertambah semakin besar.Setelah followernya banyak barulah anda promosikan produk anda melalui halaman facebook tadi.Ada hal menarik yang saya alami dimana halaman facebook selalu bertambah setiap harinya padahal blog yang saya hubungkan dengan halaman facebook tadi hanya berisi beberpa artikel dan trafiknya juga tidak banyak.

Selidik punya selidik ternyata halaman facobook tersebut masuk dihalaman 2 Google.Bayangkan jika halaman facebook tadi bisa tampil dihalaman satu? Siap-siap saja toko online ada kebanjiran pengunjung.

4.Promosikan produk melalui Artikel Marketing
Cara Mendatangkan pengunjung toko online yang cukup ampuh berikutnya adalah dengan artikel marketing. Buatlah artikel rewiew atau bisa juga tips yang berhubungan dengan produk anda kemudian dalam artikel tersebut disisipkan backlink ke web toko online anda kemudian pubikasikan ke blog atau website bisa milik sendiri atau orang lain.

Dengan cara ini maka akan ada aliran trafik yang mengarah ke toko online dan ini cukup bagus untuk seo toko online anda sehingga peluang tampil dihalaman pertama semakin besar karena backlink yang terdapat diartikel tersebut memberikan sinyal positif bagi mesin pencari Google karena bersumber dari dalam artikel (Rujukan).

Cara ini sering dilakukan oleh situs marketplace besar seperti bukalapak,tokopedia atau Blibli kebetulan saya sering menerima job artikel marketing dari situs-situs tersebut sehingga saya jadi tahu artikel marketing itu seperti apa.Saya sendiri karena memiliki beberapa blog sehingga saya bisa memanfaatkannya untuk menerbitkan artikel marketing untuk toko online saya.Sebagai contoh silahkan baca artikel marketing saya untuk Tokopedia, Tas Selempang Kulit Pria,Antara Fungsi danFashion

Bagaimana jika anda tidak memiliki blog? Tidak ada jalan lain kecuali anda membayar pemilik blog seperti saya untuk menerbitkan artikel marketing seperti yang dilakukan oleh situs marketplace diatas.Tarifnya fleksibel tergantung nego kepemilik blog tapi dari pengalaman saya paling murah Rp.50.000 per artikel dengan catatan artikelnya sudah disediakan oleh pemilik toko online.

5.Promosikan Produk melalui Video Youtube
Cara mendatangkan pengunjung toko online berikutnya dan caranya cukup mudah dan murah yaitu dengan mempromosikan produk toko online dengan membuat video review/Unboxing/Demo.Uploda video review produk anda ke Youtube jangan lupa selipkan kata kunci produk ke judul video,deskripsi maupun tag. Sisipkan juga URL toko online anda di deskripsi maupun videonya.

Buat Video dengan kualitas gambar terbaik,durasi lebih dari 5 menit,Thumbnail yang menarik serta narasi yang jelas.Untuk bisa mengupload videoYoutube anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu barulah membuat channel.


Demikanlah tutorial 5 Cara Mendatangkan Pengunjung ketoko online tanpa ribet Semoga bisa membantu kesuksesan bisnis toko online Anda dan Sukses Untuk Anda! Anda punya pengalaman lain silahkan share disini.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

10 komentar

kalau mau ga ribet lagi langsung serahkan jasa promosi mas he..he..

Balas

Enaknya sih gitu Mas, tapi Kalau Asal promosi tidak pake strategi takutnya konversinya kecil

Balas

langkah harus diaplikasikan, supaya toko olnya cepet rame

Balas

satu lagi, promosikan juga di grup2 sosmed, seperti grup WA. pasti ada yang kecantol. hehehe

Balas

kalau saya juga sering promosi ke forum seperti kaskus, detik, dll

Balas

wah saya semuanya pakai blogspot nggak ada blog utama bang pingin juga sih beli domain satu hari nanti

Balas

halaman facebook penting ternyata..
saya loh bang belum punya halam facebook buat blog saya..ckckck

Balas

Saya udah bikin channel youtube untuk sekalian promo blog mang
tapi masih bingung mau di isi apaan -_-

Balas

saya belum punya halaman facebook bang.. mau bikin tapi jelas tidak teroptimasi..

Balas

Bikin saja mas untuk memperkuat Branding Blog, Kalau followernya banyak bisa jadi duit

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan