Rahasia Sukses Bisnis Toko Online,Fokus Pemasaran

Rahasia Sukses Bisnis Toko Online,Fokus Pemasaran

MEDIAKOMPILASI.COM,Rahasia Sukses Bisnis Toko Online,Fokus Pemasaran-‘Bikin website toko online Sih Gampang,yang Susah itu mendatangkan pembelinya…!” itulah pendapat seorang teman bloger tentang toko online.Tak salah memang pendapat tersebut namun hal itu bersifat subyektif artinya tergantung siapa yang menjalankannya buktinya teman saya yang lain ada juga yang sukses jualan online meski hanya bermodalkan Blog.

Pemasaran Toko Online

Saya sendiri masih menganggap jualan online itu susah dibandingkan dengan jualan secara offine kebetulan didunia nyata saya berbisnis kuliner.Bagaimana saya tidak beranggapan seperti itu,Saya mangkal selama 1 jam saja langsung dapat duit.Beda dengan toko online meski website toko onlinenya sudah jadi tidak serta merta ada pembeli langsung butuh proses bahkan kadang sampai berbulan-bulan baru “pecah telur”.

Beberapa kali saya mencoba buka toko online tapi selalu gagal.Meski demikian saya akan selalu mencoba sampai berhasil apalagi profesi saya seorang bloger tidak terlalu sulit untuk membuat toko online meski tidak sebagus toko online besar.

Menurut saya jika akan membuat toko online setidaknya harus melakukan 6 langkah-langkah seperti dibawah ini :

  1. Menyiapkan produk/jasa yang akan dijual bisa produk sendiri atau belanja ke supplier.
  2. Beli Domain dimana domain itu ibarat sebuah toko dimana nantinya calon pembeli akan diarahkan ke domain tersebut contohnya bukalapak.com,tokopedia.com
  3. Berlangganan Hosting untuk menyimpan file-file toko online seperti gambar,themes,CMS dan lain-lain
  4. Menyiapkan Desain website toko onlinenya sesuai dengan kebutuhan mau menggunakan Ad to Cart,Landing Page atau berupa Blog.
  5. Launching toko online keinternet
  6. Pemasaran/Promosi Toko Online



Pertanyaananya kemudian apakah semuanya harus dilakukan sendiri? Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam bisnis internet tentu sulit untuk melakukannya tapi jika punya keahlian seperti seorang bloger bisa saja melakukannya sendiri tapi apakah harus demikan?

Sekedar berbagi pengalaman saya sendri belum lama ini melaunching toko online peralatan memasak cetakan7.web.id dan semuanya saya lakukan sendiri dan ternyata cukup menyita waktu terutama urusan desain website toko online mulai dari themesnya,logonya belum lagi sarana untuk promosi seperti banner iklan.

Baca juga :


Padahal sejatinya tugas utama seorang pebisnis adalah memasarkan produk dengan kata lain pemasaranlah yang di nomor satukan.Jika seorang pebisnis toko online lebih banyak mengurusi urusan teknis selain pemasaran sebetulnya kurang tepat.Saya jadi ingat pesan dari seorang pebsinis toko online sukses yang kebetulan saudara saya,’Jangan berkutat urusan teknis toko online tapi fokuslah pada pemasaran jika ingin sukses”.

Saudara saya ini memang dari urusan desain website hingga promosi dilakukan oleh orang lain jadi kerjaannya lebih banyak melayani Call to Action  pembeli.Memang sih bea operasionalnya jadi besar seperti untuk membayar karyawan,pasang iklan di Adword sampai ikut pameran namun hasilnya ternyata memuaskan.Bahkan saat ini popularitas toko onlinenya sudah bagus sehingga tinggal menunggu pesanan datang atau "repeat order".

Kesimpulannya Jika ingin sukses di bisnis toko online hendaknya lebih fokus pada pemasaran dengan kata lain bagaimana caranya mendatangkan pembeli ketoko online.Jangan sibukkan dengan hal-hal lain yang bukan bagian dari strategi pemasaran.Semoga Bermanfaat Sukses Untuk Anda !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

12 komentar

Marketing di internet itu tantangannya bnyk bngat, tetapi hrs trus di market biar jualan onlinenya tetap laris

Balas

Jadi rahasianya fokus pada pemasaran secara online dengan menguasai strateginya

sip setiap usaha pasti akan menghasilkan butuh kesabaran dan banyak belajar
tetap semangat pak semoga sukses dan lancar dengan bisnis apapun yang menjadi pilihan

Balas

Pemasaran memang hal terpenting dalam bisnis.. Ilmunya harus kita miliki.

Balas

Usaha apapun itu yg paling utama kunci sukses nya ya promosi (pemasaran), sama hal nya ngeblog, kalo mw blog nya rame ya promosi, kyk sekarang ini, biar blog (usaha) kita di kunjungi (liat) orang..
Yang penting di saat usaha sudah di atas kita mampu mempertahankan dan berusaha terus meningkatkan pencapaian..

Balas

Fokus pada pemasaran tapi terkadang tergoda untuk scrol facebok mas melihat status para master he..he..

Balas

persoalan perniagaan setelah semua produk telah siap pastinya soal pemasaran, maka dari situlah ada ilmu marketing, sama halnya jika ingin menaklukkan janda tapi malu atau takut ada ilmu pelet, demikian kurang lebih persamaannya bahwa pentingnya ilmu dalam perniagaan....#ehh

Balas

harus belajar tehnik closing via digital..
terlebih produk jasa, saya juga jualan produk jasa.. biasanya pendekatan ke client menggunakan tehnik pendekatan emosional.
susahnya klo jasa sih gtu, klo barang kan enak ya.. bisa dilihat wujud n bentuknya.

nice bang dwi, makin menambah wawasan saya setelah baca artikel ini.

Balas

Internet marketing memangpenting dalam pemasaran produk
apa lagi di era digital sekarang ini ya mang

Balas

Baru tahu nih kalo mas Dwi punya toko online. Jual alat masak pula.

Waktu saya jualan kue. Saya pasarkan lewat Facebook aja dan alhamdulillah banyak pelanggan. Jadi kangen jualan lagi.

Balas

butuh proses dan pengalaman, semoga sukses kang

Balas

Soal pemasaran, ilmu saya masih cetek, masih harus lebih serius mendalaminya...

Balas

Kalau berbisnis online tidak dapat dilakukan sendiri mas, harus ada mentor. Dan ini menurut saya wajib banget. Selain mentor juga mau belajar beberapa teknik dalam bisnis online seperti bagaimana memasarkan produk, gimana bikin orang mau keluarkan uangnya untuk kita tanpa paksaan, semua ada teknik dan caranya. Dan beberapa triknya pernah saya ulas di blog 😀😀.

Maaf mas promosi 😧😧 didelete boleh ko mas.

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan