Skip to main content

Rahasia Sukses Bisnis Toko Online,Fokus Pemasaran

MEDIAKOMPILASI.COM,Rahasia Sukses Bisnis Toko Online,Fokus Pemasaran-‘Bikin website toko online Sih Gampang,yang Susah itu mendatangkan pembelinya…!” itulah pendapat seorang teman bloger tentang toko online.Tak salah memang pendapat tersebut namun hal itu bersifat subyektif artinya tergantung siapa yang menjalankannya buktinya teman saya yang lain ada juga yang sukses jualan online meski hanya bermodalkan Blog.

Pemasaran Toko Online

Saya sendiri masih menganggap jualan online itu susah dibandingkan dengan jualan secara offine kebetulan didunia nyata saya berbisnis kuliner.Bagaimana saya tidak beranggapan seperti itu,Saya mangkal selama 1 jam saja langsung dapat duit.Beda dengan toko online meski website toko onlinenya sudah jadi tidak serta merta ada pembeli langsung butuh proses bahkan kadang sampai berbulan-bulan baru “pecah telur”.

Beberapa kali saya mencoba buka toko online tapi selalu gagal.Meski demikian saya akan selalu mencoba sampai berhasil apalagi profesi saya seorang bloger tidak terlalu sulit untuk membuat toko online meski tidak sebagus toko online besar.

Menurut saya jika akan membuat toko online setidaknya harus melakukan 6 langkah-langkah seperti dibawah ini :

  1. Menyiapkan produk/jasa yang akan dijual bisa produk sendiri atau belanja ke supplier.
  2. Beli Domain dimana domain itu ibarat sebuah toko dimana nantinya calon pembeli akan diarahkan ke domain tersebut contohnya bukalapak.com,tokopedia.com
  3. Berlangganan Hosting untuk menyimpan file-file toko online seperti gambar,themes,CMS dan lain-lain
  4. Menyiapkan Desain website toko onlinenya sesuai dengan kebutuhan mau menggunakan Ad to Cart,Landing Page atau berupa Blog.
  5. Launching toko online keinternet
  6. Pemasaran/Promosi Toko Online



Pertanyaananya kemudian apakah semuanya harus dilakukan sendiri? Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam bisnis internet tentu sulit untuk melakukannya tapi jika punya keahlian seperti seorang bloger bisa saja melakukannya sendiri tapi apakah harus demikan?

Sekedar berbagi pengalaman saya sendri belum lama ini melaunching toko online peralatan memasak cetakan7.web.id dan semuanya saya lakukan sendiri dan ternyata cukup menyita waktu terutama urusan desain website toko online mulai dari themesnya,logonya belum lagi sarana untuk promosi seperti banner iklan.

Baca juga :


Padahal sejatinya tugas utama seorang pebisnis adalah memasarkan produk dengan kata lain pemasaranlah yang di nomor satukan.Jika seorang pebisnis toko online lebih banyak mengurusi urusan teknis selain pemasaran sebetulnya kurang tepat.Saya jadi ingat pesan dari seorang pebsinis toko online sukses yang kebetulan saudara saya,’Jangan berkutat urusan teknis toko online tapi fokuslah pada pemasaran jika ingin sukses”.

Saudara saya ini memang dari urusan desain website hingga promosi dilakukan oleh orang lain jadi kerjaannya lebih banyak melayani Call to Action  pembeli.Memang sih bea operasionalnya jadi besar seperti untuk membayar karyawan,pasang iklan di Adword sampai ikut pameran namun hasilnya ternyata memuaskan.Bahkan saat ini popularitas toko onlinenya sudah bagus sehingga tinggal menunggu pesanan datang atau "repeat order".

Kesimpulannya Jika ingin sukses di bisnis toko online hendaknya lebih fokus pada pemasaran dengan kata lain bagaimana caranya mendatangkan pembeli ketoko online.Jangan sibukkan dengan hal-hal lain yang bukan bagian dari strategi pemasaran.Semoga Bermanfaat Sukses Untuk Anda !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar