Sabtu, 23 Juni 2018

Review Cetakan Martabak Manis Ukuran 10/12

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM - Review Cetakan Martabak Manis Ukuran 10/12 –  Bagi Anda yang ingin merintis bisnis martabak manis salah satu peralatan penting yang wajib Anda miliki adalah cetakan atau Loyang. Berdasarkan pengalaman saya umumnya pedagang martabak manis menggunakan cetakan martabak manis berbahan besi baja ketimbang bahan lain seperti alumunium.

Cetakan Martabak Manis

Cetakan berbahan besi dipercaya akan menghasilkan martabak yang bagus karena panasnya stabil artinya tidak cepat panas dan tidak cepat dingin. Sebagai pebisnis martabak manis saya pun tertarik untuk menggunakan cetakan martabak manis berbahan besi ini. Tujuannya selain untuk menambah varian martabak manis baru, saya juga punya keinginan untuk memperlebar sayap bisnis martabak manis seperti yang dirintis Anaknya Jokowi atau martabak Alim dimana ukuran loyangnya rata-rata besar dan menggunakan bahan besi.

Namun saya akan mencoba dari ukuran cetakan yang terkecil dulu bukan yang ukuran medium atau Jumbo pertimbanganya harganya lebih murah yang penting saya bisa menguasai tehnik mencetak martabak manis dengan cetakan berbahan besi dulu, sedangkan untuk ukuran yang lebih besar hampir sama caranya hanya jumlah adonannya yang lebih banyak. Bayangkan untuk ukuran medium harganya bisa mencapai 200 ribuan apalagi yang jumbo bisa mencapai 400 ribuan.

Baca Juga : Tips Sukses Membuat Martabak Manis Mengembang

Setelah mencari informasi kesana-sini akhirnya ketemulah ukuran cetakan yang akan saya beli yaitu ukuran 10 12. Jujur saja saya belum paham betul seluk beluk cetakan martabak manis yang bagus karena belum pernah beli. Saya sudah pernah memakai tapi sudah lama sekali waktu saya baru merantau ke Bekasi dan ikut dengan paman yang jualan martabak.

Beli cetakan martabak manis secara Offline

Awalnya saya ingin membeli secara online tapi urung saya lakukan, saya lebih memilih membeli cetakan martabak manis ukuran 10 12 secara offline di sebuah toko cetakan di kota Slawi Kab Tegal Kebetulan didaerah tersebut terdapat sentra perajin cetakan martabak manis sehingga harganya bisa lebih murah. Sayangnya saya lupa ,mencatat nama tokonya karena buru-buru yang pasti lokasi tokonya berada disepanjang jalan Slawi Procot dekat Pabrik Pil Kita.

Bobotnya lumayan berat

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal cetakan martabak manis berbahan besi semakin tebal akan semakin bagus itulah mengapa setelah saya membawa pulang cetakan yang sudah saya beli langsung saya timbang untuk mengetahui berapa bobot totalnya dan ternyata beratnya lumayan yaitu sekitar 2,1 Kg lebih berat jika  dibandingkan dengan cetakan yang dijual ditoko online yang hanya sektiar 1.6 Kg.

Cetakan Martabak Manis

Diameter totalnya mencapai 15 cm dengan ketebalan 1.5 cm sedangkan diameter dalam bagian bawah 10,5 cm dan diameter dalam bagian atas 12 cm jadi sesuai dengan deskripsinya 10 12. Dikedua bagian sisinya terdapat bagian besi yang menonjol yang berguna ketika akan mengangkat cetakan.

Oh ya jika Anda membeli cetakan martabak manis baru akan ada semacam guratan melingkar baik pada bagian sisi dalam maupun bawahnya jadi tidak licin seperti cetakan yang sudah lama dipakai. Cetakan martabak manis ukuran 10 12 ini dilengkapi dengan tutup cetakan berbahan stainless stell.

Berapa harganya? Tadinya penjualnya mematok harga Rp.60.000 tapi saya tawar Rp.50.000 dan dikasih. Harga itu temasuk murah karena sudah dilengkapi tutup cetakan jika dibandingkan dengan membeli secara online. Bagaimana AndaTertarik?

This post have 2 komentar

avatar
Adi Pradana delete 23 Juni 2018 11.48

Selamat bikin martabak mini mas, jangan lupa pesanan saya ya... Hehehe

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 24 Juni 2018 11.56

Siap Mas...yang coklat kan mas he he he

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement