7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan dan Tempat Beli Sepeda yang Murah

7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan dan Tempat Beli Sepeda yang Murah

MEDIAKOMPILASI.COM - Siapa yang tak kenal hobi yang satu, Gowes atau bersepeda. Penggemarnya berasal dari berbagai kalangan dan usia. Tua Muda Pekerja kantoran maupun wirausaha seperti tak mau ketinggalan untuk bersepeda. Memang bersepeda tidak sekedar gaya hidup namun memiliki segudang manfaat. Setidaknya ada 3 manfaat utama bersepeda yaitu: Menghemat uang karena kita tidak perlu membeli BBM di samping harga sepeda murah yang bisa kita beli (salah satunya) di toko online.

Sepeda Gunung

Kemudian manfaat yang kedua adalah untuk menjaga kebugaran baik fisik maupun mental, karena bukan rahasia lagi apabila bersepeda merupakan pilihan olahraga yang bisa menyehatkan jantung dan paru-paru serta otak di samping dapat membantu menjauhkan kita dari stres dan kecemasan.

Manfaat selanjutnya adalah untuk menjaga lingkungan agar bebas dari polusi.

Bersepeda bisa jadi alternatif olahraga yang paling cepat dan paling menyenangkan buat kamu yang selama ini malas berolahraga atau mager (males gerak). Pasalnya, dibandingkan dengan berjalan atau berlari, bersepeda jauh lebih ringan untuk dilakukan namun tetap bisa memberikan dampak yang tidak sedikit bagi kesehatan.

Untuk kesehatan, setidaknya ada 7 manfaat bersepeda yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah:

1. Rutin bersepeda bisa memperpanjang umur
Menurut salah satu studi pengendara Tour de France, bersepeda bisa memperpanjang usia. Dari studi tersebut ditemukan bahwa rata-rata usia mantan pembalap profesional bisa mencapai 81,5 tahun. Usia tersebut tentu saja jauh lebih tinggi dibandingkan dengan usia rata-rata masyarakat pada umumnya yang hanya 73,5 tahun. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata usia mantan pembalap hingga 17%.

Membeli sepeda gunung bisa jadi alternatif terbaik buat kamu yang ingin memiliki usia lebih panjang. Karena dengan menggunakan sepeda gunung kamu bisa berpetualang dan bersepeda dengan lebih tenang dan nyaman di medan-medan yang berat sekalipun.

2. Menurunkan resiko terkena kanker paru-paru dan colorectal
Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of American Medical Association menemukan bahwa, tingkat kebugaran orang-orang yang rutin beraktivitas atau berolahraga dan bersepeda ketika memasuki usia paruh baya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang tidak aktif secara fisik.

3. Orang yang bersepeda cenderung terlihat lebih menarik
Sebuah survei yang melibatkan 600 pria dan wanita yang dilakukan oleh The British Heart Foundation menemukan, sebagian besar orang menganggap pengendara sepeda jauh lebih cerdas dan lebih menarik.

4. Bersepeda bisa meningkatkan kesehatan jantung
Harga sepeda murah yang bisa kita dapatkan dengan mudah di toko online maupun di toko konvensional seharusnya bisa menjadi pelecut semangat buat kita untuk membeli. Atau, setidaknya memiliki satu sepeda di rumah untuk berolahraga atau sebagai alternatif alat transportasi yang bebas polusi.\

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise selama kurang lebih 5 tahun pada 1.511 subjek menemukan, bahwa mereka yang rutin bersepeda beresiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi hingga 31% dan memiliki jantung yang lebih sehat.

5. Menyehatkan otak dan menjauhkan penyakit alzheimer
Ketika memasuki usia senja banyak orang-orang tua yang terlihat mulai pikun atau mengalami penurunan kemampuan memori otak. Tapi dengan bersepeda, kita bisa melawan penyakit alzheimer maupun kepikunan.

Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Charles Hillman pada tahun 2007 selalu menunjukkan bahwa, olahraga maupun bersepeda bisa membantu mencegah alzheimer pada orang tua.

6. Bisa membantu memulihkan osteoarthritis maupun nyeri lutut dengan cepat
Jika kamu atau mungkin keluarga dan temanmu ada yang statusnya saat ini adalah pasien osteoarthritis maupun nyeri lutut, ini adalah kabar gembira buat mereka.

Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bersepeda adalah alternatif pengobatan terbaik yang bisa membantu mempercepat pemulihan nyeri lutut maupun osteoarthritis pada orang-orang tua.

7. Mengurangi polusi udara dan menghemat energi
Tidak bisa dipungkiri apabila kendaraan bermotor maupun mobil adalah penyebab utama polusi udara dan pemborosan energi (BBM). Dampak merugikan pada lingkungan tersebut seharusnya bisa kita tekan apabila mau membeli sepeda.

Sekalipun sepeda tersebut hanyalah sepeda murah yang desainnya kurang menarik dan hanya dapat digunakan sebagai alternatif transportasi untuk bepergian ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh.

Tempat beli sepeda yang lengkap dan murah


Kalau kamu sudah mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan pengaruh sepeda bagi lingkungan, kamu mungkin tertarik untuk membeli satu atau beberapa unit buat dirimu maupun keluarga.

Saya pribadi cenderung merekomendasikan kamu untuk membeli sepeda di toko online Bukalapak. Pasalnya, selain banyak sekali alternatif merek dan jenis sepeda murah yang bisa kamu bawa pulang, Bukalapak juga merupakan tempat yang tepat untuk berhemat. Karena harga sepeda yang mereka tawarkan sangat terjangkau di samping penawaran-penawaran menarik berupa diskon dan voucher serta gratis ongkos kirim.

Semoga Bermanfaat! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

banyak manfaat bersepeda, jadi lebih sehat

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan