Malas Edit Template Blog Begini Akibatnya

Malas Edit Template Blog Begini Akibatnya

MEDIAKOMPILASI.COM – Desain blog harus diakui memegang peranan penting bagi sebuah kemajuan blog apalagi diera algoritma Google yang semakin ketat. Desain Responsif menjadi sebuah keharusan ditambah lagi loading yang cepat dan desain yang enak dipandang mata [eye catching]. Berlomba-lombalah para blogger mencari template blog terbaik meski harus mengeluarkan biaya untuk membeli template blog premium.

Edit Template

Saya sendiri menyadari arti penting sebuah tampilan blog sehingga sudah sejak lama saya membeli template blog premium. Pilihan saya ada pada sebuah template buatan Kang Adhy Suryadi yang bertajuk KOMPIFLEXIBLE. Salah satu kelebihan template blog premium adalah gratis updatenya. Jadi jika template tersebut disempurnakan pembuatnya saya tidak perlu membeli lagi.

BACA JUGA : Media Kompilasi Ganti Template Demi Kenyamanan Pengunjung

Kang Adhy Suryadi menurut saya desainer template blog versi blogger yang rekomended salah satu alasannya adalah beliau rutin memperbaharui template buatannya sebagai contoh template Kompiflexible sudah 7 kali mengalami pembaharuan [Update] atau sudah versi 7.  Sehingga tampilannya makin oke.
Wajar kemudian template ini banyak penggunanya salah satunya blogger sukses Mas Timon.

Dampaknya semakin banyak bloger yang berminat pada template Kompiflexible. Nah…semakin laris sebuah template premium secara tidak langsung akan mengurangi keunikan dari sebuah template karena tampilannya banyak yang menyamainya.

Jalan keluarnya tentu saja mengedit template tersebut, sayangnya mengedit sebuah template itu tidak mudah meski sekedar mengubah warna template. Berbeda jika menggunakan template bawaan blogger cukup mudah mengedit template melalui ubah sesuaikan. Jalan keluarnya tentu bertanya kepada desainernya walaupun sebenarnya dalam pembeliannya tidak ada ada support untuk mengedit template namun jika pembuatnya baik hati akan diberi petunjuk cara mengeditnya dengan catatan sudah mengerti dasar-dasar template karena ngoprek sendiri kalau belum mengerti ya susah.

Sejak lama sebenarnya saya ingin mengedit template yang saya beli namun jujur saja saya paling malas kalau sudah masuk ke edit html template blog. Apalagi deretan hurufnya kecil -kecil dan banyak istilah html dan css yang membuat kepala puyeng. Akibatnya saya tak kunjung mengedit template sehingga tampilannya masih polos padahal template ini saya gunakan pada 4 blog saya, MEDIAKOMPILASI, DWISUWEBID, PALINGUNTUNG dan Audio terbaru.

Suatu saat saya berkunjung ke blog sahabat saya mas Anton, owner Maniak Menulis.com. Sahabat saya ini termasuk bloger yang produktif menulis dan memiliki segudang blog lain seperti Lovely Bogor, Pojok Menulis, LB Fotografi, Lingkungan Hidup, Maniak Potret, Celoteh Hijau, Ruang Cowok  dan masih banyak lagi.

Meski sibuk bekerja tak menghalangi sahabat saya ini meraih kesuksesan dari blog terbukti penghasilan dari Adsensenya lumayan besar sehingga bisa gajian tiap bulan, pantas kalau diberi gelar "Mastah". Meski sukses tapi beliau tetap rendah hati tidak suka pamer atau berlagak mastah.

Blog Maniak menulis ini ternyata baru saja mengganti template blog yang lama beralih ke Kompiflexible. Menariknya lagi tampilan blognya sudah sedikit berubah tidak seperti aslinya meskipun hanya pada bagian headernya saja. Warna headernya sudah berubah baik menu atas, menu navigasi bawah maupun pada title blog.

Nah…inilah yang sejak dulu saya inginkan jadi tampilannya tidak seperti aslinya meski warna headernya saja. Iseng-iseng saya bertanya melalui komentar bagaimana cara mengedit template seperti itu karena saya juga butuh. Tak disangka-sangka Mas Anton yang baik hati ini langsung merespon dengan mempublikasikan artikel tutorialnya langsung pada keesokan harinya. Mantul!  mantap betul sahabat saya ini.

Tutorialnya sangat lengkap sehingga saya tinggal ikuti instruksinya saja kalau mau mengedit template blog. Oh Ya Artikelnya Bisa Sobat Lihat Disini.

Disela-sela waktu ngeblog saya luangkan waktu untuk sedikit demi sedikit mencoba mengedit template Kompiflexible tapi melalui blog demo tidak langsung ke blog utama yang akan saya edit. Meskipun sudah ada tutorialnya tidak serta merta saya bisa langsung mengedit template karena saya harus mencari cari dulu lokasi kode Header serta mencari kode warna html yang cocok dengan selera saya, Kalau sudah berhasil baru saya mulai edit blog-blog lain. Rencananya 4 blog saya nantinya  warnanya headernya akan berbeda-beda.

Harapan saya semoga saja artikel ini dibaca oleh desainer template blog premium sehingga bisa menjadi masukan yang mana sebaiknya setiap template diberi dokumentasi seputar cara mengedit template tingkat dasar seperti merubah warna header, menghapus menu navigasi tertentu, mengganti/menghilangkan komentar dan lain-lain sehingga lebih memanjakan penggunanya.
\
Bagaimana nantinya desain blog-blog saya termasuk blog ini?   …Lihat saja nanti jadi selalu kunjungi blog ini ya!

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Aku punya 2 blog. Satunya gak keurus. Aduh,templateku aja pesan teman. Gak sanggup aku edit html.
Salut buat temannya, mas. Bisa ya mengurus banyak blog gitu plus masih bekerja.

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan