5 Keuntungan Menekuni Bisnis Blog YouTube Toko Online Sekaligus

5 Keuntungan Menekuni Bisnis Blog YouTube Toko Online Sekaligus

MEDIAKOMPILASI.COM – Pernah dengar saran kalau ingin sukses berbisnis sebaiknya cukup fokus 1 bidang saja? Memang sih dengan menekuni 1 bidang bisnis saja otomatis semua kemampuan akan dikerahkan agar hasil dari bisnis itu sesuai harapan. Faktanya tidak semua pebisnis bisa sukses meski hanya fokus pada 1 bisnis saja.
BISNIS BLOG YOUTUBE

Seperti yang saya alami, dulu saya berbisnis toko kelontong. Awalnya perkembangannya bagus tapi lama kelamaan bermunculan pesaing baru sehingga sangat mempengaruhi omset toko. Sayapun mulai tertarik terjun ke Bisnis Internet, media pertama yang saya coba adalah blog yang mulai saya rintis sejak tahun 2011.

Sayapun mencoba fokus pada bisnis blog pokoknya semua kemampuan saya kerahkan agar hasil dari ngeblog memuaskan. Faktanya hingga detik ini masih jauh dari kata sukses. Hingga akhirnya sayapun mencoba peruntungan lain melalui Youtube dan Toko Online. Hasilnya meskipun belum bisa dikatakan sukses namun sudah cukup bagus dalam pengertian sudah menghasilkan.

Saat ini boleh dibilang saya menekuni 3 Bisnis internet sekaligus yaitu Bisnis Blog (Adsense+Jasa Backlink), YouTube serta Toko Online Cetakan Martabak. Setelah saya menjalani ketiganya sekaligus saya menemukan keuntungan-keuntungan yang tidak saya dapatkan jika saya hanya menekuni 1 bisnis saja.

Nah…inilah yang akan saya coba bagikan kepada Anda khususnya teman-teman sesama blogger, harapannya bisa memberi gambaran bahwa menekuni beberapa bisnis sekaligus bukanlah kesalahan dan tetap bisa menghasilkan asalkan mampu mengelolanya dengan baik. Dengan kata lain ada keuntungan tersendiri jika anda menekuni beberapa bisnis sekaligus.

Namun karena saat ini saya menekuni bisnis blog, Youtube dan Toko Online maka saya hanya akan berbagi inforamsi seputar hal tersebut. Berikut Informasi selengkapnya :

Kentungan Menekuni Bisnis Blog YouTube Toko Online Sekaligus


1.Mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber

Pengalaman saya ketika menekuni 1 bisnis, jika bisnis tersebut sedang sepi otomatis penghasilanpun menyusut. Berbeda keadaannya setelah saya menekuni 3 bisnis sekaligus. Disaat penghasilan dari Blog sedang menurun atau sepi Job disisi lain saya tetap mendapatkan penghasilan dari YouTube atau Toko Online.

Bahkan kalau sedang mujur dari ketiganya saya bisa dapat duit bersamaan sebagai contoh bulan Januari 2019 lalu, saya bisa gajian dari Adsense Blog dan Adsense YouTube. Selain itu saya juga dapat orderan cetakan martabak mini. Gurih bukan?

Hasilnya akan semakin bertambah jika saya mampu memaksimalkan ketiganya misalnya memperbanyak artikel, memperbanyak video serta gencar melakukan promosi toko online.

2.Pemanfaatan Waktu lebih Maksimal

Dulu saat saya hanya menekuni blog terkadang ada masanya dimana saya mengalami kejenuhan dalam menulis sehingga memilih istirahat menulis dulu tapi dengan menekuni 3 bisnis sekaligus saya bisa melampiaskan kebosanan menulis ke pembutan video Youtube atau optimasi toko online.

Sehingga saya merasa waktu luang saya tidak terbuang percuma. Saya bisa bergantian mana yang akan saya urus, bahkan terkadang saya bisa menulis artikel sekaligus membuat video. Hal ini bisa terjadi karena memang membuat video itu tidak serumit membuat artikel, Jika membaut artikel orisinil saya harus berjam-jam didepan komputer kalau membuat video 5 menit saja jadi. Kecuali jika ingin mengeditnya memang prosesnya lebih lama.

3.Meningkatakan Potensi Diri

Setiap orang sebenarnya memiliki potensi bisnis Cuma terkandang tidak mau mewujudkannya Cuma rencana-rencana saja. Padahal dengan menekuni sebuah bisnis Anda akan tahu seberapa besar potensi tersebut apakah layak untuk dikembangkan atau tidak.

Sebagai contoh saya sendiri pertama kali saya ingin mengetahui potensi saya dibidang tulis menulis sehingga terjun ke blog dan ternyata saya mampu menghasilkan uang dari Blog meski jauh dari kata memuaskan. Kemudian saya mencoba potensi diri dalam dunia Create Video atau YouTube meski awalnya saya merasa minder. Toh akhirnya saya tahu kalau saya Bisa menjadi seorang creator video dan menghasilkan uang darinya.

Jadi kalau memang terbuka kesempatan bisnis lain kenapa tidak mencobanya? Apalagi jika bisnis tersbut tidak perlu banyak modal. Siapa tahu bisnis tersebut justru lebih sukses dari Bisnis lainya yang anda jalani.

4.Meningkatkan Personal Branding

Dengan menekuni sebuah bisnis maka orang akan memberi nilai lebih terhadap diri anda sehingga akan menimbulkan kepercayaan atau meningkatkan personal branding. Jika Anda menekuni Bisnis internet seperti bisnis tanam backlink, jualan online atau bisnis jasa personal branding akan bermanfaat bagi perkembangan bisnis tersebut.

Sebagai contoh saya berjualan online cetakan martabak mini, sebagian besar pembeli percaya membeli Ke saya karena saya menunjukkan pada calon pembeli kalau saya punya bisnis martabak mini. Contoh lain saya bisa gajian dari Youtube suatu saat jika saya menawarkan produk digital yang berhubungan dengan pembuatan video seperti aplikasi atau template youtube art, end screen dan lain-lain peluangnya lebih besar.

5.Saling Mendukung

Blog, Youtube dan toko Online itu sebenarnya saling berkaitan erat. Sebuah blog bisa dijadikan alat untuk mempromosikan channel YouTube begitu juga sebaliknya dan bisa juga digunakan untuk mempromosikan toko online. Dengan saya menekuni Blog YouTube dan Toko Online bisa diibaratkan 1 dayung 3 pulau terlampaui artinya untungnya dobel.

Saya sendiri merasakan keuntungan tersebut sebagai contoh saya bisa mendatangkan pembeli toko online dari video Youtube saya atau saya bisa membuat review produk /tips yang ternyata mendatangkan penonton. Saya juga bisa menulis artikel yang idenya dari bisnis toko online serta video yang saya buat. Terbukti saling mendukung bukan?

Demikianlah informasi seputar 5 Keuntungan Menekuni Bisnis Blog YouTube Toko Online Sekaligus berdasarkan pengalaman pribadi. Bisa jadi berbeda dengan pengalaman Anda. Silahkan tambahkan jika anda memiliki pengalaman lain. Semoga Bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan