Skip to main content

Blog Tidak Bisa Diakses Akibat Gangguan DNS

DNS

MEDIAKOMPILASI.COM – Apa jadinya jika sebuah domain tidak bisa diakses? Itu artinya domain atau hosting sedang mengalami gangguan atau Down. Bagi pemilik blog atau pebisnis online yang memasarkan melalui website atau Landingpage tentunya ini sebuah kerugian karena blog atau website tidak bisa diakses sama sekali.

Kerugian juga akan terasa bagi pemain Adsense atau semacamnya karena dengan gangguan tersebut mengakibatkan trafik terhenti sehingga penghasilanpun ikut terhenti. Bagi pemilik blog baik yang Amatir maupun Pro mungkin sudah tidak kaget lagi jika ada blog yang down apalagi blog yang menggunakan hosting berbayar.

Namun berdasarkan pengalaman saya blog yang hostingnya menggunakan blogger atau custom domain jarang sekali Down atau Error contohnya blog ini yang usianya sudah 4 tahun begitu pula dengan 4 blog Custom domain blogger lainnya. Sehingga sayapun beranggapan kalau domain yang hostingnya di blogger lebih aman dan jarang Down.

Baca Juga : Keuntungan Memilih Domain Bukan Nama Pribadi

DNS Bisa Menyebabkan Blog Down

Anggapan semacam ini ternyata terpatahkan dengan kejadian Down-nya blog Media Kompilasi. Awalnya saya tidak mengetahui kalau blog ini tidak bisa diakses kebetulan saya sedang tidak aktif diblog ini. Namun ada seorang teman blogger yang Japri melalui WA kemarin 18 Agustus 2019 sekitar jam 12.10 yang menanyakan Apakah blog ini domainnya expired? Kok Tidak bisa diakses.

Kebetulan saya sudah melakukan perpanjangan domain ini sejak April 2019 lalu jadi saya heran kok blog saya domainnya bisa expired? Penasaran sayapun mengecek langsung dengan mengetikkan domain ke browser dan Alangkah terkejutnya saya ternyata memang blog tidak bisa diakses dan hanya ada tulisan yang menjelaskan kalau domain mediakompilasi expired.

Saya langsung menebak kalau ada yang Error pada sistem Idwebhost, registar dimana saya membeli domain. Saya langsung PM ke nomor WA Idwebhost untuk menanyakan hal ini dan responnya cepat langsung mendapatkan jawaban. Menurut penjelasan CS IDwebhost ada gangguan atau kendala pada DNS (Domain Name System).

Saya dipersilahkan menunggu proses resolved-nya setidaknya 6-7 jam. Saya sebenarnya heran juga kok bisa DNS nya bermasalah karena saya tidak pernah merubah DNS nya dan yang error hanya domain mediakompilasi padahal ada 2 domain lain yang terparkir di IDWEBHOST. Tapi apa boleh buat saya Cuma bisa menunggu.

DNS sendiri merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk menyimpan informasi dari nama host maupun nama domain berbentuk basis data tersebar dalam jaringan komputer. DNS ini digubnakan untuk layanan nama domain jadi ketika pengguna internet mengetikkan URL Website dibrowser maka pengguna akan diarahakan ke IP address. Jadi kalau ada kendala ada DNS akan berpengaruh besar atau Error seperti yang saya alami.

Kendala ini ternyata juga dialami blogger lain yang domainnya parkir di IDwebhost, hal ini saya ketahui dari grup blogger jadi bukan hanya saya. Namun yang membuat saya agak panik ternyata ada teman blogger yang sudah bisa diakses lagi blognya sedangkan saya belum? Masa iya saya harus menunggu 6-7 jam?

Untungnya kecemasan ini segera berakhir karena sekitar pukul 15.30 Domain sudah bisa diakses kembali. Namun ternyata masih ada kendala berikutnya yaitu ketika ada teman yang akan mengakses mediakompilasi masih Error padahal dari Komputer maupun HP saya bisa. Sayapun kembali menghubungi CS Idwebhost untuk menayakan hal ini dan langsung mendapatkan jawaban.

Menurut Pihak IDwebhost masalahnya sudah teratasi, jika ada yang mengkakses tapi masih Error untuk mengatasinya dengan cara clear browser. Terbukti ketika seorang teman yang tadinya tidak bisa mengakses blog media kompilasi tapi setelah clear cache browser bisa mengaksesnya. Saya sebenarnya agak heran kenapa harus clear browser? Tapi saya percaya saja dengan penjelasan Idwebhost.

Dengan kejadian ini saya bisa mengambil hikmah sebagai pemilik blog jika ada masalah yang berhubungan dengan domain/hosting usahakan untuk segera menghubungi CS registar agar cepat ditangani masalahnya.

Semoga saja kejadian ini tidak terulang kembali karena jika blog down tidak baik untuk kesehatan blog. Dan Jika dikemudian hari ternyata trafik blog menurun drastis berarti masih ada yang tidak beres dan mungkin saya harus mulai memikirkan untuk transfer Domain keregistar yang lebih bagus atau jarang error DNS.

Semoga Bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar