Skip to main content

Kegiatan Fogging Melawan Virus Dengue Penyebab Demam Berdarah

fogging

MEDIAKOMPILASI.COM – Dalam rangka memberantas nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD), RW 10 Perumahan Mega Regency Serang Baru Bekasi mengadakan kegiatan Fogging atau penyemprotan nyamuk pada 19/4/2020. Kegiatan dilakukan menyusul beberapa warga yang terjangkit penyakit demam berdarah. Kegiatan Fogging ini dilakukan mulai pukul 09.00 hingga selesai.

Fogging merupakan cara yang cukup efektif untuk membasmi nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus penyebab penyakit demam berdarah. Selain melakukan fogging secara teratur masyarakat juga perlu menerapkan tindakan tambahan supaya nyamuk tidak berkembang kembali setelah fogging yaitu dengan gerakan 4M plus, menguras dan menutup tempat air serta bak mandi, mengubur barang bekas yang bisa menampung air, mengecek penampungan air yang dapat menjadi sarang nyamuk, menggunakan obat nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, dan lainnya

Kegiatan fogging akan efektif jika dilakukan pada saat nyamuk-nyamuk itu terbangun dari tidur, yaitu sekitar pukul 9.00 sampai 15.00. Jika dilakukan diluar waktu itu tentu tidak efektif karena nyamuk masih bersembunyi yang sulit dijangkau oleh asap fogging

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sejak Januari 2020 hingga hari Maret 2020 terdapat 17.820 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia. Jadi jangan anggap remeh penyakit ini tak kalah berbahaya dibandingkan virus corona yang juga mewabah di Indonesia dan negara lainnya. Bahkan dari ribuan kasus tersebut telah memakan korban jiwa sebanyak 104 orang meninggal.

Sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian khusus menghadapi penyebaran virus penyebab penyakit demam berdarah untuk menekan jatuhnya korban.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar