--> Skip to main content

6 Keuntungan dengan Transaksi Bursa Berjangka

Bursa Saham

Setelah Anda memahami ilmu dasar dari bursa berjangka. Maka kali ini, Anda bisa mulai mengetahui apa saja yang bisa diperoleh dari melakukan transaksi ini. Tentunya, keuntungan ini tidak bisa diperoleh pada jenis bursa yang lainnya. Apa saja keuntungan tersebut? Simak ulasan berikut hingga akhir ya!

1.Dapat Mengelola Risiko

Salah satu keuntungan yang diperoleh dari transaksi ini yaitu Anda dapat mengelola atas risiko yang diakibatkan dari pergerakan harga komoditi. Dengan adanya hal ini dapat membuat para investor dapat menjalankan kegiatan ini dengan tingkat kepastian yang lebih tinggi. 

2.Peluang Keuntungan Secara Dua Arah

Di dalam melakukan transaksi ini, keuntungan yang diperoleh yaitu adanya peluang keuntungan atau kerugian yang bisa diperoleh pada masing-masing pihak yang berkaitan. Hal ini bisa didapatkan pada saat terjadi kenaikan maupun penurunan harga komoditas. 

Biasanya hal ini terjadi pada saat adanya perubahan pada harga kontrak. Adanya perubahan tersebut sering dilakukan oleh para investor atau spekulator untuk meraup keuntungan yang besar. 

Baik spekulator maupun pelaku investor akan menjual kontrak berjangka pada saat harga aset kontrak akan turun. Kemudian akan melakukan pembelian lagi pada aset kontrak berjangka pada saat harganya rendah. 

Sedangkan apabila perkiraan harga akan terjadi kenaikan, maka investor dan spekulator akan melakukan pembelian kontrak terlebih dahulu. Mereka akan menjual lagi kontrak tersebut pada saat harga kontrak telah kembali dengan harga yang tinggi. 

3.Memperdagangkan Komoditi dengan Mudah

Kegiatan ini dapat memberikan para trader untuk bisa memperdagangkan komoditi yang dimiliki dengan nilai kontrak yang lebih besar dibandingkan dengan margin. Para trader menyebut kemampuan ini dengan istilah leverage. 

Adanya kemampuan yang menguntungkan ini tentunya dapat memberikan peluang yang besar bagi trader. Oleh karena itu trader bisa mendapatkan keuntungan lebih bersih dari modal yang telah dikeluarkan. 

4.Menjadi Lembaga Kliring

Keberadaan lembaga ini sangat penting dibutuhkan di dalam bursa berjangka. Hal ini dikarenakan kaitannya dengan bentuk penilaian kredibilitas pada sebuah bursa. Adanya kemampuan dalam menilai tersebut dapat memberikan penyelesaian transaksi atau nilai kontrak yang terjadi di dalam bursa. 

Tanggung jawab yang dimiliki yaitu dengan menyediakan segala macam fasilitas penyelesaian dari bentuk transaksi kontrak berjangka. Akan tetapi penyelesaian tersebut dilakukan tanpa adanya mempertemukan pihak penjual dan pembeli. 

5.Transaksi Komoditi di Pasar Likuiditas Tinggi

Keuntungan transaksi di bursa berjangka selanjutnya yaitu adanya transaksi komoditi yang mempunyai spesifikasi jelas. Spesifikasi tersebut menyangkut waktu pengiriman, kuantitas serta kualitas pada setiap komoditi. 

Dengan spesifikasi yang jelas tersebutlah yang dijadikan sebagai kontrak berjangka. Sehingga para trader bisa mendapatkan kemudahan untuk menikmati bentuk transaksi komoditi di dalam pasar yang likuid. 

6.Mekanisme Pembayaran Searah

Keuntungan yang terakhir yaitu ekosistem perdagangan yang diberikan telah terintegrasi. Hal ini mempunyai arti, bahwa penyerahan komoditi yang diberikan secara fisik dapat dilakukan secara konvensional melalui pembayaran searah. 

Kegiatan ini memberikan kewajiban penjual untuk segera melakukan pengiriman produk yang dijual apabila telah terjadi bentuk transaksi. Dengan demikian, produk komoditi dapat diterima oleh pembeli dengan waktu yang telah disepakati bersama. 

Bahkan, tidak hanya itu, dengan menggunakan sistem konvensional ini juga memberikan keamanan dan kenyamanan. Hal ini dapat diperoleh dalam proses perpindahan tangan dengan melalui mekanisme kontrak berjangka. Sehingga para penjual dan pembeli saling mendapatkan kenyamanan dalam proses transaksi.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan secara langsung hanya dengan bertransaksi di bursa berjangka. Cukup menarik bukan? Anda bisa menjadikan kegiatan ini sebagai pilihan untuk Anda berinvestasi. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar