--> Skip to main content

Resep Simpel Jambu Kristal yang Menyegarkan

Jambu kristal

Anda pasti sudah sangat familiar dengan jambu kristal. Jenis jambu biji yang awalnya berasal dari Taiwan ini tumbuh subur di Indonesia. Penyebarannya pun sudah sangat luas. Tidak hanya lebih enak daripada jambu biji biasa, keunggulan lain yang sangat menonjol yakni jambu kristal mempunyai lebih sedikit biji di dalamnya. Beberapa buah bahkan hampir tidak memiliki biji sama sekali. Jambu kristal bisa jadi pilihan tepat buat anda yang mau makan jambu biji tetapi tidak mau merasakan biji jambu terselip di gigi.

Kandungan Nutrisi Jambu Kristal

Jambu kristal tidak hanya enak dan menyegarkan. Jambu jenis ini layak menjadi komoditas perekonomian yang prospeknya bagus. Banyak orang menyukai jambu kristal bukan hanya karena jumlah biji yang sedikit dan rasanya yang manis, tetapi juga tekstur renyahnya dan daging buahnya yang tebal. Selain itu, jambu kristal memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh loh.

Jambu kristal mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalamnya terkandung vitamin C, vitamin A,  asam lemak tidak jenuh, omega 3 dan omega 6, dan  serat pastinya. Jambu kristal kaya serat seperti buah-buahan pada umumnya. Berkat serat pangan inilah, jambu kristal sangat baik dalam membantu memperlancar sistem pencernaan.

Resep Jambu Kristal Segar dan Nagih

Ada banyak metode agar anda bisa menikmati jambu kristal dengan nikmat. Anda mungkin suka memakannya langsung. Tetapi tentu membosankan jika hanya memakannya langsung tanpa diolah menjadi suatu kudapan yang lebih variatif. Anda bisa melakukan cara simpel menikmati jambu kristal tetapi berbeda loh. Nah, berikut ini beberapa resep jambu kristal yang bisa bikin nagih.

1.Rujak Jambu Kristal

Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang sangat cocok dijadikan bahan rujak. Tidak hanya jambu air dan jambu biji biasa, jambu kristal pun bisa anda jadikan rujak yang pedas dan menyegarkan. Rasanya akan semakin nikmat ketika menyantapnya bersama teman atau keluarga. Resep ini juga sangat pas dinikmati di siang hari pas lagi panas-panasnya.

Adapun cara membuat resep ini, anda hanya memerlukan 1 kg jambu kristal, 2 – 3 sdm gula pasir, 1 sdt garam, cabe bubuk sesuai selera dan 1 buah cabe rawit merah. Jika anda mau ada rasa asam lemon, maka anda bisa menambahkan ½ sdt perasan lemon. Jangan lupa untuk mencincang cabe rawit. Jika ingin cepat berair, maka bisa menambahkan 50 ml air es.

Adapun proses pembuatan rujak jambu kristal adalah pertama cuci jambu kristal terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian potong-potong jambu sesuai selera anda. Ada baiknya tidak perlu mengupas kulit buah agar nutrisi yang terkandung tidak berkurang. Kedua, tambahkan bumbu-bumbu meliputi irisan cabe rawit dan bumbu lainnya. Aduk atau kocok hingga rata. Ketiga, simpan ke dalam kulkas beberapa saat lalu sajikan.

2.Manisan jambu kristal

Bicara soal mengolah buah, anda tidak hanya bisa mengolahnya mennjadi jus. Cobalah resep lalin seperti manisan atau asinan buah. Rasanya sama enak ketika anda membuat jus buah. Nah, anda bisa mencoba membuat jambu kristal menjadi manisan. Bahan-bahannya mudah didapat meliputi 1 kg jambu kristal, 8 sdm gula pasir, 1 sdm garam, 400 ml air matang dan 2 sdm cuka dapur. Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan agar lebih menggugah selera.

Untuk membuat manisan jambu kristal, kupaslah buah hingga bersih dan bersihkan dengan air matang. Lalu, didihkan air kemudian masukkan garam dan gula pasir. Aduk hingga bahan larut. Matikan api, kemudian masukkkan cuka. Pindahkan ke wadah, dan masukkan jambu kristal. Simpan ke dalam kulkas semalaman. Esoknya anda bisa menyajikan manisan sedap ini.

Nah, demikian itu resep simpel jambu kristal. Jika anda mau stok lengkap, belanjalah ke TaniHub. Selain cara belanjanya yang praktis dan cepat, TaniHub menyediakan jambu kristal segar dan berkualitas dari hasil panen petani lokal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar