--> Skip to main content

Ruangbelajar dari Ruangguru, Solusi Cerdas Belajar Online

Ruangbelajar by ruangguru

Tahun ajaran 2020 -2021 telah berakhir dengan ditandainya penerimaan buku rapor siswa. Sebagai orang tua ini bukan berarti bisa melupakan pendidikan anak sejenak karena perlu memikirkan bagaimana proses belajar mengajar ditahun ajaran baru mendatang.

Apalagi ditengah pandemi covid-19 yang tak kunjung lenyap dimana proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh atau online. Sebagai orang tua saya merasakan betapa repotnya mendampingi proses belajar anak secara online, kebetulan saya memiliki 2 anak yang masih sekolah.

Berkaca dari pengalaman selama ini dimana saya dipusingkan karena harus menjelaskan materi atau tugas yang diberikan gurunya disekolah, mau tak mau saya pun harus mencari informasi kesana-sini agar anak saya bisa memahami materi tersebut.

Tentu saya tidak ingin hal ini terjadi lagi ditahun ajaran baru mendatang sehingga saya pun berpikir keras untuk mencari solusinya. Salah satunya saya berencana mengeleskan anak sehingga saya lebih tenang dengan pendidikan anak saya.

Namun karena situasinya belum memungkinkan saya akan memilih cara lain yang lebih aman tapi hasilnya  maksimal. Sampai akhirnya saya mendengar informasi Layanan belajar online terbaik dari Ruangguru yang bisa diakses dengan laptop atau aplikasi ponsel.

Saya mendapatkan informasi tentang Ruangguru dari berbagai media. Saya pun penasaran seperti apa pembelajaran jarak jauh atau online di Ruangguru?

Setelah saya mencari informasi melalui situs resminya, ternyata di Ruangguru ada sebuah layanan yang bernama Ruangbelajar untuk siswa mulai jenjang SD hingga SMA. Layanan ini patut diperhitungkan sebagai solusi sistem belajar jarak jauh yang lebih efektif.

Kenapa demikian?

Di Ruangbelajar saya bisa menemukan berbagai fitur yang sangat menarik. Berikut ini informasinya.

Fitur di Ruangbelajar dari Ruangguru

1. Ruangguru PET

Buat sebagian siswa belajar dirumah sendirian itu terkadang membuat cepat jenuh. Ruang belajar memahami betul kondisi ini sehingga membuat sebuah fitur Ruangguru PET. Ada 3 PET lucu yang siap menemani proses belajar siswa mulai dari Modo the Giant Dragon, Candra the Bird of Paradise hingga Harry the Diamond Tiger.

Dengan kehadiran PET tersebut belajar jadi lebih seru dan tidak membosankan karena bentuknya yang lucu bahkan dengan menggunakan elemen mereka bisa berevolusi menjadi spesies yang lebih besar. Seru pokoknya dan siswa pasti suka. Oh ya Fitur ini tersedia untuk versi Android.

2.Ruangguru adventure

Belajar tapi sambil main game, memangnya bisa? Bisa dan itu yang diadopsi Ruangbelajar dengan fitur Ruangguru adventure. Meski game tapi ini bukan game biasa karena dengan fitur gamification siswa menjadi bersemangat dalam belajar, bertambah rajin ditambah lagi ada hadiah yang bisa dikumpulkan.

Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri dari sebuah proses belajar jarak jauh yang sering terkendala oleh kejenuhan dari siswa.


3.Jadwal belajar

Belajar secara daring bukan perkara mudah karena butuh kedisiplinan dari siswa itu sendiri. Faktor penghambat yang sering dialami siswa salah satunya tidak adanya jadwal belajar sehingga proses belajarnya tidak terarah bahkan cenderung jadi malas-malasan.

D ruang belajar siswa bisa menentukan sendiri mata pelajaran, durasi belajar, jam belajar dan hari belajar sesuai keinginan siswa. Sisi positifnya tentu saja siswa bisa memilih jadwal belajar yang paling ideal. Setelah jadwal belajar sudah ditentukan tentu saja siswa bisa belajar sesuai jadwal.

Asyiknya lagi pada fitur tersebut memungkinkan ada notifikasi untuk mengingatkan untuk belajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sehingga belajar menjadi lebih efektif.


4.Asah otak

ruangbelajar by ruangguru


Dalam proses belajar dibutuhkan juga sebuah tantangan untuk mengasah kemampuan otak dengan berbagai pertanyaan sehingga bisa menjadi indikator seberapa banyak materi yang sudah diserap siswa.

Ruang belajar menyediakan sebuah tantangan asah otak untuk siswa yang gemar menjawab soal dan teka teki. Fitur ini bermanfaat juga untuk siswa yang ingin menguji kemampuan dalam menjawab soal. Semakin banyak soal yang berhasil dijawab bisa menunjukkan berhasilnya proses belajar.

Dengan asah otak ini siswa nantinya akan mendapatkan rekomendasi video belajar yang perlu dipelajari sehingga proses belajarnya lebih terarah menyesuaikan dengan kekurangan dari hasil asah otak tersebut.


5. Konsep kilat

Dalam rangka mematangkan persiapan siswa dalam menghadapi Ujian Tertulis bebasis Komputer (UTBK) Ruangguru melalui Ruangbelajar menghadirkan fitur Konsep kilat yang akan rilis pada bulan Juli 2021.

Bisa dibilang fitur ini ajang untuk Try Out sebelum menghadapi ujian yang sesungguhnya. Didalamnya mencakup video pembahasan konsep utama materi dan dilengkapi dengan contoh-contoh soal UTBK yang sering keluar sehingga persiapan siswa menjadi lebih matang.


6.Bank soal

Fitur ini sangat bermanfaat sekali untuk menguji kemampuan siswa dalam menyerap materi yang sudah diajarkan. Dengan adanya Bank soal siswa bisa berlatih menjawab soal yang sesuai dengan materi yang dipelajari dalam proses belajar.

Bank soal ini berisi ratusan ribu soal yang bisa diunduh dan dicetak sehingga bisa langsung dikerjakan dikertas. Asyiknya lagi jawabannya bisa dipindai dan langsung keluar hasilnya.


7.Laporan belajar

Orang tua tentu ingin mengetahui hasil dari proses belajar melalui Ruangguru. Dengan begitu orang tua siswa akan mengetahui langsung bagaimana perkembangan kemampuan anak dalam mencerna materi pelajaran yang ada di Ruangguru.


Untuk mengetahui laporan belajar secara komprehensif orang tua cukup mengirim pesan WhatsApp Ruang guru dengan format “Rapor Anak”.

Dengan adanya fitur dari Ruangbelajar ini saya sebagai orang tua tentunya akan sangat terbantu jika anak saya belajar online melalui Ruangguru. Saya bisa mengatakan Ruangguru melalui ruang belajar menjadi sebuah pilihan terbaik untuk pendidikan anak saya.

Ruangguru menjadi solusi proses belajar yang lebih efektif tanpa perlu bertatap muka secara langsung sehingga mampu memutus jarak, ruang dan waktu.

Buat orang tua yang peduli dengan pendidikan anaknya Silahkan akses website atau download aplikasinya dan berlangganan untuk mendapatkan manfaatnya. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar