--> Skip to main content

Manfaat Aplikasi Edit Video bagi Kreator Youtube

Aplikasi edit video


Aplikasi Edit Video bagi Kreator Youtube memiliki manfaat yang sangat penting. Tanpa edit, video jadi monoton atau kurang menarik. Bayangkan jika Anda menonton video tapi suaranya kecil atau banyak adegan yang salah tentunya nggak enak ditonton bukan?

Nah aplikasi edit video menjadi solusi mengatasi hal seperti itu. Kabar baiknya, sekarang ini mengedit video tidak harus melalui PC tapi cukup dengan HP. Sederet aplikasi edi video bisa ditemukan di Playstore seperti Kinemaster, VN, Capcut, Inshoot dan downkoadnya gratis.

5 Manfaat Penting Aplikasi Edit video

Berikut ini manfaat penting dari aplikasi edit video bagi kreator konten youtube. Simak artikel ini sampai tuntas ya!

1. Memotong video

Seringkali saat perekaman video hal-hal yang tidak diinginkan terekam. Nah jika tanpa aplikasi edit video tentunya kurang bagus jika videonya diupload ke youtube. Dengan editing maka bagian video yang kurang bagus bisa dibuang dengan cara di Cut (Potong). Cara kerjanya mudah, Tandai time video yang akan di hapus baik awal maupun akhirnya misalnya awalnya dimenit 1:00 sampai 1:05. ini berarti durasi vidoe yang dibuang 5 detik.

Hampir semua aplikasi caranya sama saat memotong video baik dari HP maupun PC. Menurut saya paling enak kalau memotong video dari HP, bisa dilakukan dimana saja.

Baca juga: Cara merekam video di HP untuk pemula

2. Mengedit Suara 

Jenis video dilihat dari suaranya ada 2, video bisu dan video yang bersuara (obrolan, backsound, suara liar). Dengan aplikasi edit video maka video yang bisu jadi bersuara dan sebaliknya yang bersuara jadi bisu.

Sebuah video tidak harus menggunakan suara alami saat perekaman tapi bisa juga menggunakan suara tambahan (Backsound) yang ditambahkan saat pengeditan.

Adakalanya saat pengambilan gambar suaranya kurang jelas dan ini bisa diperbaiki dengan aplikasi ini. Ada juga video yang saat pengambilan gambar sengaja bisu namun setelah diedit jadi ada narasainya atau dubbing atau dengan kata lain ambil gambarnya dulu baru suaranya. Hal ini tidak bisa dilakukan tanpa aplikasi edit video.

3. Menggabungkan Video

Dalam pengambilan gambar ada kalanya tidak dalam 1 shot tapi terbagi menjadi beberapa scene. Sebagai contoh ketika pengambilan gambar saat jalan-jalan ketempat wisata. 1 scene merekam perjalanan dari rumah kelokasi tempat wisata. 1 scene mengunjungi wahana yang ada didalamnya dan scene -scene lainnya. Nah inilah yang nantinya digabungkan saat edit video menjadi sebuah video yang kemudian diunggah ke Youtube.

Dalam menggabungkan video terdapat fitur transisi untuk memperhalus perpindahan antar scene jadi kesannya bukan video yang terpotong.

4. Menambahkan caption

Video yang ada captionya terkesan lebih sinematik dan juga berfungsi untuk mendeskripsikan video agar semakin jelas. Contohnya pada pembuatan video resep masakan yang tanpa suara jadi cuma ada caption nama bahannya dan takarannya.

5. Memperkecil ukuran file video

HP sekarang rata rata resolusi videonya sudah Full HD sehingga ukuran filenya jadi membengkak, contohnya video dengan durasi 5 menit saja mencapai 1 GB. Jika ukuran video tersebut tidak diperkecil nantinya proses upload nya jadi lama apalagi speed internetnya dibawah 5 Mbps. Upload video dengan ukuran besar juga akan boros kuota bagi yang paket internetnya bukan unlimited.

Saat ekspor hasil edit video akan ada pilihan resolusi, fps atau bitrate. Semakin kecil nilainya maka akan semakin kecil ukuran ekspor videonya.

Akhir kata

Sebenarnya manfaat aplikasi edit video tidak terbatas hanya itu namun 5 poin diatas yang paling sering digunakan oleh para kreator konten youtube bahkan untuk konten media sosial lainnya seperti reels Facobook, Instagram atau Tiktok. Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar