--> Skip to main content

Spesifikasi Nokia G10 ini Kelebihan dan Kekurangannya

 

Nokia G10

Siapa tak kenal brand Nokia? brand HP yang dulunya sempat merajai pasar HP dunia. Meski sempat terpuruk sejak kehadiran smartphone android, kini Nokia mulai bangkit dan mulai merilis smartphone terbarunya. Ingat Nokia yang terbayang sebuah gadget dengan build quality yang bagus.

Nokia G10 hadir untuk mengobati rasa kangen pecinta brand ini. Meski kemunculannya dengan sistem operasi Android belum lama namun Nokia tetaplah Nokia yang selalu mengedepankan kualitas.

Kini Harga Nokia G10 semakin terjangkau, dengan dana 1,2 juta Anda bisa membawa pulang smartphone keren ini. Anda tentu jadi penasaran dengan smartphone ini bukan?

Media kompilasi akan menginformasikan kelebihan dan kekurangan dari Nokia G10, Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membelinya pastikan Anda sudah menyimak artikel ini sampai tuntas agar tidak salah persepsi.

Kelebihan Nokia G10

1. Konektor USB type C

Menjelang tahun 2023 hukumnya wajib memiliki smartphone yang konektornya tipe C dengan berbagai kelebihannya dan yang paling terasa ketika mengisi daya, tak perlu kuatir terbalik. Teknologi terbaru yang rilis sejak 2014 ini memiliki banyak kelebihan seperti pengisian daya jadi lebih cepat, transfer data lebih cepat serta fleksibel tidak hanya untuk charging namun bisa juga untuk audio out atau mic.

Nokia mengerti betul akan teknologi ini sehingga berani menyematkan USB type C meskipun harganya murah tidak seperti brand smartphone lain dengan rentang harga yang sama tapi masih menggunakan USB type lama.

2.Kapasitas baterai besar

Nokia mengklaim tipe G10 ini baterainya mampu bertahan selama 3 hari. Klaim ini tentu bukan tanpa dasar karena memang kapasitas baterainya terbesar dikelasnya yang mencapai 5050 mAh. Dengan dukungan USB type C membuat pengisian baterai bisa lebih cepat meskipun belum fast charging.

Eranya sosial media membuat aktifitas online butuh waktu yang lama sehingga smartphone dengan kapasitas baterai yang besar cukup dibutuhkan agar nyaman dipakai tanpa harus bolak balik mengisi daya baterai.

3.Triple kamera

Meski harganya dibawah 2 juta namun performa kameranya tak bisa dianggap remeh. Dengan dukungan triple kamera pada kamera belakang membuat tampilannya seperti smartphone mahal. Ketiga kamera memiliki resolusi 13 MP untuk kamera utama (wide), 2 MP (Macro) dan 2 MP(depth).

Dengan konfigurasi kamera semacam ini membuat hasil jepretan kamera Nokia G30 memiliki dinamic range, detail, komposisi warna yang pas.

Kameranya bisa juga digunakan untuk foto bokeh. Cocok untuk mereka yang suka fotografi.

Untuk kebutuhan selfie Nokia G10 menyematkan kamera dengan resolusi 8 MP, cukup layak untuk update status dimedia sosial.

Bagi Kreator konten pemula, Kamera dari Nokia G10 masih bisa diandalkan karena resolusinya sudah FHD 1080 pixel. Hasil rekaman videonya cukup layak untuk diunggah ke Youtube, Tiktok atau Instagram.

Kekurangan Nokia G10

1.Tanpa proteksi layar

Layar smartphone rentan sekali tergores jika tanpa pelindung layar. Itulah mengapa Smartphone mahal seringkali dilapisi Gorilla glass sebagai fitur andalannya. Sayangnya fitur ini tak ditemukan di Nokia G10 sehingga konsumen perlu perlindungan ekstra dengan menempelkan lapisan anti gores setelah membeli smartphone ini.

2.Tanpa fitur EIS

Sangat disayangkan kalau Nokia G10 tidak menyematkan fitur penstabil gambar atau EIS. Fitur ini sangat penting saat perekaman video agar hasil rekamannya stabil. Mau tak mau penggunanya harus menyiasati agar videonya bisa stabil dengan menggunakan alat bantu seperti tripod atau gimbal.

3. Resolusi mentok di 1080 pixel fps standar

Bagi konten kreator resolusi sebuah video sangat penting untuk hasil yang maksimal. Meski resolusi videonya sudah FHD 1080 pixel namun fps nya sudah disetting standar atau tidak ada pilihan 60 fps yang sangat penting untuk membuat video sinematik atau slow motion.

Resolusi hanya mentok sampai 1080 pixel, jadi jangan berharap hasilnya bisa 4K. Namun untuk pengguna entri level smartphone ini masih layak digunakan.

Kesimpulan

Nokia G10  masih wort it ditahun 2022 dengan harga 1,2 juta namun memiliki fitur yang unggul dikelasnya. Kamera mumpuni, baterai awet dan sederet fitur keren lainnya.

BTW buat kalian yang ingin mencari informasi seputar gadget entah itu smartphone atau laptop bisa mengunjungi website Kawangadget

Disana akan Anda temukan informasi menarik mulai dari review hingga tips. Cocok sekali untuk Anda yang suka baca-baca atau kepo tentang gadget terkini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar