--> Skip to main content

5 Tehnik Dasar Kreator Konten Youtube Penting

kreator konten youtube

MEDIAKOMPILASI.COM - Beberapa hari yang lalu saya diminta teman untuk mengajari cara mengupload video ke Youtube. Ternyata banyak hal yang belum dipahami teman saya ini terutama tehnik dasar kreator konten youtube misalnya saja posisi HP saat merekam.

Menjadi seorang youtuber kelihatannya mudah namun tetap butuh tehnik khusus agar videonya banyak yang nonton bukan asal buat lalu upload.

5 Tehnik dasar kreator konten youtube yang harus dikuasai

Nah...pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial seputar tehnik dasar tersebut yang saya buat berdasarkan pengalaman saya selama 7 tahun menjadi kreator konten youtube. Simak ya sampai tuntas!

1. Tehnik pengambilan gambar

Merekam video dengan HP semua orang pasti bisa namun tidak semua paham video seperti apa yang cocok untuk diupload ke youtube. Ada 2 format video di youtube yaitu video reguler dan video shorts. 2 jenis video ini memiliki perbedaan mendasar baik posisi kamera saat pengambilan gambar atau durasinya.

Pada pengambilan gambar untuk Video shorts pososi kameranya vertikal (9:16) dan durasinya kurang dari 1 menit. Sedangkan pengambilan gambar pada video reguler posisi kamera harus horisontal (16:9) dan durasinya lebih dari 1 menit.

Setting resolusi video pada HP juga sangat penting, disarankan memilih resolusi FHD 1920x1080 30 fps untuk video biasa dan 60 fps untuk video slowmotion.

Saat perekaman gambar harus stabil tidak goyang-goyang. Posisi tangan saat menggenggam cukup berpengaruh, usahakan tangan kokoh saat memegang HP. Fitur EIS (Electronics Image Stabilization/Penstabil gambar) pada HP cukup membantu. Jika Hp nya tidak ada fitur EIS nya usahakan memakai tripod atau kalau murah pakai tongsis multifungsi.

Jangan lupa kualitas audio terutama untuk video dengan dialog atau narasi seperti review, unboxing atau podcast. Mic bawaan hanya cocok untuk perekaman dengan objek suara yang dekat jika jauh atau lebih dari 1 meter harus menggunakan mic eksternal.

Dubbing (perekaman suara terpisah) bisa menjadi solusi jika kualitas audionya buruk atau sengaja merekam suaranya belakangan setelah video jadi.

2. Tehnik Pencahayaan

Bagus atau tidaknya sebuah video tergantung dari pencahayaannya. Cahaya matahari menjadi sumber cahaya yang murah namun harus paham karakternya. Saat yang tepat untuk merekam video pada pagi hari sebelum matahari naik tinggi. Saat siang atau sore hari, kamera harus selalu membelakangi sinar matahari.

Untuk perekaman didalam ruangan mau tak mau harus menggunakan alat tambahan yaitu lighting atau lampu. Idealnya menggunakan 3 jenis lampu yaitu lampu utama, sekunder dan backlight namun untuk pemula bisa memanfaatkan lampu ruangan yang ada yang penting terang.  

3. Tehnik Pengeditan video

Video yang bagus tak bisa lepas dari editing. Pekerjaan yang termasuk editing dasar diantaranya menggabungkan beberapa frame video menjadi satu, memotong video, menghapus suara, menambahkan musik, menambahkan transisi, menambah teks atau menambah gambar.

Proses ini bisa dilakukan dengan HP atau PC. Kalau ingin cepat dan praktis bisa menggunakan aplikasi HP seperti Kinemaster, VN atau Cap cut. Sebaiknya gunakan HP dengan RAM yang memadai sehingga proses editingnya bisa cepat dan lacar.

Size video hasil render/editing perlu diperhatikan, jangan terlalu besar sehingga uploadnya bisa cepat. Idealnya video untuk diupload ke youtube durasinya 10 menit untuk video reguler tapi kalau lebih dari itu bisa di bagi menjadi beberapa bagian jadi nantinya ada part 1, 2 atau tiga.

4. Tehnik mengupload video

Mengupload video sebenarnya mudah namun agar hasilnya maksimal perlu melakukan beberapa langkah penting ini:

  • Beri nama file video yang sesuai dengan judul videonya nanti
  • Judul video mengandung kata kunci
  • Beri deskripsi yang mengandung kata kunci
  • Tetapkan penonton video, bukan anak-anak atau anak-anak.
  • Setting video menjadi pribadi sebelum dipublish, jika memang tidak ada pelanggaran/pembatasan baru di setting publik.

5. Tehnik pembuatan thumbnail video

Thumbnail video berfungsi untuk memancing penonton menonton video. Beri caption thumbnail yang bersifat clickbait atau penasaran tapi jangan menipu.

Cara mudah membuat thumbnail video dengan HP

  • Putar file video di HP
  • Pause video diposisi frame video yang menarik yang bisa mewakili video
  • Capture video dengan menekan tombol volume + power bersamaan.
  • Buka hasil capture video dengan aplikasi Pixellab
  • Pilih resolusi 16:9
  • Tambahkan caption yang menarik

Bagaimana sekarang, tertarik untuk menjadi seorang kreator konten Youtube?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar