--> Skip to main content

Yuk Jadi Kreator Konten Video Sekarang Juga

Kreator video


Saya blogger tapi tiap hari lebih banyak menonton video mulai dari Youtube, Facebook reels, Tiktok hingga Shopee video. Jujur, lebih nyaman diotak saya ketimbang membaca. Bayangkan coba kalau buat orang awam, bisa jadi sama seperti saya atau malah lebih tinggi intesitasnya.

Meski saya belum menemukan riset jumlah pembaca website vs penonton video namun perkiraan saya lebih banyak orang menonton video dari pada membaca website atau blog.

Alasannya:

1. Hp sekarang canggih fiturnya, layar besar, resolusi tinggi.

2. Platform sharing video semakin banyak

3. Lebih menghibur

4. Wifi ada dimana-mana dan terjangkau.

Saat yang tepat untuk kamu menjadi seorang kreator konten video. Banyak penonton yang siap menonton video kamu, dengan catatan menarik, unik dan menghibur.

Modalnya cuma HP android!

Tapi jika kamu ingin lebih serius menjadi kreator konten video, saya sarankan menggunakan peralatan pendukung seperti tripod, gimbal, microphone eksternal, lighting hingga aplikasi video editing.

Hasilkan Uang dari Video Kamu

Upload video dapat uang? sangat bisa. Saya sudah membuktikannya sendiri. Hingga Desember 2022, penghasilan dari video youtube sudah terkumpul $1200 atau sekitar 18 juta! Lumayan bukan dari pada waktu luang kamu lebih banyak untuk menonton video, lebih baik digunakan untuk membuat video. Berikut bukti pembayaran dari Youtube.


 

Sungguh amat disayangkan, punya HP bagus harga jutaan tapi tidak digunakan untuk membuat video! hanya pernikmat video saja. Yuk mulai sekarang juga menjadi kreator konten video.

Sumber penghasilan video

Berikut sumber penghasilan dari video yang umum dilakukan oleh para kreator konten video

1. Partner Youtube

Ini sumber favorit para kreator video dengan bergabung di program parnter youtube (YPP). Berikut syarat yang harus dipenuhi.

Menurut saya persyaratan ini cukup berat untuk kreator video pemula namun masih sangat mungkin dicapai. Terbukti, saya yang hanya seorang tukang martabak keliling bisa meloloskan 3 channel. Apalagi kamu yang punya segudang kelebihan dibanding saya!
 

Fokus saja membuat konten secara teratur tanpa memikirkan jumlah subscriber atau jam tayang. Yakinlah kalau video kamu bermanfaat, subsciber dan jam tayang akan nambah sendiri.

Baca juga: 1000 dolar pertama dari youtube

Inilah sumber penghasilan dari video yotube jika channel kamu sudah di setujui menjadi partner.


2. Affiliasi

Sumber penghasilan yang satu ini masih cukup cerah terutama untuk program affiliasi dari Shopee (Shopee Affiliates Program). Kenapa demikian? nama besar shopee bisa menjadi jaminan dan banyak program yang menarik seperti gratis ongkir, diskon, Flash sale atau harga murah.

Memang komisinya kecil dibandingkan dengan affiliasi produk digital namun kalau jumlah cek out nya banyak, komisinya juga jadi banyak. Berdasarkan informasi dari grup shopee affiliates, ada emak-emak yang berpenghasilan 6 juta sebulan. Woow keren!

Bedasarkan pengalaman saya, mencantumkan link affilasi divideo ( Deskripsi/komentar) lebih potensial mendatangkan check out. Sebagai bukti lihat SS akun Shopee saya.

 

Jika kamu punya modal lebih bisa membuat video review produk sebanyak-banyaknya. Saya yakin jika video tersebut mendapatkan rekomendasi dari algoritma Youtube, cepat atau lambat akan mendapatkan komisi berkali-kali dari 1 video apalagi videonya banyak yang mendapatkan rekomendasi.

3. Endorsment

Sumber penghasilan ini agak susah karena butuh jumlah subsriber yang banyak dan branding yang kuat contohnya seperti David Gadgetin. Produsen meminta kamu mereview produk mereka dengan imbalan sejumlah uang dan atau produk gratis. Kamu perlu memahami brefingnya tidak asal-asalan membuat video.

Beruntung jika kamu mendapatkan produk gratis dengan briefing video yang mudah atau terserah pemilik channel. Usahakan menerima endorse yang sesuai dengan niche channel kamu dan kamu paham dengan produk yang akan direview.

Selama menjadi kreator konten youtube, saya baru sekali mendapatkan produk gratis berupa Mic wireless. Padahal channel saya baru punya 12 ribu subscriber.

4. Online Shop

Video cukup bagus untuk mempromosikan produk melalui youtube, instgram atau pun Tiktok terutama melalui video pendek (shorts atau reels). Sebaiknya buat channel dengan niche khusus sehingga minatnya terfokus agar lebih mudah mendapatkan pembelian.

Personal branding cukup berperan penting, kalau pengikut sudah percaya kepada kamu maka apa pun yang kamu tawarkan akan lebih mudah mendapatkan interaksi sehingga kemungkinan terjadi penjualan lebih besar.

Penutup

Menjadi seorang kreator konten video sangat menguntungkan terutama dari sisi Bisnis. Mulai dari sekarang dan rasakan hasilnya kemudian.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar