--> Skip to main content

Sejarah Honda CR-V

Honda CRV

20 tahun sudah Honda CR-V hadir di Honda Ponorogo dengan berbagai model. Ada 5 generasi yang sudah meramaikan pasar otomotif Indonesia sejak mulai dirilis pada tahun 2000 silam. Kesuksesan yang di capai oleh kendaraan SUV ini tidak lepas dari penjualannya yang menembus ratusan ribu unit. 

Untuk melihat perjalanan sejarah Honda CR-V selama dua dekade terakhir. Tidak salah jika kembali mengenang evolusi dari SUV Honda satu ini. Simak yuk informasi selengkapnya.

Generasi 1 RD1 Tahun Pembuatan 2000

Masuk pergantian era milenium adalah titik awal mula hadirnya CR-V di Indonesia yang dikenal memiliki teknologi modern. Sebenarnya mobil ini sudah ada sejak 1995 yang memiliki ciri khas desain kaku tahun 90an. Jika melihat keseluruhan body kendaraan tampak kotak dan lembut pada bagian sudut.

Ini menguatkan eksekusi sebagai identitas tangguh dari mobil jenis SUV yang tampil di ruas jalan perkotaan dengan gagah. Dari sektor interior terkesan biasa seperti mobil era 90an pada umumnya.

Untuk memberikan kesan yang berbeda dari kendaraan lain. Honda memiliki cara unik agar konsumen merasakan kenyamanan berkendara. Di mana itu melibatkan pengoperasian transmisi otomatis yang mana seperti mengendarai mobil klasik.

Status dari CKD telah membawa penyesuaian kebutuhan pasar yang semakin komplek. Pada bagian sistem penggerak empat roda di perbarui dengan sistem penggerak depan. Kemduian bekal mesin yang di sematkan adalah 2.000 cc yang mengkombinasikan unit F20A dari pada sistem B20B.

Ada pun lampu tambahan yang di sematkan pada bagian bumper dan itu bukan hanya sekadar model reflektor. Honda juga secara khusus menambahkan dua bangku untuk pasar lokal yang di buat saling berhadapan pada area bagasi. Sehingga membuat inisiator SUV ini bisa tampung 7 penumpang.

Generasi 2 RD4 Tahun Pembuatan 2002

Mencoba ikut melakukan perkembangan dari pasar SUV membuat Honda akhirnya kembali meluncurkan varian CR-V generasi baru. Jika melihat dari segi desain secara keseluruhan lebih segar dan stylish. Namun tidak menghilangkan tampilan model kaca baris tiga yang masih terpisah.

Untuk bagian sisi buritan ada lampu vertikal yang berdiri tegap dan masih terlihat ban serep konde menempel di pintu bagasi. Pada bagian kabin sektor dasbor sisi tengah cukup terasa lapang. Ada pun penempatan tuas yang unik dengan ciri khas berbeda.

Selektor bagian transmisi ditempatkan mencuat dari mulai arah samping panel instrumen. Termasuk pada bagian tuas rem tangan yang menyembunyikan ornamen pilar di sektor dasbor. Honda CR-V generasi awal dibekali oleh mesin 2.000 cc K20A dengan transmisi manual atau otomatis

Namun terdapat perubahan yang mendapat sebuah penambahan tenaga mesin hingga capai 2.400 cc K24A1 dengan transmisi otomatis. Untuk bagian eksterior ada penyegaran di sektor grille, lampu, dan bumper. Lalu bagian Foglamp tampak lingkaran untuk mengisi sudut terluar.

Generasi 3 RE Tahun Pembuatan 2007

Perubahan total dari Honda CR-V terjadi pada generasi berikutnya di tahun 2007. Sektor bagian lampu belakang vertical sudah tidak lagi ada. Guratan pada bagian desain lampu justru lebih cenderung feminin dengan ukuran yang bertambah besar. 

Perhatikan saja pada bagian garis kaca yang melengkung dengan sempurna dan memberi tanda sebagai gaya sedan atau kupe. Saat melihat ke berbagai sisi sudah tidak lagi banyak sudut tajam dan mengotak di seluruh bagian. Namun dalam penegasan garis tubuh cukup sukses untuk mempertahankan kesan gagah.

Dari sektor rancangan interior tidak aneh seperti generasi sebelum. Untuk penempatan dari posisi kontrol lebih konvensional seperti umumnya mobil lain. Fitur CR-V diproduksi lebih mewah sebagai penekanan utama. Terlihat jelas pada bagian temperatur kabin digital, head unit besar, dan electric seat.

Untuk mesin yang diaplikasikan tersedia dalam pilihan dua varian yakni 2,0-liter atau 2,4-liter. Pada varian 2,0-liter menawarkan dua opsi transmisi yakni manual 6-percepatan atau otomatis 5-percepatan. Sedangkan pada varian 2,4-liter hanya menggunakan transmisi otomatis.

Generasi 4 RM Tahun Pembuatan 2012

Beralih pada generasi RM yang menghidupkan ciri khas model generasi kedua. Terdapat sejumlah lekuk kurva yang di jumpai pada bagian kaca samping dengan beltline melancip seperti pilar D. Grille yang digunakan juga membesar yang menjadi identitas CR-V sebagai jenis SUV berkelas. 

Untuk bagian sisi bumper terdapat lampu kabut besar yang mengapit apron hitam dan skid plate. Di bagian interior dasbor bagian sisi tengah dipertajam yang melintangkan garis sudut luar. Tersematkan juga panel AC otomatis simetris dengan sistem infotainment touchscreen di bagian bawah.

CR-V berhasil mengadopsi fitur baru seperti menggunakan teknologi grade logic control, paddle shift, drive by wire, cruise control, dan shift hold control. Ada pun fitur Smart Key, ECON Mode, One Push Ignition, dan Eco Assist untuk pendukung berkendara menjadi lebih nyaman. 

Pada bagian mesin CR-V mengandalkan dua varian berbeda yaitu dengan mesin 2.0 L R20A atau 2.4 L K24Z. Jenis mesin yang digunakan masih serupa dengan unit terdahulu. Namun sektor keluaran daya mencoba di perbesar hingga 150 hp untuk mesin 2.000 cc, dan 190 hp untuk mesin 2.400 cc.

Generasi 5 RW Tahun Pembuatan 2017

Terjadi pembaruan total pada tahun 2017 yang menjadi CR-V lebih termutakhir dengan teknologi modern. Melihat desain luar membawa dasar garis lurus yang lebih bersudut. Jika memperhatikan gaya mengikuti alur Honda yang semakin tampil modern. 

Penyematan balutan kromium pada grille menghiasi dengan kombinasi integrasi lampu LED yang menawan. Dengan aksen kromium lain yang menjamur ke sekujur tubuh membawa aura kemewahan dari CR-V semakin terlihat. 

Penggunaan mesin turbo yang lebih efisien membuat CR-V semakin tampak modern. Kubikasi mesin yang digunakan hanya 1.500 cc dengan tetap bisa meluncurkan 2,4-liter N/A. Kemampuan tenaga ini bisa menghasilkan 190 hp yang mana telah didukung torsi 240 Nm.

Masuk kedalam bagian kabin ada desain garis berlapis yang menciptakan futuristis lebih berkarakter. Dengan beragam fitur kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang membuat kita akan merasakan pengalaman berbeda. 

Dibekali juga dengan sistem infotainment 9-inci dengan gabungan panel AC otomatis di bagian. Untuk selektor transmisi diletakkan pada bagian tengah yang mana terintegrasi langsung di sektor dasbor. Ada kelengkapan kontrol dibagian kemudi yang mempermudah. 

Mulai dari Handsfree Telephone Switch, Audio Steering Switch, dan Cruise Control. Ada pun yang paling menarik dari generasi lima CR-V yaitu menawarkan sunroof moonroof.

Di bekali juga dengan sejumlah fitur keselamatan standar tinggi. Memiliki airbag dengan enam titik yang tersebar di seluruh kabin. Pada bagian sektor pengereman dibekali oleh sistem ABS+EBD+BA. Untuk menghidupkan pengalaman berkendara di sematkan juga fitur Auto Brake Hold, Hill Start Assist, Electric Parking Brake, Vehicle Stability Assist, dan Emergency Stop Signal.

Itulah keseluruhan sejarah Honda CR-V yang penah di produksi dari masa ke masa dan telah melintas di jalanan Indonesia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar