--> Skip to main content

Sejarah Honda City Hatchback

 

Honda City Harchback

 

Honda City adalah kendaraan yang sangat legendaris di pasar otomotif dunia dan juga Indonesia. Pada tahun 2021, gerai Honda Pacitan menghadirkan generasi terbarunya yaitu City Hatcback RS. 

Pabrikan Jepang ini merilis generasi pertama untuk Honda City dari 1981. Namun secara umum terlihat berbeda tidak seperti model sedan biasa. Keluaran City pertama menghadirkan tampilan hatchback 3 pintu yang compact. 

Lantas seperti apa sejarah Honda City Hatchback dari masa ke masa? Untuk lebih dekat mengenalnya simak yuk ulasan berikut.

Honda City AA/FV/FA tahun 1981 sampai 1986

November 1981 di Negara Jepang untuk pertama kalinya Honda City generasi pertama diluncurkan dengan mengusung bentuk hatchback 3 pintu. Generasi pertama ini diproduksi secara masal untuk masuk kedalam pasar Eropa dan Australia. 

Dibekali oleh tenaga mesin mesin 1.2L yang dikombinasikan transmisi manual 4-percepatan dan pilihan lainnya adalah 3 speed Hondamatic. Hanya berselang 1 tahun Honda City melakukan update mesin turbo yang bisa menghasilkan tenaga hingga 76 PS. 

Penjualan dari City yang bersamaan dengan skuter legendaris Honda Motocompo. Membuat generasi pertama City kerap di sebut City Motocompo oleh sebagain konsumen. Dalam catatan sejarahnya generasi pertama City dijual sampai akhir 1986 dan lanjut diganti generasi kedua. 

Honda City GA tahun 1986 sampai 1994

Pada tahun1986 Honda City generasi kedua diproduksi dengan bentuk lebih besar dan tampil modern. Secara eksterior memperlihatkan sisi bagian lampu depan dengan model kotak dan berbentuk lebih pipih.

Jika melihat sekilas bentuk dari lampu depan cukup mirip dengan Honda Civic SB3 atau Wonder. Model GA1 buatan tahun 1989  untuk generasi kedua City akhirnya mendapatkan pembaruan di tahun 1994 dengan tampilan modal GA2. 

Menawarkan kapasitas mesin 1.3L dengan gabungan teknologi injeksi yang membawa transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. 

Honda City 3A2/3A3 tahun 1996 sampai 2002 

Masuk ke tahun 1996 Honda City kembali merilis seri baru untuk generasi ketiga. Secara tampilan ini sangat berbeda dari pendahulunya. Generasi pendahulunya yang menggunakan tampilan hatchback kini berubah dengan bentuk sedan dan memiliki empat pintu sub-kompak.

Pada tahun 1996 hingga tahun 2002 produksi Honda City sedan untuk generasi pertama dikerjakan oleh negara Thailand dan langsung dipasarkan. Termasuk memperluas pasar Asia yang meliputi negar Indonesia, Taiwan, Filipina, India, dan Pakistan. 

Honda City generasi pertama ini membawa slogan yang sangat bagus yaitu Smart for the new generation pada seri 1.3 L kode sasis 3A2. Sedangkan pemberian slogan Top-in-class smart diberikan untuk varian 1.5L kode sasis 3A3 yang menggunakan transmisi 5 kecepatan manual dan otomatis 4 kecepatan. 

Masuk ketahun 2000 ada pembaruan untuk interior, eksterior, dan performa mesin. Untuk versi facelift sedan City lebih akrab disebut dengan nama Honda City Type Z. Berselang satu tahun hadir membawa tipe mesin 1.5L VTEC (VTI) dengan transmisi manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan. 

Sehingga tenaga dan torsi yang mampu dibuat semakin besar. Itu jauh lebih responsif jika membandingkan dengan mesin generasi sebelumnya. Dalam tampilan facelift lampu depan dan belakang hadir dengan model baru.

Honda City GD/GE Sedan tahun 2002 sampai 2008 

Pada even Bangkok International Motor Show (BIMS) di bulan november 2002, Honda City GD/GE dipamerkan untu perluas sektor pasar Asia. Pemasarannya masuk kawasan Asia mulai dari Indonesia, Malaysia, India, Filipina, Singapura, Pakistan, dan China. 

Untuk Honda City GD/GE di Negara Jepang menggunakan nama Fit Aria. Meski terdengar berbeda namun secara bentuk luar dan bagian dalam semua mirip tanpa ada pengurangan. Dibekali oleh  teknologi mesin i-DSI 1.5L seperti generasi pertama dari Honda Jazz.

Sehingga bisa mendorong tenaga 88 PS maksimum dan konsumsi bahan bakar lebih hemat berkat ada busi ganda dalam silinder mesin. Untuk mesin VTEC juga dikembangkan dalam Honda City yang mana itu mulai diproduksi pada tahun 2004. 

City juga mengamali update eksterior yang meliputi bagian desain front grille baru, alloy wheels, desain lampu depan, desain bumper baru, lampu belakang baru, penambahan rear disc brake, transmisi CVT model triptonic, dan fitur paddle shift pada bagiani setir.

Honda City GM2/3 tahun 2008 sampai 2013 

Memasuki tahun 2008 generasi Honda City sedan kembali diluncurkan pada even International Motor Show di Negara Bangkok. Untuk target pasar masih berkecimpung di wilayah asia yang meliputi negara India, Malaysia, Pakistan, Indonesia, Singapore, Filipina, dan China.

Memiliki tampilan elegan yang menghidupkan tipe mesin 1.5 i-VTEC dan bisa menghasilkan tenaga 120 PS maksimalnya. Dibekali oleh transmisi otomatis 5-percepatan yang lebih modern dan baru. Pada tahun 2009 dan 2010 model dari Honda City berhasil menjadi yang terbaik dari segi penjualan di India. 

Keberhasilan di kawasan Asia membuat pemasaran City disebar luaskan ke negara-negara Eropa, Australia, Amerika Latin, dan Afrika Selatan. Ingin tampil lebih modern pada tahun 2011 generasi City mengalami pembaruan dari segi eksterior serta interior.

Honda Thailand juga tidak mau kalah dari segi teknologi dengan merilis berbahan bakar gas yang di beri nama City versi Compressed Natural Gas / CNG di tahun 2012. Honda City CNG pernah di bawa ke Indonesia untuk jadi model studi.  Namun di tahun 2015 berlanjut menjadi donasi untuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 

Honda City GM4/5/6/9 tahun 2014 sampai 2020

Honda City kembali merilis generasi baru dengan melakoni seri perdana di negera India pada tahun 2014. Setelah peluncuran awal seri terbaru di rilis kemudian melanjutkan ke beberapa negara lain seperti Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, Pakistan, Vietnam, China dan negara Asia lainnya. 

Model City  terbaru cukup meramaikan pasar Jepang yang sebelumnya diberikan nama Honda Fit Aria pada tahun 2007. Namun untuk seri baru ini di negara Jepang diberi nama Honda Grace. Hadirnya bvarian baru dipasar Amerika Latin ingin meneruskan kesuksesan dari generasi sebelumnya. 

Dibekali oleh mesin 1.5 liter i-VTEC pada varian bensin, varian CNG, varian hybrid dan varian diesel. Ada pun jenis transmisi manual 5-percepatan dan CVT 7-percepatan yang di sematkan pada masing-masing varian. 

Dari segi bentuk tampak sangat lebih sporty dengan membawa desain interior kekininan. Selain itu banyak teknologi canggih yang di sematkan meliputi fitur One Push Ignition System, Smart Auto Touch AC, Smart Entry System, dan rear AC ventilation. 

Dibekali juga oleh sistem kenyamanan dan keamanan dengan beragam fitur modern seperti Cruise Control, ECO Assist & ECON Button, paddle shift gear, VSA dan Hill Start Assist. Pada tahun 2014 di ajang ASEAN NCAP Honda City meraih kesuksesan sebagai predikat mobil dengan tingkat keselamatan terbaik.

Untuk generasi City generasi varian ini mengamali sejumlah pembaruan di tahun 2017 pada bagian lampu depan. Di mana sudah menggunakan teknologi Full LED Headlamp with LED DRL dan membawa fitur baru Auto Retractable Door Mirror. 

Honda City GN tahun 2019 hingga sekarang 

Generasi kelima Honda City akhirnya diperkenalkan pada 2021 di Indonesia. Namun pada ajang International Motor Show di Thailand bulan November 2019 generasi kelima ini sebenarnya telah dikenalkan. Hadir dengan membawa desain sporty untuk varian hatchback dan sedan.

Honda City menghidupkan tipe RS pada model hatchback yang memiliki kesan lebih sporty daripada model sedan. Dengan bekal mesin 1.5 liter i-VTEC DOHC versi terbaru. Namun untuk sejumlah negara lain mendapatkan tawaran mesin diesel e; HEV dan 1.0 liter turbo. 

Dalam Honda City generasi kelima cukup keren dengan fitur baru yang di kembangkan sangat baik. Mulai dari Remote Engine Start dan Lane Watch yang bisa difungsikan untuk meminimalisir blind spot. Selain di pasarkan untuk kawasan Indonesia, Honda City turut merambah wilayah Asia lainnya.

Ini meliputi negara India, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Pada tahun 2020 Honda City pada ajang ASEAN NCAP kembali meraih predikat kendaraan tingkat keselamatan terbaik. Keberhasilan itu mencatatkan City meraih tiga kali dan berhasil mempertahankan predikat tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar