--> Skip to main content

Rahasia Sukses Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Shopee Video


Rahasia Sukses Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Shopee Video – Cuma unggah video pendek tapi bisa hasilkan uang jutaan rupiah! Ini bukan rahasia lagi. Bukan sembarang platform share video tapi ini Shopee video (SV). Seperti tak mau ketinggalan dengan Tiktok, Shopee juga merilis fitur Shopee video.

Tapi skema komisi shopee video lebih menarik yang mencapai 10%. Meskipun mulai tanggal 18 April 2024 turun menjadi 8% tapi ini masih termasuk tinggi dibanding platform lain. Dan skema pembayarannya yang mudah, 1000 perak saja bisa cair!

Tak heran jika banyak affiliate yang bergabung bahkan dari kalangan artis. Tak sedikit affiliate yang sukses meraih komisi jutaan rupiah per bulan.

Nah diartikel ini akan saya coba bongkar rahasia menghasilkan uang jutaan rupiah dari shopee video. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama 4 bulan terjun ke Shopee video atau sejak 4 Desember 2023 dan telah menghasilan 5 juta rupiah.



Rahasia Sukses Menghasilkan Jutaan Rupiah Shopee Video (SV)

Berikut trik yang bisa creator shopee video lakukan agar hasilnya menjanjikan. Perlu dicatat, trik ini tidak bisa instan hasilnya tapi butuh proses. So ikuti prosesnya saja ya.

1. Daftar Top kreator

Trik ini wajib dilakukan karena tanpa menjadi top kreator maka komisnya jadi kecil cuma 1 %. Beda kalau jadi top kreator, komisi jadi 8%. Top kreator merupakan salah satu “jabatan” dari program SAP (Shopee Affiliate Program). Selain itu ada affiliate Non Top Creator, golden tick atau Affiliate Partner. 

Syarat wajib untuk mendaftar sebagai top creator diantaranya sudah bergabung dengan SAP, sudah upload video ori 15 biji, sudah verifikasi media sosial,  total view video 100.

Setelah mendaftar tunggu pengumumannya setiap hari rabu jam 19.00. Bila beruntung sekali daftar langsung diterima. Bila di tolak jangan patah semangat, terus lanjut uplod video secara teratur sampai diterima. Tak perlu mendafar lagi jika ditolak cukup lihat update statusnya setiap hari rabu.

2.Rutin uplod video ori berkualitas

Setelah diterima sebagai top creator langkah selanjutnya rutin uplod video. Kalau saya menyarankan 3 x sehari dengan jeda waktu 1 jam. Lakukan itu secara rutin jangan sampai absen. Stok video terlebih dahulu. Hindari membuat video dadakan kecuali terpaksa.

Minimal hari ini punya stok buat video buat diuplod besok. Semakin banyak stok video semakin bagus. Jangan lupa kualitas video diperhatikan. Shopee sendiri sudah menyarankan kualitas videonya minimal resolusi 720 p/Bitrate 5,5 M/24 FPS atau 1080 P/bitrate 12,4 M/ 24 FPS.

Spesifikasi HP cukup menentukan hasil rekaman video. Saya sarankan menggunakan prosesor yang sudah teruji menghasilkan gambar yang bagus , jernih dan auto fokusnya bagus contohnya Snapdragon atau Mediatek.

Baca juga: 6 Kesalahan Affiliate Shopee Pemula

3. Buat Video variatif

SV durasinya pendek maksimal 1 menit sehingga video harus dibuat sedemikian rupa agar menarik terutama dimenit-menit awal (headline). Buat video yang ringkas, padat, to the poin.

Tipe pengambilan video (Shot) bisa menjadi pertimbangan. Lakukan variasi tipe shot jangan cuma 1 tipe shot saja. Ada beberapa pilihan seperti Full shot, medium long shot atau medium shot.

Backgroud video tidak monoton misalnya hanya didalam studio saja dan dekorasinya itu-itu saja. Pertimbangkan untuk shot video diluar ruangan atau outdoor.

Jangan lupa sesekali tampilan wajah untuk memperkuat branding agar target konsumen lebih percaya membeli produk melalui link yang dibagikan divideo.

4. Terapkan Copywriting

Video informasi dengan video jualan itu konsepnya beda. Video informasi tujuan akhirnya banyak yang menonton tapi kalau video jualan tujuan akhirnya mendapatkan cek out.

Video jualan seperti shopee video wajib menerapkan copywriting atau membujuk target konsumen untuk membeli (cek out).

Elemen penting dari sebuah video yang menerapkan copywriting:

1. Headline (penarik perhatian)

2. Isi (benefit)

3. Ajakan cek out

Contoh:

"Dengan alat 60 ribuan kamu sudah bisa karaokean dirumah (Headline) vokal kamu jadi ngebass empuk seperti rekaman distudio (Benefit) Yuk cek out sebelum harganya naik (Ajakan cek out).


5. Pilih Produk dengan Komisi 8% plus komisi extra.

Di Shopee affiliate program skema komisinya ada yang ditambah komisi ekstra ada yang tidak. Tanpa komisi ekstra maka komisinya hanya maksimal 8% saja. Berbeda jika ada komisi ekstranya maka komisinya akan semakin besar. Misalnya komisi video 8% plus komisi ekstra 2%.

Silahkan masuk pada akun affiliate lalu klik menu komisi ekstra. Klik saja untuk mengetahui detail komisinya.

Jangan lupa pilih produk dengan komisi video 8%. Jangan salah, ada juga produk yang komisinya 1%. cek dulu sebelum membuat videonya. Kalau kecil mending cari produk lain.




6. Berani Modal Beli Produk

Top cretor diwajibkan upload video ori bukan reupload. Untuk membuat sebuah video ori atau review produk butuh produknya atau produk ada ditangan.

Mau tak mau affiliate harus berani modal untuk membuat video review nya khususnya untuk pemula yang followernya masih kecil.

Sebenarnya bisa saja memanfaatkan produk yang ada di rumah tapi jumlahnya terbatas. Okelah untuk awal-awal upload video tapi kedepannya sebaiknya produk yang tidak ada dirumah.

Solusi mudahnya beli produk di Shopee. Tips hematnya beli produk kebutuhan sehari-hari atau yang dipakai contoh kebutuhan anak, kosmetik, skin care, peralatan sekolah, kebutuhan dapur dan lain-lain.

Tapi kalau ada modal lebih bisa beli produk yang sedang viral. Trik hemat bisa dilakukan menjual produk yang sudah dibeli dengan harga miring atau kalau rugi ya ruginya kecil yang penting sudah dapat video reviewnya. Trik ini sering dilakukan kreator konten review produk.

Jangan lupa pakai voucher Shopee video biar mendapatkan diskon 15% sampai 20%.

Manfaatkan juga fitur sampel gratis dari shopee meski tidak mudah. Ajukan saja terus sambil meningkatkan follower.

Penutup:
Trik rahasia sukses menghasilkan uang jutaan rupiah dari Shopee video ini jika diterapkan secara konsisten berpeluang meraup penghasilan dari Shopee Affiliate. Selamat mencoba!
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar