Thursday, December 3, 2015

Dasar Blogger! Ketemu Masalah Kok Jadi Ide Artikel

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM-Menjadi seorang blogger yang produktif menulis memang harus peka terhadap segala sesuatu yang ada disekitarnya dan harus cepat mengambil keputusan begitu menemukan ide saat itu juga langsung dikembangkan menjadi sebuah artikel.Jika anda memiliki kemampuan ini saya yakin anda akan produktif menulis.Tahukan anda rahasia sebuah ide tulisan yang mungkin belum anda ketahui?Menurut Jonru seorang penulis buku terkenal dalam sebuah modul sekolah online beliau mengungkapkan “Jangan menunggu ide,karena sebenarnya dialah yang menunggu kita.Jadi kalau anda menunggu ide,yang terjadi sesungguhnya adalah saling menunggu.”
Menulis Artikel
Sejak mengenal prinisp ini setiap saya akan menulis artikel saya selalu berusaha untuk selalu tidak kehabisan ide karena jika sampai saya kehabisan ide berarti saya belum menguasai prinsip mengelola ide tulisan yang sudah saya sebutkan diatas.Alhamdulillah sampai saat ini saya bisa lebih produktif menulis walaupun baru 1 artikel perhari namun hasil itu sudah cukup bagus buat saya.Dalam proses menjemput ide tulisan saya selalu mengutamakan hal-hal yang saya kuasai seperti hobi,minat profesi atau kejadian yang saya alami.Baca juga : 3 Cara Mudah  Membuat Postingan Tiap Hari

Bagi sebagian orang mungkin jika ketemu masalah akan ditutup rapat-rapat namun bagi seorang blogger justru terkadang suatu masalah justru menjadi ide tulisan dan ini bukanlah hal baru karena di media sosial seperti facebook sering saya jumpai status yang isinya masalah misalnya telah terjadi penipuan.Informasi semacam ini tentu sangat bermanfaat bagi orang lain sehingga tidak ikut tertipu.Kenapa anda tidak mencoba mengembang ide yang berasal dari suatu masalah?

Bagi saya sendiri ide tulisan yang bersumber dari sebuah masalah bukan hal baru karena sudah beberapa kali saya membuat artikel berdasarkan ide tersebut.seperti yang termuat dalam artikel saya yang berjudul : Pilihan sulit jika motherboard komputer rusak ide dasarnya adalah motherboard rusak.Artikel semacam ini tentu akan bermanfat bagi orang lain yang kebetulan motehboardnya rusak sehingga bisa memutuskan apakah akan memperbaiki atau membeli baru.

Kesimpulannya jika anda sering kehabisan ide coba anda gali masalah-masalah yang menimpa anda dalam kehidupan sehari hari atau juga masalah yang menimpa orang lain namun tentu saja adan harus selektif memilih ide artikel yang akan anda pilih usahakan yang bermanfaat buat orang lain.Selamat Mencoba!

This post have 24 komentar

avatar
Kang Zeer El-Watsiy delete December 3, 2015 at 1:20 PM

hehehe..benar mas, biasanya kalau orang lagi punya masalah itu seringkali pengen menumpahkan uneg2nya dalam ucapan atau yg lainnya...yg penting ada pelampiasan...nah, kalau kita itu termasuk orang kreatif, biasanya kalau ada masalah malah bisa menjadi sumber inpirasi kita dalam berkarya, misalny dengan menumpahkanya melalui tulisan...kalau saya sendiri, kalau lg banyak masalah tak buat tidur aja, biar hilang pikiranya... :D

Reply
avatar
Kang Zeer El-Watsiy delete December 3, 2015 at 1:21 PM

salam hangat di siang yang agak redup...mari nge es campur dulu :D

Reply
avatar
Asnaji Cs delete December 3, 2015 at 1:22 PM

betul mas sebuah ide atau gagasan memang terkadang muncul dengan sendirinya juga bisa muncul pas kita dalam posisi terkena masalah ...nah saat yang seperti inilah sebenarnya sumber-sumber ide mudah ditemukan dan diciptakan ...oke mas Dwi itu saja....

Reply
avatar
denny aditia delete December 3, 2015 at 1:41 PM

haha menjadikan masalah sebagai sumber inspirasi :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 3, 2015 at 2:38 PM

Iya mas dari pada disimpan dalam hati hati malah membuat sakit hati tapi kalau dibagi meskipun dalam bentuk tulisan bebannya akan sedikit berkurang

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 3, 2015 at 2:39 PM

Faktanya memang demikian mas saya sering buat artikel idenya dari sebuah masalah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 3, 2015 at 2:43 PM

Belum pernah coba ya mas? meski kedengarannya aneh tapi kadang jadi sumber ide mas misalnya pas HD komputer saya rusak,nggak bisa ngeblog gara gara petir,ngeblog terkendala kuota internet dan masih banyak lagi...

Reply
avatar
Mat Dedod delete December 3, 2015 at 5:53 PM

Begitulah, pengalaman yang bisa dibagi dengan orang banyak, curhat dong mas hehe

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete December 3, 2015 at 7:33 PM

Intinya mah otak seorang blogger jangan sampai berhenti berkreatifitas ya mas, karena setiap foto atau kejadian bisa menjadi artikel yang mengasyikkan dan bermanfaat buat orang lain. Asal jangan copas artikel

Reply
avatar
Trik Pos delete December 3, 2015 at 8:13 PM

Sebuah ide bisa muncul kapan saja mas...terkadang pas lagi ada acara atau event eee ternyata bisa jadi sumber inspirasi atapun ide, nah sebagai blogger yang selalu produktif tentunya bisa memanfaatkan hal sekecil apapun ya kan mas..?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 3, 2015 at 8:35 PM

Curhatnya diblog sendiri saja mas lumayan nambah nambah artikel he he he

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 3, 2015 at 8:37 PM

Biarkan mengalir saja mas apa yang ingin ditulis ya ditulis saja jangan banyak pertimbangan yang justru akan mengekang kebebasan menulis

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 3, 2015 at 8:40 PM

Yups betul mas... semakin sering menulis kecepatan menulis akan semakin bertambah

Reply
avatar
Mbah dinan delete December 4, 2015 at 12:02 AM

itulah kehebatan penulis blog yang brilian, dia menulis apa yang terjadi, dilihat, di dengat, atau dialami langsung. makanya kadang tulisannya menjadi hidup dan dapat memberikan suatu yang berbeda dengan lainnya.

Reply
avatar
Mbah dinan delete December 4, 2015 at 12:05 AM

menulis juga perlu imajinasi yang tajam agar bisa mengembangkan cerita yang disampaikan dalam tulisan. itu tidak bisa hanya dilakukan dengan belajar, namun harus di biasakan gan. oleh karena itu mari kita menulis dan terus menulis...agar makin bagus pengetahuan dan penerapan kita dalam setiap update artikel di blog.

Reply
avatar
Wong Crewchild delete December 4, 2015 at 5:28 AM

blogger ide menulisnya bisa dari mana aja ya :)

Reply
avatar
Chiisana Sekai delete December 4, 2015 at 9:15 AM

Haduh mas gak ada kerjaan menggali masalah
kalo gak ada masalh mending gak usah dicari, kalo buat ide pasti bakal datang sendiri'a kok
Apalagi kalo sering merenung di tempat oenuh inspirasi (WC) Nyahaha :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 4, 2015 at 10:38 AM

Menggali masalah bukannya cari cari masalah tapi mencari ide dasar dari permasalahan yang kita hadapi untuk dijadikan tulisan tentunya setelah ada solusinya.Bukankah orang mencari informasi diinternet karena menemukan masalah? Contoh nggak bisa bikin blog cari diinternet.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 4, 2015 at 10:41 AM

Semoga saya bisa menjadi penulis yang seperti itu mas menulis bukan lagi pekerjaan yang berat tapi menyenangkan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 4, 2015 at 10:42 AM

Iya mas semakin banyak sumbernya maka akan semakin produktif

Reply
avatar
Mas Poniran delete December 4, 2015 at 10:59 AM

setelah membaca tulisan ini saya jadi menemukan ide untukmenulis artikel mas, padahal sebelum membacanya saya tidak memiliki ide sama sekali

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 4, 2015 at 11:23 AM

Syukur deh mas...ikut senang smoga makin produktif menulis mas

Reply
avatar
Mas Poniran delete December 4, 2015 at 2:33 PM

makanya mas saya selalu mampir kesini buat nyari ide hehehe

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement