Tutorial, Review, Tips&Trik

Sudahkah Anda Memberi Hadiah Kepada Tetanggamu Hari Ini?

Sudahkah Anda Memberi Hadiah Kepada Tetanggamu Hari Ini?-Bulan ini merupakan bulan yang penuh rahmat yaitu bulan Ramadhan dimana amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.Sungguh merugi jika dibulan yang mulia ini anda tidak memperbanyak amal kebaikan seperti sholat,baca alquran,sedekah dan lain-lain.

memberi hadiah

Salah satu bentuk amal kebaikan yang dianjurkan oleh Raasulullah saw adalah memberikan hadiah kepada tetangga.Amalan ini sudah jarang diamalkan oleh kaum muslimin apalagi didaerah perkotaan dimana masing masing sudah sibuk dengan urusannya sendiri.Bulan Ramadahn ini merupakan momen yang tepat untuk menghidupkan kembali sunnah memberikan hadiah kepada tetangganya.
Baca Juga : Keutamaan Menjamu Makan Orang yang Berpuasa

Islam merupakan agama yang indah sampai-sampai urusan bertetanggapun diatur,seperti yang tercantum dalam sebuah Hadist Bukhari Muslim dari Abu Hurairah ra Rasulullah saw bersabada "Hai wanita muslimat,janganlah kamu merasa rendah kalau akan memberi hadiah kepada tetangga,walau sekedar kikil kambing."

Kebetulan saya tinggal disebuah perumahan dikota Bekasi Jawa Barat,sunnah memberikan hadiah kepada tetangganya hampir jarang saya temukan padahal warganya banyak dan mayoritas muslim.Namun demikian masih ada satu dua warga yang masih mengamalkan amalan ini terutama disaat bulan suci Ramadhan.Kebetulan saya memiliki tetangga yang baik sesekali memberikan makanan entah itu takjil meskipun hanya semangkuk es buah,kolak atau lauk untuk makan sahur.

Sebagai tetangga tentu saya menerimanya dengan baik karena agama juga menganjurkan untuk menerima pemberian dari tetangganya selama pemberian itu halal,hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat dari Ibnu Umar, dia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memberiku sesuatu, maka aku katakan: “Berilah kepada orang yang lebih fakir dariku.” Maka beliau berkata: “Ambillah! Jika datang sedikit dari harta ini kepadamu, sedangkan engkau tidak tamak terhadapnya dan tidak pula memintanya maka ambillah ia. Kemudian jika engkau mau, ambillah seluruhnya. Dan jika engkau mau, bersedekahlah dengannya.”

Sebagai muslim yang baik tentu saya berusaha membalas kebaikan yang diberikan tetangaa saya tersebut walaupun dilain waktu.Hal ini menunjukkan memberi hadiah kepada tetangganya akan menimbulkan hubungan yang semakin baik antar tetangga dan semakin akrab disamping itu juga mendatangkan pahala jika diniatkan untuk ibadah.

Yuk! Dibulan yang suci ini hidupkan kembali sunnah memberi hadiah kepada tetangga meskipun hanya semangkuk kolak atau es buah.

5 comments:

  1. belum saya mas...
    thanks udah diingetin.

    ReplyDelete
  2. belum euy....baru rencana dan sedang dipaking sih, terutama hadiah buat para orang-orang yang telah membantu kami mengumpulkan rejeki (baca: tenaga kerja), semoga hadiah yang akan mereka terima bisa membahagiakan seluruh keluarganya kala lebaran....aaaaamiiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mudah mudahan cepat terealisasi Mang

      Delete
  3. ia mas jadi malu. sayamah belum mas

    ReplyDelete
  4. Iya mas betul sunah yang satu ini mungkin bukan jarang lagi mas tapi sudah mau hampir punah kalau menurut saya mah mas, ditempat saya saja hampir tidak ada mas aktivitas memberi hadiah.

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB